8 Jenis Makanan Penambah Berat Badan untuk Segala Usia

Dwi Latifatul Fajri
14 Januari 2022, 14:11
Makanan Penambah Berat Badan
pixabay.com
Makanan penambah berat badan orang dewasa

Makanan penambah berat badan bermanfaat untuk kebutuhan gizi. Para dokter memberi rekomendasi pada orang-orang yang konsisten ingin menambah berat badan.

Asupan kalori harian bisa didapatkan dari makanan berkalori tinggi dan menghasilkan energi. Berat badan yang bertambah ini bisa membangun otot.

Advertisement

Menambah berat badan dapat konsumsi asupan yang mengandung zat gizi makro, seperti karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Selain asupan tinggi kalori, makanan yang bisa dikonsumsi yaitu kacang, alpukat, buah kering, smoothie, dan biji-bijian untuk menambah gizi.

Hindari konsumsi makanan yang kurang bergizi seperti kue, keripik, makanan manis, dan minuman ringan. Makanan tersebut berdampak pada kesehatan meski bisa menambah berat badan.

Makanan Penambah Berat Badan

Makanan penambah berat badan ini bisa ditemukan pada daging dan ikan. Anda bisa konsumsi produk susu untuk menambah berat badan pada anak-anak.

Berikut contoh daftar makanan penambah berat badan, mengutip dari verywellfit.com:

  1. Sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kale, dan arugula.
  2. Protein hewan seperti daging sapi, paha ayam, dada ayam, kalkun, ikan salmon, udang, dan jenis ikan lain.
  3. Buah dan sayuran seperti kembang kol, wortel, mentimun, tomat, pisang, apel, alpukat dan beri.
  4. Sejenis kacang-kacangan seperti kedelai, tahu, buncis, kacang hitam, lentil, kacang almond, kacang mete, biji rami, selai kacang, mentega.
  5. Makanan mengandung karbohidrat seperti nasi putih dan nasi merah.
  6. Minuman dan makanan dari susu seperti keju, yogurt, dan susu.
  7. Minyak dan lemak sehat seperti mentega, margarin, dan minyak zaitun.
  8. Telur ayam.

Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Bayi yang sehat umumnya mengalami kenaikan berat badan dan pertumbuhan. Bayi dibawah umur 6 bulan bisa mengalami gangguan berat badan.

Sebagai orang tua tentunya menginginkan berat badan bayi terjaga. Anda bisa memilih makanan dan minuman pengganti ASI untuk bayi dibawah umur 6 bulan.

Mengutip dari healthline.com, ASI atau susu formula bisa dikonsumsi bayi selama 2-3 jam. Setelah itu berikan 8-12 makan setiap hari selama 4 bulan pertama.

Berikut makanan penambah berat badan bayi untuk usia diatas 6 bulan:

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat untuk menambah berat badan bayi. Cara membuat alpukat untuk bayi yaitu daging buah dihaluskan, kemudian ditambahkan sereal berat atau buah lain.

Tetapi anda harus memperhatikan apakah makanan lain pada bayi bisa membuat alergi. Hindari beberapa makanan yang bisa memicu alergi pada bayi.

2. Oatmeal

Sereal baik dikonsumsi bayi karena mengandung serat seperti beta glukan. Serat ini membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan pencernaan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement