Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat dan Aman

Kekurangan berat badan dapat menjadi masalah kesehatan. Karena itu, perlu cara menambah berat badan agar tubuh menjadi ideal. Berikut ini beberapa tipsnya.
Image title
8 September 2021, 18:28
Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat dan Aman
pixabay.com
Ilustrasi seseorang yang berhasil menambah berat badan.

Setiap orang perlu memperhatikan berat badannya karena berkaitan langsung dengan kondisi kesehatan. Bobot berlebihan menjadi yang paling banyak dikeluhkan sehingga tak sedikit pula berbagai tips dan cara menurunkan berat badan.

Namun, masalah kurang berat badan atau kurus pun tak kalah serius. Mengutip dari hellosehat.com, definisi kurus adalah kondisi ketika indeks massa tubuh ada di bawah 18,5. Kondisi ini ternyata bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. 

Cara Menambah Berat Badan

Untuk menambah berat badan sebenarnya bisa menggunakan berbagai cara mulai dari mengatur pola hidup sehat, konsumsi makanan tertentu, hingga minum suplemen atau obat penambah berat badan. Cara menambah berat badan dengan menggunakan suplemen atau obat tidak direkomendasikan. Sebab, penggunakan obat harus disertai petunjuk dokter agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Upaya untuk menambah berat badan yang realtif aman bisa dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan konsumsi makanan yang bisa meningkatkan bobot dengan cepat. Mengutip dari alodokter.com, berikut ini beberapa cara menaikan berat badan yang sehat dan aman.

Advertisement

1. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan berat badan, yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Selama program, tidak disarankan untuk konsumsi banyak makanan manis meskipun makanan manis bisa menambah berat badan. Konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula justru bisa menimbulkan masalah kesehatan lain.

Makanan yang bergizi seimbang sangat dianjurkan. Anda bisa makan sayur-sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan. Untuk porsi makanan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau sesuai dengan anjuran dokter gizi.

2. Makan dengan prosi kecil namun sering

Cara cepat menambah berat badan berikutnya, yaitu  konsumsi makanan dalam porsi sedikit namun frekuensinya sering. Umumnya orang yang berat badannya kurang atau kurus akan merasa cepat kenyang. Karena itu, lebih baik konsumsi makanan dalam jumlah sedikit tapi sering dibandingkan dengan makan dua sampai tiga kali sehari dalam jumlah besar.

3. Konsumsi minuman padat kalori

Minuman padat kalori dan bernutrisi juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan berat badan. Beberapa jenis makanan kaya kalori, yaitu susu, yogurt, dan jus. Konsumsi ini secara rutin juga bisa membantu tubuh untuk mencukupi kebutuhan cairan.

4. Minum setelah makan

Kebiasaan minum setelah makan ternyata bisa menjadi cara cepat meningkatkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan minum sebelum atau saat makan akan membuat perut lebih banyak terisi air dan menjadi cepat kenyang. Jika sudah demikian, maka nafsu makan dan porsi makan juga akan berkurang.

5. Konsumsi camilan sehat

Camilan sehat seperti roti gandum, buah-buahan, coklat hitam, dan yogurt bisa menjadi pilihan cara untuk meningkatkan berat badan. Makanan ini memiliki kalori yang bisa membuat badan lebih berisi. Hindari makanan berminyak seperti gorengan, karena bisa meningkatkan risiko penyakit seperti jantung, diabetes, hingga kanker.

6. Rajin olahraga

Selain bisa menurunkan berat badan, olahraga rutin ternyata bisa juga menjadi alternatif cara menambah berat badan dengan sehat. Olahraga akan membentuk jaringan otot dan mengurangi lemak. Dengan demikian berat badan menjadi cepat ideal. Tidak hanya itu, rajin berolahraga juga bisa menambah nafsu makan, sehingga nutrisi dan kalori yang masuk ke tubuh akan semakin banyak.

Makanan untuk Menambah Berat Badan

Cara menambah berat badan lainnya, yaitu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Mengutip dari sehatq.com, ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa meningkatkan berat badan. Ingin tahu apa saja? Berikut ini penjelasannya.

1. Telur

Pilihan makanan yang pertama, yaitu telur. Makanan tinggi protein ini bermanfaat membentuk otot. Selain itu kandungan lemak yang ada didalam telur juga baik untuk kesehatan tubuh.

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi  telur secara uruh agar nutrisi tubuh tercukupi. Untuk jumlah telur yang bisa dikonsumsi setiap harinya tidak ada batasannya, Anda bisa mengkonsumsi tiga sampai empat butir setiap harinya.

2. Susu

Minuman kaya protein, karbohidrat, dan lemak ini juga dipercaya bisa menjadi cara cepat menaikkan berat badan. Susu dipercaya bisa menambah massa otot. Selain itu, kandungan vitamin dan kalsium di susu juga baik untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsi susu dari jenis whole milk atau full cream.

3. Nasi

Nasi memang terkenal sebagai makanan yang mengenyangkan dan bisa membuat berat badan naik. Tak heran jika makanan ini sering dihindari saat seseorang sedang diet. Nasi diketahui memiliki kandungan kalori sekitar 200 kalori. Selain itu, makanan pokok ini juga memiliki kandungan karbohidrat sehingga berperan penting dalam meningkatkan berat badan.

4. Kacang-kacangan

Makanan dari jenis kacang-kacangan bisa menjadi pilihan cara menambah berat badan. Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak sehat, sehingga bisa menjadi camilan sehat saat program peningkatan berat badan. Yang penting untuk diingat, pastikan konsumsi kacang yang diolah dengan tepat seperti dipanggang tanpa gula dan garam.

5. Daging merah

Makanan sehat berikutnya yang bisa menjadi pilihan saat Anda ingin menaikkan berat badan yaitu daging merah. Makanan ini memiliki kandungan kalori cukup tinggi. Selain itu daging merah juga dipercaya bisa membangun otot. Namun, pastikan Anda mengkonsumsi daging yang tidak banyak lemak sehingga terhindar dari risko penyakit.

6. Ikan salmon

Selain lezat makanan yang satu ini ternyata bisa menambah berat badan. Ikan salmon memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Selain itu, lemak sehat, protein, dan omega-3 yang ada didalamnya juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh khususnya peningkatan berat badan.

7. Buah alpukat

Dari jenis buah-buahan anda bisa mengkonsumsi alpukat saat sedang program peningkatan berat badan. Alpukat memiliki kandungan kalori, lemak, dan serat yang bisa menambah berat badan. Buah ini juga memiliki rasa yang lezat. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk olahan, seperti jus atau bisa juga dikonsumsi langsung.

8. Dark chocolate

Dark chocolate atau coklat hitam merupakan sumber kalori yang juga banyak mengandung antioksidan dan mikronutrien. Coklat ini bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan berat badan. Anda bisa mengolahnya sebagai minuman hangat atau dingin, lalu konsumsi secukupnya untuk meningkatkan massa tubuh.

9. Kentang

Kentang atau jenis umbi-umbian lain juga dipercaya bisa menjadi salah satu cara menambah berat badan. Konsumsi kentang diketahui akan meningkatkan glikogen di otot. Glikogen inilah yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik. Selain itu, kentang juga diketahui sebagai sumber kalori yang baik bagi tubuh.

 

Itulah beberapa cara untuk menambah berat badan mulai dari menjaga pola hidup sehat hingga konsumsi berbagai makanan sehat dan bergizi seimbang. Apabila Anda ingin menjalankan program peningkatan berat badan, alangkah baiknya untuk menghitung terlebih dahulu berat badan ideal tubuh Anda. Pastikan juga untuk konsultasi dengan dokter agar program yang Anda jalankan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait