Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat dan Aman

Siti Nur Aeni
8 September 2021, 18:28
Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat dan Aman
pixabay.com
Ilustrasi seseorang yang berhasil menambah berat badan.

Setiap orang perlu memperhatikan berat badannya karena berkaitan langsung dengan kondisi kesehatan. Bobot berlebihan menjadi yang paling banyak dikeluhkan sehingga tak sedikit pula berbagai tips dan cara menurunkan berat badan.

Namun, masalah kurang berat badan atau kurus pun tak kalah serius. Mengutip dari hellosehat.com, definisi kurus adalah kondisi ketika indeks massa tubuh ada di bawah 18,5. Kondisi ini ternyata bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. 

Cara Menambah Berat Badan

Untuk menambah berat badan sebenarnya bisa menggunakan berbagai cara mulai dari mengatur pola hidup sehat, konsumsi makanan tertentu, hingga minum suplemen atau obat penambah berat badan. Cara menambah berat badan dengan menggunakan suplemen atau obat tidak direkomendasikan. Sebab, penggunakan obat harus disertai petunjuk dokter agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Upaya untuk menambah berat badan yang realtif aman bisa dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan konsumsi makanan yang bisa meningkatkan bobot dengan cepat. Mengutip dari alodokter.com, berikut ini beberapa cara menaikan berat badan yang sehat dan aman.

1. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan berat badan, yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Selama program, tidak disarankan untuk konsumsi banyak makanan manis meskipun makanan manis bisa menambah berat badan. Konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula justru bisa menimbulkan masalah kesehatan lain.

Makanan yang bergizi seimbang sangat dianjurkan. Anda bisa makan sayur-sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan. Untuk porsi makanan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau sesuai dengan anjuran dokter gizi.

2. Makan dengan prosi kecil namun sering

Cara cepat menambah berat badan berikutnya, yaitu  konsumsi makanan dalam porsi sedikit namun frekuensinya sering. Umumnya orang yang berat badannya kurang atau kurus akan merasa cepat kenyang. Karena itu, lebih baik konsumsi makanan dalam jumlah sedikit tapi sering dibandingkan dengan makan dua sampai tiga kali sehari dalam jumlah besar.

3. Konsumsi minuman padat kalori

Minuman padat kalori dan bernutrisi juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan berat badan. Beberapa jenis makanan kaya kalori, yaitu susu, yogurt, dan jus. Konsumsi ini secara rutin juga bisa membantu tubuh untuk mencukupi kebutuhan cairan.

4. Minum setelah makan

Kebiasaan minum setelah makan ternyata bisa menjadi cara cepat meningkatkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan minum sebelum atau saat makan akan membuat perut lebih banyak terisi air dan menjadi cepat kenyang. Jika sudah demikian, maka nafsu makan dan porsi makan juga akan berkurang.

5. Konsumsi camilan sehat

Camilan sehat seperti roti gandum, buah-buahan, coklat hitam, dan yogurt bisa menjadi pilihan cara untuk meningkatkan berat badan. Makanan ini memiliki kalori yang bisa membuat badan lebih berisi. Hindari makanan berminyak seperti gorengan, karena bisa meningkatkan risiko penyakit seperti jantung, diabetes, hingga kanker.

6. Rajin olahraga

Selain bisa menurunkan berat badan, olahraga rutin ternyata bisa juga menjadi alternatif cara menambah berat badan dengan sehat. Olahraga akan membentuk jaringan otot dan mengurangi lemak. Dengan demikian berat badan menjadi cepat ideal. Tidak hanya itu, rajin berolahraga juga bisa menambah nafsu makan, sehingga nutrisi dan kalori yang masuk ke tubuh akan semakin banyak.

Makanan untuk Menambah Berat Badan

Cara menambah berat badan lainnya, yaitu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Mengutip dari sehatq.com, ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa meningkatkan berat badan. Ingin tahu apa saja? Berikut ini penjelasannya.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...