Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

BPJS menyediakan aplikasi dan website untuk cek saldo secara online. Fitur ini memudahkan pengguna tanpa perlu ke kantor BPJS. Berikut cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online tanpa aplikasi.
Dwi Latifatul Fajri
19 Januari 2022, 11:36
Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Cara Melihat Saldo BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan menyediakan layanan cek saldo secara online. Anda bisa cek saldo melalui ponsel yang terhubung di internet melalui aplikasi dan browser.

Sesuai pasal 14 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2021, BPJS menjadi penyelenggara jaminan sosial. Sehingga memiliki kewajiban untuk memberi jaminan sosial pada masyarakat Indonesia. Masyarakat bisa mendapatkan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan yang memberi jaminan kerja.

Jaminan yang bisa diklaim yaitu jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, dan jaminan kehilangan pekerjaan. Nantinya karyawan yang sudah pensiun bisa mencairkan atau klaim untuk saldo Jaminan Hari Tua (JHT).

Masyarakat bisa memilih iuran yang dibayarkan sesuai jenis peserta. Ada empat jenis kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan seperti penerima upah (PU), bukan penerima upah (BPU), jasa konstruksi, dan pekerja migran Indonesia (PMI).

Advertisement

Karyawan bisa cek BPJS Ketenagakerjaan tanpa perlu mendatangi kantor BPJS terdekat. Caranya cukup mudah anda bisa memakai aplikasi yang diunduh di ponsel atau website resmi. Selain itu, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa diakses melalui SMS.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile merupakan aplikasi pengganti BPJSTKU. Fungsi aplikasi hampir sama untuk melihat informasi saldo, klaim JHT, ubah data peserta, dan masih banyak lagi. Anda bisa login memakai akun yang sama dari aplikasi BPJSTKU.

Cara melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa melalui aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store atau AppStore. Berikut cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online:

  1. Buka aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) di ponsel.
  2. Setelah itu masukkan alamat email dan password yang dipakai untuk aplikasi.
  3. Setelah masuk ke tampilan utama klik “Jaminan Hari Tua”.
  4. Kemudian pilih “Cek Saldo”.
  5. Nantinya akan muncul jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan di layar ponsel.

    Cara Daftar Akun di Aplikasi JMO

  • Pertama unduh aplikasi JMO - Jamsostek Mobile di ponsel.
  • Setelah itu pilih “Buat Akun Baru”.
  • Kemudian pilih kewarganegaraan WNI.
  • Setelah itu pilih kolom hijau “Ya Saya Sudah Daftar” jika sudah mendaftar peserta Jamsostek.
  • Lalu pilih jenis kepesertaan seperti Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, atau Pekerja Migran Indonesia.
  • Kemudian lengkapi data diri seperti NIK, nomor kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, nama sesuai KTP, dan tanggal lahir. Setelah itu klik Selanjutnya di kolom paling bawah.
  • Masukkan alamat email aktif untuk akun JMO.
  • Setelah itu masukkan kode verifikasi berupa pesan yang dikirim lewat email. Silakan buka aplikasi email lalku klik “Verifikasi” di pesan tersebut.
  • Kembali ke aplikasi JMO, masukkan kode verifikasi yang dikirim sesuai pesan email.
  • Setelah itu masukkan nomor HP aktif untuk pembuatan akun.
  • Masukkan lagi kode verifikasi yang dikirim melalui SMS. Setelah itu kembali ke aplikasi untuk mengirimkan kode yang sama.
  • Masukkan kata sandi sebanyak 8 karakter, lalu isi kembali untuk konfirmasi kata sandi. Kemudian klik selanjutnya.
  • Anda akan mendapatkan pemberitahuan berhasil mendaftar di aplikasi JMO
  • Setelah itu anda bisa menggunakan fitur cek saldo secara online, informasi simulasi saldo, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

  1. BPJS Ketenagakerjaan bisa diakses melalui SMS. Berikut tutorial cek saldo BPJS website resmi:
  2. Buka browser atau peramban
  3. Ketik website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  4. Kemudian muncul kolom “Layanan Informasi Kepesertaan dan Cek Saldo JHT BPJAMSOSTEK
  5. Pengguna memasukkan email dan password di akun website yang sudah terdaftar
  6. Lalu klik “Saya Bukan Robot”
  7. Setelah itu klik Login
  8. Anda bisa cek informasi cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di website tersebut

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Pengguna bisa cek saldo melalui SMS dengan mengirimkan pesan ke nomor 2757. Namun, anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk melakukan cek saldo melalui SMS.

Berikut format pendaftaran melalui SMS BJPS Ketenagakerjaan:

  • Ketik DAFTAR (spasi) SALDO#NIK#NAMA#TTL#NOMOR PESERTA, setelah itu kirim SMS ke 2757. Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan mendapat SMS balasan.
  • Setelah mendapat balasan SMS untuk cek saldo BJPS Ketenagakerjaan melalui SMS, peserta bisa cek saldo. Sediakan pulsa yang mencukupi untuk layanan ini. Format penulisan cek saldo SMS yaitu SALDO (spasi) NOMOR PESERTA, kemudian kirim ke 2757. Setelah itu peserta akan mendapatkan SMS rincian informasi saldo JHT.
  • Sedangkan pengguna yang ingin mengganti nomor ponsel, anda bisa mengubah layanan SMS. Format mengganti nomor yaitu DAFTAR (spasi) GANTI (spasi) HP#Nomor ponsel lama#Nomor KTP, kemudian kirim ke 2757.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait