Konotasi Adalah Makna Kias, Ini Contohnya

Image title
19 Januari 2022, 12:05
konotasi adalah kata yang mengandung makna kias atau bukan kata yang sebenarnya.
Unsplash/Lucas George Wendt
konotasi adalah kata yang mengandung makna kias atau bukan kata yang sebenarnya.

Dalam materi pelajaran bahasa Indonesia, kita tentu pernah mempelajari tentang denotasi dan konotasi. Kedua istilah ini mengacu pada makna yang terkandung dalam suatu kata.

Denotasi adalah kata yang memiliki arti yang sebenarnya dan apa adanya seperti yang sehari-hari kita gunakan. Sedangkan, konotasi adalah kata yang mengandung makna kias atau bukan kata yang sebenarnya.

Apa itu Konotasi?

Mengutip buku "Diksi dan Gaya Bahasa" oleh Gorys Keraf, konotasi atau konotatif disebut juga makna konotasional, makna emotif, atau makna evaluatif.

Makna konotatif adalah suatu jenis makna di mana stimulus dan respons mengandung nilai-nilai emosional. Makna ini biasanya muncul karena pembicara ingin menimbulkan perasaan setuju, tidak setuju, senang, tidak senang dan sebagainya kepada pendengar atau pembaca.

Memilih konotasi cenderung lebih berat daripada denotasi. Jika sebuah kata mengandung konotasi yang salah, misalnya ‘kurus-kering’ untuk menggantikan kata ‘ramping’ dalam sebuh konteks yang saling melengkapi, kesalahan semacam itu mudah diketahui dan diperbaiki. Sangat sulit adalah perbedaan makna antara kata-kata yang bersinonim, tetapi mungkin mempunyai perbedaan arti yang besar dalam konteks tertentu.

Konotasi adalah sesuatu yang timbul karena masalah hubungan sosial atau hubungan interpersonal yang mempertalikan seseorang dengan yang lainnya. Sebab itu, bahasa manusia tidak hanya menyangkut masalah makna denotatif atau ideasional dan sebagainya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement