9 Cara Mengatasi Kaki Pegal di Malam Hari

Kaki pegal umumnya disebabkan karena sistem otot bekerja berlebihan. Selain kaki, pegal bisa terjadi di punggung dan leher. Berikut 9 cara mengatasi kaki pegal di malam hari, setelah beraktivitas.
Dwi Latifatul Fajri
27 Januari 2022, 13:38
Cara Mengatasi Kaki Pegal
Pexels.com/Polina Tankilevitch
Cara Mengatasi Pegal di Kaki

Pegal linu bisa terjadi ketika kinerja otot berlebihan. Penyebabnya karena pergerakan dan aktivitas berat menggunakan otot. Hal ini bisa menyebabkan pegal linu, termasuk di bagian kaki. Rasa nyeri ini juga bisa terjadi di leher, tangan, pinggang, hingga punggung. Rasa pegal ini bisa sebenarnya bisa sembuh sendiri, namun bisa muncul kembali. .

Pegal linu di seluruh badan atau kaki bisa jadi pertanda kondisi kesehatan tertentu. Mengutip dari hellosehat.com, pegal linu bisa terjadi karena infeksi atau penyakit lain yang mempengaruhi jaringan di tubuh.

Namun, pegal linu bisa terjadi karena sistem otot yang bekerja berlebihan. Otot yang bekerja berlebih memunculkan rasa sakit di area tubuh yang bisa sembuh sendiri atau bertambah parah.

Cara Mengatasi Kaki Pegal

Pegal di kaki bisa terjadi karena aktivitas otot terlalu lama, seperti olahraga, berdiri terlalu lama, sampai aktivitas yang berlebihan. Ada cara mengatasi kaki pegal di malam hari ketika di rumah.

Advertisement

Berikut cara mengatasi pegal di kaki:

1. Lakukan Peregangan

Mengutip dari healthline.com, latihan peregangan bisa membantu meredakan pegal di kaki. Cobalah untuk melatih area jari kaki dan tumit memakai gerakan peregangan sederhana.

Latihan ini bisa mencegah pegal kaki dan meningkatkan fleksibilitas. Berikut cara melakukan peregangan kaki:

  • Pertama lenturkan jari kaki. 
  • Kedua tekuk jari selama beberapa detik. 
  • Lakukan peregangan kaki memakai kursi. 
  • Kemudian rentangkan kaki. 
  • Gerakkan jari-jari kaki. 
  • Gerakkan pergelangan kaki searah jarum jam kemudian berlawanan dengan jarum jam. 
  • Kemudian regangkan kaki dari tumit ke jari kaki. 
  • Lalu angkat kaki bagian depan ke belakang secara bergantian. 

2. Rendam Kaki di Air Hangat

Munculnya nyeri dan pegal di kaki bisa diatasi dengan merendam kaki di air hangat. Air hangat membuat tubuh lebih rileks termasuk mengurangi rasa sakit di kaki.

Anda bisa menambahkan garam Epsom untuk meredakan nyeri otot dan mengurangi bengkak di kaki. Caranya campurkan satu cangkir garam Epsom ke dalam bak berisi air hangat. Kemudian rendam kaki ke dalam air hangat selama 20 menit.

Selain garam, ada soda kue yang bisa digunakan untuk merendam kaki. Soda kue bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak.

3. Memijat Kaki

Pijatan kaki bisa mengurangi rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi. Anda bisa duduk di kursi, rilekskan kaki kemudian pijat bagian bawah kaki. Tari bagian tekuk dan jari-jari kaki kemudian dipijat. Anda bisa memakai minyak atau losion untuk mempermudah pijatan pada kulit.

4. Ganti Sepatu

Rasa nyeri dan pegal di kaki bisa terjadi karena pemakaian sepatu. Sepatu bisa menjadi penyebab nyeri di tumit terutama sepatu berhak tinggi. Anda bisa memakai sepatu beralas datar untuk kesehatan.

Sepatu hak tinggi memiliki lengkungan dan penyangga yang lebih tinggi. Pada wanita, pemakaian sepatu berhak tinggi bisa menyebabkan nyeri di kaki. Ketika bekerja, bawalah sepatu atau sandal untuk menggantikan sepatu berhak tinggi dan nyaman dipakai.

5. Pakai Es

Es batu bisa meredakan peradangan dan rasa sakit pada kaki. Cobalah oleskan atau isi kantong berisi es di bagian kaki yang sakit. Tempelkan selama 5 sampai 15 menit untuk mengurangi peradangan. Anda bisa memakai botol berisi air beku untuk mengurangi rasa sakit.

6. Minum Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan. Contoh obat pereda nyeri seperti antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen dan naproxen sodium. Obat tersebut bisa meredakan nyeri lebih cepat, tetapi anda harus berhati-hati karena obat memiliki efek samping.

7. Salep Pereda Nyeri Otot

Salep pereda nyeri otot bisa mengatasi nyeri di kaki. Obat salep ini cukup dioleskan ke bagian kaki yang sakit. Salep obat ini bisa memberi rasa panas atau dingin untuk meredakan sakit. Beberapa salep biasanya mengandung mentol, kayu putih, dan terpentin.

8. Minum Air Putih

Cara sederhana menghilangkan nyeri di kaki adalah minum air putih. Tubuh membutuhkan cairan setiap hari untuk berbagai kegiatan. Asupan cairan ini berupa mnum air putih, konsumsi buah, dan sayur.

9. Istirahat

Aktivitas yang terlalu berat membuat tubuh cepat lelah dan gampang capek. Setelah bekerja seharian, Anda bisa istirahatkan tubuh dan tidur nyenyak. Hindari memegang ponsel sebelum tidur, supaya jadwal tidur tidak terganggu.

Cobalah untuk tidur dengan posisi terlentang supaya punggung tidak sakit. Anda bisa juga memijat kaki terlebih dahulu, setelah itu mencoba tidur.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait