9 Cara Mengatasi Kaki Pegal di Malam Hari

Dwi Latifatul Fajri
27 Januari 2022, 13:38
Cara Mengatasi Kaki Pegal
Pexels.com/Polina Tankilevitch
Cara Mengatasi Pegal di Kaki

Pegal linu bisa terjadi ketika kinerja otot berlebihan. Penyebabnya karena pergerakan dan aktivitas berat menggunakan otot. Hal ini bisa menyebabkan pegal linu, termasuk di bagian kaki. Rasa nyeri ini juga bisa terjadi di leher, tangan, pinggang, hingga punggung. Rasa pegal ini bisa sebenarnya bisa sembuh sendiri, namun bisa muncul kembali. .

Pegal linu di seluruh badan atau kaki bisa jadi pertanda kondisi kesehatan tertentu. Mengutip dari hellosehat.com, pegal linu bisa terjadi karena infeksi atau penyakit lain yang mempengaruhi jaringan di tubuh.

Namun, pegal linu bisa terjadi karena sistem otot yang bekerja berlebihan. Otot yang bekerja berlebih memunculkan rasa sakit di area tubuh yang bisa sembuh sendiri atau bertambah parah.

Cara Mengatasi Kaki Pegal

Pegal di kaki bisa terjadi karena aktivitas otot terlalu lama, seperti olahraga, berdiri terlalu lama, sampai aktivitas yang berlebihan. Ada cara mengatasi kaki pegal di malam hari ketika di rumah.

Berikut cara mengatasi pegal di kaki:

1. Lakukan Peregangan

Mengutip dari healthline.com, latihan peregangan bisa membantu meredakan pegal di kaki. Cobalah untuk melatih area jari kaki dan tumit memakai gerakan peregangan sederhana.

Latihan ini bisa mencegah pegal kaki dan meningkatkan fleksibilitas. Berikut cara melakukan peregangan kaki:

  • Pertama lenturkan jari kaki. 
  • Kedua tekuk jari selama beberapa detik. 
  • Lakukan peregangan kaki memakai kursi. 
  • Kemudian rentangkan kaki. 
  • Gerakkan jari-jari kaki. 
  • Gerakkan pergelangan kaki searah jarum jam kemudian berlawanan dengan jarum jam. 
  • Kemudian regangkan kaki dari tumit ke jari kaki. 
  • Lalu angkat kaki bagian depan ke belakang secara bergantian. 

2. Rendam Kaki di Air Hangat

Munculnya nyeri dan pegal di kaki bisa diatasi dengan merendam kaki di air hangat. Air hangat membuat tubuh lebih rileks termasuk mengurangi rasa sakit di kaki.

Anda bisa menambahkan garam Epsom untuk meredakan nyeri otot dan mengurangi bengkak di kaki. Caranya campurkan satu cangkir garam Epsom ke dalam bak berisi air hangat. Kemudian rendam kaki ke dalam air hangat selama 20 menit.

Selain garam, ada soda kue yang bisa digunakan untuk merendam kaki. Soda kue bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...