Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Efektif Tanpa Obat

Ada beberapa cara mengatasi sesak nafas tanpa perlu mengonsumsi obat. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.
Image title
27 Januari 2022, 08:16
Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat
alodokter.com
Ilustrasi sesak nafas

Sesak napas merupakan ganguan pada saluran pernapasan. Masalah ini juga bisa menjadi hal yang membahayakan karena berhubungan dengan organ penting dalam saluran pernapasan.  Maka dari itu, pengetahuan tentang cara mengatasi sesak nafas menjadi hal yang penting.

Penyebab Sesak Nafas

Sebelum mengulas tentang cara meredakan sesak nafas, tak ada salahnya jika kita memahami terlebih dahulu penyebab dari gangguan ini. Mengutip dari klikdokter.com, berikut beberapa kondisi yang menjadi penyebab sesak napas.

1. Penyakit asma

Asma adalah salah satu penyebab seseorang mengalami sesak nafas. Umumnya asma dipicu oleh faktor keturunan dan riwayat alergi.

Gangguan pernapasan pada penderita asma sangat beragam. Ada yang bersifat ringan namun ada juga yang berat. Umumnya sesak napas yang terjadi dipicu oleh beberapa hal, misalnya asap, debu, perubahan suhu, hingga saluran pernapasan.

Advertisement

2. Mengalami alergi

Penyebab sesak nafas lainnya yaitu karena alergi. Sesak napas yang dirasakan penderita alergi bisa mengarah ke kondisi syok hingga mengancam jiwa. Kondisi seperti ini umumnya disertai dengan keringat dingin, penurunan kesadaran, dan tekanan darah menurun. Sehingga bagi Anda yang mempunyai alergi, sebaiknya hati-hati apabila muncul keluhan sesak napas.

3. Infeksi di saluran pernapasan

Sesak napas juga bisa disebabkan adanya infeksi. Kondisi ini sering dialami oleh perokok, orang yang terbiasa terkena asap atau polusi, dan kelompok dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Beberapa masalah pernapasan yang disebabkan oleh infeksi antara lain bronkitis, pneumonia, penyakit paru obstruksi kronik (PPOK), dan sinusitis. Kesulitan bernapas juga bisa ditandai dengan gejala seperti demam, batuk, pilek, dan nyeri pada area dada.

4. Gastroesophageal reflux atau GERD

GERD merupakan kondisi saat esofagus mengalami iritasi akibat asam lambung naik. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa terbakar di daerah dada hingga ke kerongkongan. Pada kondisi kronis, sesak napas lebih dominan dibandingkan rasa terbakar tersebut.

Sesak nafas akibat GERD disebabkan adanya aspirasi asam lambung di paru-paru dan terstimulasinya saraf vagus. Akibatnya, terjadi penyempitan pada bronkus yang memunculkan keluhan sesak napas.

5. Gagal jantung

Penyebab sesak nafas lainnya yaitu karena gagal jantung. Kondisi ini terjadi karena irama jantung tidak beraturan, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi yang tidak bisa terkendali. Pada keadaan gagal jantung, sesak napas bisa terjadi saat istirahat atau beraktivitas. Biasanya disertai juga dengan pembengkakan di kedua kaki.

Cara Menghilangkan Sesak Nafas

Sesak nafas sebenarnya bisa diatasi secara alami tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan khusus. Melansir dari hellosehat.com, berikut beberapa cara mengatasi sesak nafas secara alami.

1. Bernapas menggunakan mulut dan hidung

Cara meredakan sesak nafas yang pertama yaitu dengan bernapas menggunakan mulut dan hidung. Menarik dan membuat napas melalui mulut bisa memungkinkan Anda mengambil udara lebih banyak. Dengan demikian, embusan napas lebih dalam dan efektif.

Membuang napas melalui mulut juga bisa membantu melepaskan udara yang ada di paru-paru. Namun meredakan sesak napas dengan cara ini tidak boleh sembarangan. Adapun langkah-langkah bernapas lewat mulut sebagai berikut:

  • Lemaskan otot batu dan leher.
  • Ambil napas dari hidung dan tahan beberapa detik.
  • Lalu kerucutkan bibir seperti hendak bersiul.
  • Buang napas perlahan lewat mulut.

Cara ini bisa dilakukan kapan saja. Terutama setelah mengangkat benda berat, naik tangga, membungkuk, dan lain-lain.

2. Duduk di atas kursi

Cara mengatasi sesak nafas yang kedua yaitu duduk di atas kuris. Istirahat sembari duduk bisa membuat tubuh lebih rileks dan membuat pernapasan lebih lega. Saat dada mulai sesak, segera duduk di atas kursi dengan kedua kaki memijak ke lantai.

Condongkan dada sedikit ke depan dan letakkan sikut di atas lutut. Anda juga bisa menopang dagu menggunakan kedua tangan. Pastikan bahwa otot leher dan baju tetap rileks. Kemudian, ambil napas perlahan lewat hidung dan embuskan secara perlahan.

3. Rebahkan kepala di atas meja

Saat merasa sesak nafas, Anda juga bisa merebahkan kepala di atas meja. Bagi beberapa orang, posisi duduk ini bisa lebih nyaman untuk mengatur napas. Berikut tata cara meredakan sesak nafas dengan merebahkan kepala di atas meja.

  • Duduk di kursi dengan kaki menapak di lantai dan posisi badan menghadap meja.
  • Lipat kedua tangan di atas meja dan rebahkan kepala di atas lengan Anda.
  • Atar napas secara perlahan lewat hidung atau mulut hingga napas terasa lebih lega.

Anda juga bisa menggunakan properti benda empuk untuk bantalan kepala.

4. Berbaring

Saat mengalami sesak napas Anda juga bisa membaringkan tubuh di atas karus dengan posisi terlentang. Jangan lupa untuk sangga kepala dengan bantal agar posisi kepala lebih tinggi dari jantung.

Anda juga bisa menyelipkan bantal di bawah lutut. Pastikan punggung tetap dalam posisi lurus dengan kedua tangan lurus di samping badan. Posisi seperti ini dapat membantu melebarkan saluran udara yang terhambat sehingga bisa bernapas dengan lebih lega.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait