Devisa Adalah Alat Pembayaran Luar Negeri, Ini Sumber dan Fungsinya

Image title
31 Januari 2022, 13:59
Devisa adalah alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.
Devisa adalah alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri.

Devisa adalah salah satu materi dalam mata pelajaran ekonomi terkait alat pembayaran internasional. Lantas, apa itu devisa?

Devisa dapat dipahami lewat contoh sederhana seperti berikut: Apabila ada orang Indonesia yang membeli barang dari luar negeri, ia tidak bisa melakukan pembayaran dengan mata uang rupiah, melainkan dengan mata uang yang diakui negara asal barang tersebut atau alat pembayaran lain yang dapat diterima secara internasional. Alat pembayaran internasional inilah yang dimaksud devisa.

Pengertian Devisa

Mengutip "Modul Pembelajaran SMA Ekonomi" oleh Sri Nur Mulyati, devisa adalah alat yang dapat dipergunakan untuk pembayaran dalam lingkup internasional. Devisa dapat berupa valuta asing, yaitu sejumlah mata uang asing yang sudah diakui secara internasional. seperti dollar (Amerika), yen (Jepang), dan sebagainya.

Walaupun tercatat sebagai mata uang asing, tidak semua mata uang asing dapat disebut devisa. Devisa adalah mata uang yang telah tercatat secara resmi di Bank Sentral.

Selain valuta asing, devisa dapat berupa emas atau surat berharga yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), devisa adalah alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri. Sederhananya, tujuan devisa adalah untuk melakukan transaksi pembelian dan penjuaan antarnegara.

Jenis Devisa

Devisa atau valuta asing dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Devisa Umum

Devisa umum diperoleh dari hasil ekspor barang atau dari penjualan jasa dan transfer. Tingkat kurs sumber devisa ini ditentukan oleh penawaran dan permintaan valuta asing di pasar valuta asing. Adapun yang termasuk devisa umum, antara lain ekspor barang, penyelenggaraan jasa, dan wisatawan asing yang berkunjung ke dalam negeri.

2. Devisa Kredit

Devisa ini berasal dari kredit atau pinjaman luar negeri. Tingkat kursnya ditentukan oleh pemerintah yang bertindak sebagai debitur. Adapun yang terasuk dalam devisa kredit, antara lain pinjaman dari luar negeri dan penerimaan bunga dan deviden dari luar negeri.

Bentuk Devisa

Devisa memiliki tiga bentuk, yaitu surat-surat berharga, surat-surat wesel luar negeri, dan valuta asing.

1. Surat-surat berharga

Adapun yang dimaksud surat-surat berharga adalah dokumen-dokumen yang mempunyai nilai dan dilindungi oleh hukum dan negara, seperti saham dan obligasi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...