AMDAL Adalah Analisis Dampak Lingkungan, Ini Fungsi dan Jenisnya

Image title
2 Februari 2022, 15:46
AMDAL adalah studi terhadap kemungkinan perubahan aspek sosial ekonomi dan karakteristik biofisik lingkungan yang dikarenakan suatu rencana kegiatan.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom.
AMDAL adalah studi terhadap kemungkinan perubahan aspek sosial ekonomi dan karakteristik biofisik lingkungan yang dikarenakan suatu rencana kegiatan.

AMDAL adalah akronim dari analisis mengenai dampak lingkungan. Istilah ini sering digunakan dalam ilmu geografi atau sesuatu terkait perizinan suatu proyek dan sebagainya.

Pengertian dan Sejarah Amdal

Merujuk pada Pasal 1 UU No.23 tahun 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup, AMDAL adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.

Advertisement

AMDAL juga bisa didefinisikan sebagai suatu studi terhadap kemungkinan perubahan berbagai aspek sosial ekonomi dan karakteristik bioifisik lingkungan yang dikarenakan suatu rencana kegiatan.

Mengutip Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, AMDAL dikatakan sudah ada sejak 1969 di Amerika Serikat ketika masyarakat merasakan bagaimana dampak dari pembangunan yang mengabaikan lingkungan sekitarnya.

Sementara itu, di Indonesia kajian mengenai upaya menjaga lingkungan ini baru terbit pada 1982 ketika diciptakannya UU tentang Ketentuan-ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup.

Fungsi dan Manfaat AMDAL

Mengutip "Buku Ajar Mata Kuliah AMDAL Fakultas Ilmu Kesehatan UPN "Veteran" Jakarta (2014)” oleh Reda Rizal, jika dilihat dari segi teknis, AMDAL hadir untuk menghindari dan meminimalisasi dampak lingkungan hidup sehingga terwujud pembangunan yang berkelanjutan.

Secara umum fungsi dan manfaat AMDAL adalah sebagai berikut:

Fungsi AMDAL

  • Memberi masukan dalam hal pengambilan keputusan.
  • Memberi pedoman dalam upaya pencegahan, pengendalian dan pemantauan dampak lingkungan hidup.
  • Memberikan informasi dan data bagi perencanaan pembangunan suatu wilayah.

Manfaat AMDAL

  • Mengetahui lebih awal dampak positif dan negatif suatu proyek.
  • Menjamin aspek keberlanjutan proyek pembangunan.
  • Mengirit penggunaan sumber daya alam.
  • Kemudahan dalam memeroleh perizinan.

Kegunaan AMDAL

Menersukan "Pegantar AMDAL" oleh Ammi Syulasmi dan Tina Safaria, setiap pihak memeroleh manfaat masing-masing dari AMDAL, yaitu:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement