Geografi Adalah Ilmu yang Menggambarkan Bumi, Berikut Ulasannya

Image title
21 Januari 2022, 16:08
Geografi adalah studi tentang bumi.
Pexels.com/Porapak Apichodilok
Geografi adalah studi tentang bumi.

Geografi adalah salah satu materi pelajaran yang diajarkan di bangku SMA. Hal tersebut menunjukan betapa pentingnya pengetahuan tentang geografi oleh siswa. Lalu, apa sebenarnya ilmu geografi dan mengapa hal tersebut penting untuk dipelajari?

Pengertian Geografi

Secara singkat, geografi adalah studi tentang bumi dan segala sesuatu yang ada di atasnya, seperti mahluk hidup, iklim, udara, beserta segala interaksinya. Bukan cuma itu, geografi juga mempelajari hal-hal dipermukaan bumi hingga benda-benda di luar angkasa.

Advertisement

Mengutip "Modul Belajar Geografi" oleh Hendro Murtianto, geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu 'geo(s)' yang berarti bumi dan 'graphein' berarti menggambarkan, mendeskripsikan atau mencitrakan. Dengan begitu, geografi bisa diartikan sebagai ilmu yang menggambarkan tentang bumi.

Pengertian geografi menurut ahli

Meneruskan modul "Geografi" oleh Cosa Rinaldy Ardiananda dkk, ada beberapa pendapat tokoh terkait definisi geografi:

Ullman

Dalam bukunya yang berjudul "Geography a Saptial Interacion" Ullman menyatakan bahwa geografi adalah interaksi antara ruang.

Maurice Le Lannou

Dalam bukunya yang berjudul "La Geographie Humaine" Le Lannou mengatakan bahwa objek studi geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi.

Preston E James

Geografi disebut sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan karena banyak dari bidang ilmu pengetahuan yang selalu mulai dari keadaan di muka bumi.

Paul Claval

Menurut Paul Claval, geografi selalu ingin menjelaskan gejala-gejala dari segi hubungan keruangan.

Ikatan Geograf Indonesia (IGI) (1988)

Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan menggunakan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan.

Sebagai ilmu pengetahuan, geografi memiliki objek formal dan objek material. Objek formal adalah dari sudut pandang mana suatu kajian ilmu dilihat. Sedangkan, objek material adalah apa yang dipelajari ilmu tersebut.

Objek formal geografi mencakup pendekatan yang dipakai untuk memecahkan suatu persoalan geografi. Sedangkan, objek materialnya adalah geosfer atau lapisan-lapisan bumi yang mencakup, lapisan kulit bumi (lithosfer), laipsan udara (atmosfer), lapisan Air (hidrosfer), lapisan mahluk hidup (biosfer), dan lapisan manusia (antroposfer).

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement