Daftar Daerah Penghasil Batubara di Indonesia

Dwi Latifatul Fajri
4 Februari 2022, 14:27
Daerah Penghasil Batubara
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Daerah Penghasil Batubara Terbesar di Indonesia

Batubara adalah benda padat yang digunakan untuk sumber tenaga. Batu bara merupakan sedimen organik bahan bakar hidrokarbon padat.

Batu bara terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang sudah mengalami pembusukan sangat lama. Proses pembusukan ini karena biokimia dan fisika yang berlangsung dalam tekanan dan temperatur tertentu. Batu bara dipakai sebagai sumber energi seperti listrik, semen, pupuk, tekstil, metalurgi, dan masih banyak lagi. .

Advertisement

Indonesia memiliki cadangan dan sumber daya batubara yang besar. Mengutip dari esdm.go.id, cadangan batubara di Indonesia sebanyak 38,84 miliar ton di tahun 2021.

Melalui siaran pers, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin mengumumkan jumlah cadangan batu bara di Indonesia.

Umur cadangan batubara masih 65 tahun bila tidak ada temuan cadangan baru. Sedangkan rata rata produksi batubara sebesar 600 juta ton per tahun. Tercatat sumber daya batu bara di Indonesia sebesar 143,7 miliar ton.

Daerah Penghasil Batubara di Indonesia

1. Kalimantan

Daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia adalah Kalimantan. Pulau Kalimantan menyimpan cadangan sebesar 25,84 miliar ton dan sumber daya sebesar 88,31 ton. Kalimantan menyimpan sebanyak 62,1% sumberdaya batubara.

Kalimantan Selatan memiliki tambang batu bara. Ada dua kelompok perusahaan di Kalimantan Selatan yaitu kelompok PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara) dan IUP (Izin Usaha Pertambangan).

Mengutip dari kalselprov.go.id, jumlah perusahaan yang bergabung PKP2B sebanyak 13 perusahaan di tahun 2013. Sedangkan kelompok IUP sebanyak 160 perusahaan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement