Daftar Daerah Penghasil Batubara di Indonesia

Daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia adalah Kalimantan. Sebanyak 62,1% sumberdaya batu bara ada di Kalimantan. Selain Kalimantan, berikut daerah penghasil batubara lainnya.
Dwi Latifatul Fajri
4 Februari 2022, 14:27
Daerah Penghasil Batubara
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Daerah Penghasil Batubara Terbesar di Indonesia

Batubara adalah benda padat yang digunakan untuk sumber tenaga. Batu bara merupakan sedimen organik bahan bakar hidrokarbon padat.

Batu bara terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang sudah mengalami pembusukan sangat lama. Proses pembusukan ini karena biokimia dan fisika yang berlangsung dalam tekanan dan temperatur tertentu. Batu bara dipakai sebagai sumber energi seperti listrik, semen, pupuk, tekstil, metalurgi, dan masih banyak lagi. .

Indonesia memiliki cadangan dan sumber daya batubara yang besar. Mengutip dari esdm.go.id, cadangan batubara di Indonesia sebanyak 38,84 miliar ton di tahun 2021.

Melalui siaran pers, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin mengumumkan jumlah cadangan batu bara di Indonesia.

Advertisement

Umur cadangan batubara masih 65 tahun bila tidak ada temuan cadangan baru. Sedangkan rata rata produksi batubara sebesar 600 juta ton per tahun. Tercatat sumber daya batu bara di Indonesia sebesar 143,7 miliar ton.

Daerah Penghasil Batubara di Indonesia

1. Kalimantan

Daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia adalah Kalimantan. Pulau Kalimantan menyimpan cadangan sebesar 25,84 miliar ton dan sumber daya sebesar 88,31 ton. Kalimantan menyimpan sebanyak 62,1% sumberdaya batubara.

Kalimantan Selatan memiliki tambang batu bara. Ada dua kelompok perusahaan di Kalimantan Selatan yaitu kelompok PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara) dan IUP (Izin Usaha Pertambangan).

Mengutip dari kalselprov.go.id, jumlah perusahaan yang bergabung PKP2B sebanyak 13 perusahaan di tahun 2013. Sedangkan kelompok IUP sebanyak 160 perusahaan.

Daerah penghasil batubara di Kalimantan Selatan yaitu Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Balangan dan Tabalong.

2. Sumatera

Penghasil batubara terbesar kedua di Indonesia adalah Sumatera/ Pulau sumatera menyimpan sebanyak 55,08 miliar ton sumber daya. Sedangkan cadangan batu bara sebesar 12,96 miliar ton.

Mengutip dari sudutenergi.com, beberapa daerah penghasil batubara di Sumatera yaitu Meulaboh (Aceh), Sawahlunto (Sumatera Barat), dan Tanjung Enim (Sumatera Selatan).

3. Jawa

Selain pulau Kalimantan dan Sumatera, pulau Jawa memiliki potensi batu bara. Pulau Jawa memiliki potensi batu bara yang tersebar di beberapa provinsi seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Pulau Jawa memiliki formasi batuan pembawa batubara. Berdasarkan data Neraca Batubara bulan Juli 2020, sumber daya batubara di pulau Jawa sebanyak 58,5 juta ton. Sedangkan cadangan batubara sebanyak 7,23 juta ton.

4. Sulawesi

Sulawesi memiliki tambang batubara yang tersebar di daerah Baraka, Enrekang, provinsi Sulawesi Selatan.

5. Papua

Daerah Papua memiliki bahan tambang seperti batu bara, emas, besi, batu kapur, dan kualin. Endapat batubara ditemukan di distrik Paniai Barat, Siriwo, dan daerah lain di kabupaten Paniai.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait