Daftar 5 Pohon Terbesar di Dunia

Pohon terbesar di dunia adalah General Sherman yang berada di California, Amerika Serikat. Pohon ini memiliki volume sebesar 1.487 meter kubik. Berikut daftar lain pohon terbesar di dunia.
Dwi Latifatul Fajri
3 Februari 2022, 11:16
Pohon Terbesar Di Dunia
californiathroughmylens.com
Pohon Terbesar di Dunia

Pohon terbesar di dunia berada California, Amerika Serikat. Pohon jenis Sequoia raksasa (Sequoiadendron giganteum), berada di Taman Nasional Sequoia, California. Nama pohon ini disebut General Sherman dinobatkan sebagai pohon terbesar di dunia.

Usia pohon diperkirakan sekitar 2.000 tahun berdasarkan jumlah lingkaran pohon. Volumen ukuran pohon adalah 1.487 meter kubik setara dengan setengah volume kolam renang di Olimpiade (2.506 meter kubik).

General Sherman disebut pohon terbesar di dunia karena memiliki tinggi 83,8 meter, lingkar pohon setinggi 24,10 meter, dan lebar mahkota mencapai 33 meter.

Apakah General Sherman Pohon Tertua dan Terbesar di Dunia?

Mengutip dari monumentaltrees.com, usia pohon General Sherman diperkirakan mencapai 2.000 sampai 3.000 tahun. Ada juga yang berpendapat pohon ini berusia 6.000 hingga 11.000 tahun. Kemudian penelitian dilakukan untuk mengetahui usia asli pohon ini.

Advertisement

Penelitian tahun 2002 menemukan usia pohon sekitar 2.000 tahun. Dahulu pohon ini pernah ditebang dan menunjukkan usia 3.220 tahun berdasarkan hitungan lingkaran pohon.

Ada juga yang memperkirakan pohon sejenis berusia sampai 4.000 tahun di luar Taman Nasional Sequoia. Meski disebut pohon terbesar di dunia, General Sherman bukanlah pohon tertua di dunia.

Mengutip dari guinnessworldrecords.com, pohon tertua di dunia adalah Pinus Bristlecone (Pinus Longaeva) dari pegunungan Putih, California. Pohon ini dihitung berdasarkan sampel inti. Tahun 2020, usia pohon diperkirakan mencapai 5.070 tahun berdasarkan hitungan sampel inti.

Daftar Pohon Terbesar di Dunia

Pohon menjadi rumah bagi satwa, menyerap karbon, dan bermanfaat bagi manusia. Sejak dahulu, manusia menggunakan kayu dari pohon yang sudah tua untuk membuat rumah, peralatan, dan keperluan lainnya.

Di beberapa negara, jenis pohon tertentu bisa tumbuh tinggi dan besar. Semakin tua pohon, akarnya akan menjalar semakin lebar. Berikut daftar spesies pohon terbesar berdasarkan volume pohon selain General Sherman, mengutip dari largest.org:

5. Still Sorrow

Berada di Tasmania, Victoria Australia tinggi pohon Still Sorrow mencapai 84 meter. Besar volume pohon sekitar 391 meter kubik.

Still Sorrow masuk dalam spesies Eucalyptus Regnans, di Australia Barat Daya. Jenis pohon ini memiliki batang yang tebal dan lebar. Kulit pohon berwarna abu-abu halus.

Still Sorrow bisa menghasilkan bunga berwarna putih ketika musim dingin. Jenis bunga Still Sorrow termasuk bunga tertinggi di dunia.

4. Cheewhat Giant

Cheewhat Giant
Cheewhat Giant (vancouvertrails.com)

 

Tinggi pohon mencapai 56 meter dan volume pohon sebesar 450 meter kubik. Cheewhat Giant berada di Taman Nasional Pasific Rim, Kanada. Selain volume pohon yang besar, di Kanada Cheewhat Giant termasuk pohon tertinggi. Pohon cedar merah ini awalnya ditemukan British Columbia. Pohon ini pertama kali ditemukan tahun 1988 di dekat cagar alam.

3. Tane Mahuta

Pohon Tane Mahuta berada di hutan Waipoua, Selandia Baru. Tinggi pohon mencapai 45,2 meter dan volume pohon mencapai 516 meter kubik. Pohon ini masuk dalam spesies Agathis Australis atau Kauri dalam bahasa Maori.

Nama Tane Mahuta diambil dari dewa hutan kepercayaan suku Maori. Pohon Tane Mahuta tumbuh besar dan subur di hutan Selandia Baru. Kini keberadaannya berkurang karena ditebang dan digunakan untuk konstruksi. Pohon ini pertama kali ditemukan tahun 1924 oleh orang Maori.

2. Grogan’s Fault

Grogan’s Fault
Grogan’s Fault (www.lucascometto.com)

Pohon Grogan’s Fault berada di Hutan Nasional Redwood, Amerika Serikat. Volume pohon sekitar 1.084 meter kubik dan tingginya mencapai 18.2 meter. Pohon ini tumbuh di Washington dan dikenal sebagai pohon tertinggi di dunia.

1. General Sherman

Berada di Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat pohon ini memiliki volume sekitar 1487 meter. Tinggi pohon mencapai 83 meter. Awalnya General Sherman ditemukan oleh pria bernama James Wolverton.

Pohon ini ditemukan tahun 1879, ketika James Wolverton bertugas dibawah pimpinan Jenderal William Sherman selama Perang Saudara. Kemudian James menanam pohon ini dengan nama atasannya.

Pohon Terbesar di Indonesia

Tahukah kamu pohon terbesar di Indonesia di tahun 2021 berada di Bali. Spesies pohon ini adalah Ceiba Pentandra (Kapok). Berdasarkan pengukuran batang pohon memiliki ketebalan sebesar 28 meter. Lokasi pohon ini berada di Canggu, Bali. Sedangkan pohon tertinggi di Indonesia berada di Semarang, Jawa Tengah. Jenis pohon Ficus Benjamina (Benjamin's Fig) ini memiliki tinggi 29,70 meter.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait