Daftar 5 Pohon Terbesar di Dunia

Dwi Latifatul Fajri
3 Februari 2022, 11:16
Pohon Terbesar Di Dunia
californiathroughmylens.com
Pohon Terbesar di Dunia

Pohon terbesar di dunia berada California, Amerika Serikat. Pohon jenis Sequoia raksasa (Sequoiadendron giganteum), berada di Taman Nasional Sequoia, California. Nama pohon ini disebut General Sherman dinobatkan sebagai pohon terbesar di dunia.

Usia pohon diperkirakan sekitar 2.000 tahun berdasarkan jumlah lingkaran pohon. Volumen ukuran pohon adalah 1.487 meter kubik setara dengan setengah volume kolam renang di Olimpiade (2.506 meter kubik).

General Sherman disebut pohon terbesar di dunia karena memiliki tinggi 83,8 meter, lingkar pohon setinggi 24,10 meter, dan lebar mahkota mencapai 33 meter.

Apakah General Sherman Pohon Tertua dan Terbesar di Dunia?

Mengutip dari monumentaltrees.com, usia pohon General Sherman diperkirakan mencapai 2.000 sampai 3.000 tahun. Ada juga yang berpendapat pohon ini berusia 6.000 hingga 11.000 tahun. Kemudian penelitian dilakukan untuk mengetahui usia asli pohon ini.

Penelitian tahun 2002 menemukan usia pohon sekitar 2.000 tahun. Dahulu pohon ini pernah ditebang dan menunjukkan usia 3.220 tahun berdasarkan hitungan lingkaran pohon.

Ada juga yang memperkirakan pohon sejenis berusia sampai 4.000 tahun di luar Taman Nasional Sequoia. Meski disebut pohon terbesar di dunia, General Sherman bukanlah pohon tertua di dunia.

Mengutip dari guinnessworldrecords.com, pohon tertua di dunia adalah Pinus Bristlecone (Pinus Longaeva) dari pegunungan Putih, California. Pohon ini dihitung berdasarkan sampel inti. Tahun 2020, usia pohon diperkirakan mencapai 5.070 tahun berdasarkan hitungan sampel inti.

Daftar Pohon Terbesar di Dunia

Pohon menjadi rumah bagi satwa, menyerap karbon, dan bermanfaat bagi manusia. Sejak dahulu, manusia menggunakan kayu dari pohon yang sudah tua untuk membuat rumah, peralatan, dan keperluan lainnya.

Di beberapa negara, jenis pohon tertentu bisa tumbuh tinggi dan besar. Semakin tua pohon, akarnya akan menjalar semakin lebar. Berikut daftar spesies pohon terbesar berdasarkan volume pohon selain General Sherman, mengutip dari largest.org:

5. Still Sorrow

Berada di Tasmania, Victoria Australia tinggi pohon Still Sorrow mencapai 84 meter. Besar volume pohon sekitar 391 meter kubik.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...