Spionase Adalah Kegiatan Intelijen, Berikut Penjelasannya

Image title
7 Februari 2022, 11:35
James Bond sebagai salah satu film Hollywood yang mengangkat tema spionase. Spionase adalah aktivitas mengumpulkan informasi tentang perkembangan negara lain secara diam-diam.
dok. Istimewa
James Bond sebagai salah satu film Hollywood yang mengangkat tema spionase.

Bagi Anda para penggemar film James Bond, 007, tentu sudah akrab dengan istilah dan kegiatan spionase. Berkaca dari film tersebut spionase menjadi aksi yang mengisahkan mengenai kegiatan intelijen dalam usaha untuk memperoleh informasi rahasia militer.

Penjelasan Singkat Tentang Spionase

Ada beragam penjelasan mengenai spionase. Penjelasan pertama dikutip dari buku Intelijen dan Pilkada: Pendekatan Strategis Menghadapi Dinamika Pemilu yang ditulis oleh Septi Anriani, bahwa spionase banyak dikisahkan dari Rusia. Hal itu dikisahkan dari cerita Frederick Yang Agung dan dikembangkan William Stichber.

Kisah itu mengungkapkan bahwa spionase adalah upaya untuk mendapat informasi dapat berujung pada kemenangan negara. Informasi yang didapatkan dianggap sangat penting, strategis, dan bisa jadi sangat menentukan perjuangan suatu negara.

Selain dari buku sejarah tersebut, spionase juga memiliki istilah sejarah dari Prancis. Secara bahasa spionase adalah bahasa serapan dari espionnage yang berarti suatu praktik pengintaian, memata-matai untuk mengumpulkan informasi mengenai sebuah organisasi atau lembaga yang dianggap rahasia tanpa mendapatkan izin dari pemilik yang sah dari informasi tersebut.

Meski spionase merupakan bagian dari kegiatan intelijen, namun spionase memiliki perbedaan dengan bentuk pengumpulan informasi intelijen lainnya adalah bahwa spionase bisa mengumpulkan informasi dengan mengakses tempat di mana informasi tersebut disimpan atau orang yang mengetahui mengenai informasi tersebut dan akan membocorkannya melalui berbagai dalih.

Pada umumnya, spionase diangap sebagian bagian dari upaya institusional (misal, pemerintahan atau badan intelijen). Istilah spionase pada mulanya dianggap sebagai suatu keadaan memata-matai musuh potensial atau aktual, terutama untuk tujuan militer, tetapi kini telah berkembang untuk memata-matai perusahaan, yang dikenal secara spesifik sebagai spionase industrial.

Ada sejumlah negara, yang secara rutin memata-matai baik musuh maupun aliansi mereka, walaupun mereka memiliki kebijakan untuk tidak berkomentar akan hal ini. Selain mempekerjakan agen-agen pemerintah sendiri, banyak yang juga menyewa perusahaan swasta untuk mengumpulkan informasi seperti SCG International Risk dan yang lainnya.

Penjelasan Spionase Menurut Para Ahli

Ada sejumlah pengertian dari para ahli mengenai spionase, antara lain:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...