Investor Adalah Pelaku Investasi Usaha, Berikut Arti dan Jenisnya

Image title
8 Februari 2022, 09:15
Investor Uang Kripto, Chef Arnold Poernomo. Investor adalah istilah bagi mereka yang menanamkan modal pada sebuah bisnis dan berharap nominal yang diberikan dapat berkembang.
Katadata
Investor Uang Kripto, Chef Arnold Poernomo

Di era ekonomi modern saat ini, banyak kaum muda yang mulai menggeluti pendidikan finansial. Salah satunya adalah pendidikan dalam bidang investasi. Pendidikan ini menuntut seseorang untuk menanamkan uang mereka di salah satu industri dengan harapan akan ada balik modal yang berkembang dari hasil usaha.

Adapun mereka yang melakukan investasi dikenal dengan istilah investor. Investor adalah istilah bagi mereka yang menanamkan modal pada sebuah bisnis dan berharap nominal yang diberikan dapat berkembang. Umumnya, di setiap industri tentu ada yang mengisi posisi ini, baik itu perseorangan maupun secara kelompok.

Walaupun secara jenis pekerjaan nampak serupa, namun ada beberapa jenis investor yang nantinya bisa disesuaikan dengan jenis sebuah bisnis. Berikut penjelasannya yang dihimpun dari situs informasi ruangmenyala.com.

Penjelasan Singkat Tentang Investor

Secara singkat investor adalah individu, sekelompok orang, lembaga, atau bahkan perusahaan yang melakukan sebuah investasi. Atau di sisi lain, dapat diartikan pula bahwa investor adalah seseorang atau perseroan yang menanamkan sejumlah modal dan mengharapkan sebuah keuntungan atau imbal hasil dari investasi yang sudah dilakukan.

Tidak berhenti di situ saja mengenai makna investor, pengertian investor ini juga bisa diartikan dari jangka waktu penyimpanan investasinya. Seorang investor adalah mereka yang berorientasi pada pendanaan berperiode panjang, sedangkan jika berfokus pada investasi jangka pendek, disebut sebagai trader.

Jumlah para investor dari kalangan anak muda mengalami peningkatan signifikan. Dikutip dari data Bursa Efek Indonesia, jumlah investor di Indonesia pada tahun 2021 naik 2 kali lipat jika dibandingkan tahun 2020.

Dari catatan itu, disebutkan bahwa jumlah investor di Indonesia per tanggal 31 Agustus 2021 meningkat hingga 2.219.712. Jadi bila diakumulasikan secara menyeluruh, jumlah investor di Indonesia saat ini adalah sebesar 6.100.525. Jumlah kenaikan itu salah satunya dipengaruhi oleh akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan orang di rumah saja, dan belajar banyak hal terutama yang bersumber dari internet.

Aneka Ragam Jenis Investor

Ada berbagai macam jenis investor yang terbagi sesuai bidangnya, antara lain:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...