Biaya Variabel Adalah Pengeluaran Biaya Dinamis, Ini Penjelasanya

Image title
17 Februari 2022, 16:53
Biaya Variabel Adalah Pengeluaran Biaya Dinamis, Ini Penjelasanya
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Pegawai menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Saat sebuah perusahaan atau unit usaha menjalankan kegiatan produksi, umumnya mereka akan mengeluarkan biaya variabel. Biaya variabel adalah istilah umum yang digunakan dalam aktivitas tersebut.

Biaya variabel adalah cost perusahaan yang dapat berubah baik itu naik atau turun, sesuai dengan volume produksi perusahaan. Misalnya, cost yang dialokasikan untuk membeli bahan baku. Biayanya akan berubah tergantung pada jumlah barang yang diproduksi.

Untuk mengetahui lebih jauh soal apa itu biaya variabel dan contoh bentuk biaya variabel, simak rangkuman pembahasannya berikut ini.

Definisi Biaya Variabel

Perusahaan yang bergerak dalam bidang barang maupun jasa pastinya sudah mengalokasikan biaya untuk kegiatan produksinya. Istilah yang lazim digunakan pada aktivitas produksi ini yaitu biaya tetap dan biaya variabel.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), biaya variabel adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan dan besarannya bergantung pada volume kegiatan usaha. Biaya ini sangat penting karena digunakan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis sebuah perusahaan.

Biaya variabel bisa diartikan sebagai istilah akuntansi yang digunakan saat menghitung biaya produksi perusahaan. Menentukan biaya variabel adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena terlibat dalam operasi bisnis untuk menjaga efisiensi dan profitabilitas.

Melansir dari Ocbcnisp.com, biaya variabel adalah pengeluaran perusahaan dengan jumlah dinamis. Besarannya mengikuti peningkatan dan penurunan penjualan atau kegiatan operasional lainnya. Artinya, biaya variabel tersebut didasarkan atas volume kegiatan perusahaan.

Biaya variabel dapat disebut biaya yang berubah sesuai dengan besarnya produksi. Dalam jurnal Analisis Cost-Volume-Profit Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba (Multi Produk) Pada Perusahaan Pia Latief Kediri, disebutkan bahwa biaya variabel adalah biaya yang jumlahnya berubah secara proporsional terhadap perubahan tingkat aktivitas.

Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan kalau biaya variabel adalah biaya yang jumlahnya sebanding dengan perubahan volume kegiatan sebuah perusahaan atau badan usaha. Biaya ini bisa meningkat ketika volume aktivitas meningkat dan menurun ketika volume aktivitasnya menurun.

Perbedaan Biaya Variabel dan Biaya Tetap

Meski memiliki peranan penting khususnya pada kegiatan produksi barang dan jasa, biaya variabel serta biaya tetap adalah dua istilah yang sangat berbeda. Merujuk dalam buku Meningkatkan Laba Melalui Pendekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Keuangan, dijelaskan biaya variabel adalah biaya yang dalam rentang waktu dan sampai batas-batas tertentu jumlahnya berubah-ubah secara proporsional.

Sementara itu menurut BDC, biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah ketika penjualan atau volume produksi meningkat maupun menurun. Sebab, biaya ini tidak secara langsung terkait dengan pembuatan produk atau pemberian layanan. Akibatnya, biaya tetap dianggap sebagai biaya tidak langsung.

Berbeda dengan biaya tetap, biaya variabel adalah istilah yang memiliki makna serupa dengan biaya langsung. Biaya variabel cenderung berubah tergantung pada kuantitas output. Dengan kata lain, peningkatan output meningkatkan biaya, sedangkan penurunan output menyebabkan penurunan biaya. 

Dilansir dari situs Freshbooks.com, berikut sejumlah perbedaan yang ada antara biaya variabel dan biaya tetap:

Perbedaan Bentuk

Dalam akuntansi biaya tetap adalah biaya konstan. Bentuknya misalnya seperti gaji bulanan karyawan dan atau pemberian sewa, modal, asuransi dan sebagainya.

Sedangkan biaya variabel adalah biaya yang berubah secara langsung dengan pengeluaran. Ketika output adalah nol, biaya variabel akan menjadi nol. Beberapa bentuk dari biaya variabel di antaranya seperti Komisi penjualan, biaya kartu kredit, upah staf paruh waktu, dan sebagainya.

Perbedaan Waktu

Biaya tetap adalah biaya yang tetap konstan untuk jangka waktu tertentu terlepas dari tingkat pengeluarannya. Biaya tetap juga dikenal sebagai biaya overhead, biaya periode atau biaya tambahan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...