6 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil Beserta Kandungan Gizinya

Image title
2 Maret 2022, 09:51
6 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil Beserta Kandungan Gizinya
Pexels.com

Saat masa kehamilan, calon buah hati harus mendapatkan asupan gizi yang baik sehingga pertumbuhan dan perkembangannya tidak terganggu. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan agar mengkonsumsi buah serta sayuran segar. Contohnya seperti buah pisang.

Manfaat pisang untuk ibu hamil sangatlah banyak. Mulai dari mendukung perkembangan sistem saraf bayi di dalam kandungan, hingga meredakan mual saat masa awal kehamilan.

Advertisement

Penasaran dengan manfaat pisang untuk ibu hamil yang lainnya? Simak pembahasannya berikut ini.

Kandungan Gizi Pisang

Pisang adalah buah tropis yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini diketahui berasal dari kawasan Asia Tenggara (termasuk Indonesia) yang kini sudah menyebar ke benua Amerika dan Afrika.

Buah pisang dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Buah pisang termasuk buah herba yang setiap bagiannya bisa dimanfaatkan.

Buah pisang kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pisang juga kerap dikonsumsi oleh ibu hamil karena khasiat baiknya.

Manfaat pisang untuk ibu hamil berasal dari kandungan karbohidrat, serat, protein, dan vitamin. Jika dikonsumsi teratur, nutrisi tersebut akan membantu perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Melansir Healthline, pisang adalah sumber nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Di dalam pisang terdapat kandungan kalium, vitamin B6, vitamin C, dan serat. Melihat kandungan ini saja, bisa dikatakan kalau manfaat pisang untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi.

Menurut Harvard TH Chan (School of Public Health), pisang merupakan sumber vitamin B6, serat, kalium, magnesium, vitamin C, dan mangan. Dalam satu porsi, atau satu pisang matang sedang menyediakan sekitar 110 kalori, 0 gram lemak, 1 gram protein, 28 gram karbohidrat, 15 gram gula (alami), 3 gram serat, dan 450 mg kalium.

Salah satu contoh paling umum yang bisa dilihat dari manfaat pisang untuk ibu hamil adalah seratnya, yang bisa membantu pencernaan ibu hamil. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health pada tahun 2004, menunjukan bahwa vitamin B6 di dalam buah pisang mampu membantu meredakan mual dan muntah di awal masa kehamilan.

Tidak hanya manfaat pisang untuk ibu hamil, buah ini juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Pisang yang bergizi pernah menyandang gelar salah satu “superfood" pertama , yang didukung oleh American Medical Association pada awal abad ke-20. Pisang dianjurkan sebagai makanan kesehatan untuk anak-anak dan pengobatan penyakit celiac.

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Manfaat pisang untuk ibu hamil di antaranya yaitu meredakan rasa mual saat masa awal kehamilan. Di Amerika Serikat, pisang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil sekitar tiga sampai empat porsi setiap harinya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement