5 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Image title
2 Desember 2021, 09:29
Ilustrasi lima manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kandungan dan janin.
NipananLifestyle/Pexels
Ilustrasi lima manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kandungan dan janin.

Masa-masa kehamilan menjadi suatu hal yang ditunggu banyak pasangan suami istri. Masa tersebut merupakan hasil dari pembuahan, dimana jutaan sel sperma akan bersaing menuju sel telur sambil mengeluarkan enzim yang dapat membuat salah satu sperma berhasil sampai tujuan, yaitu sel telur. Disaat pembuahan, akan terjadi perubahan kimiawi yang mencegah sperma lainnya memasuki sel telur.

Perjalanan dalam proses tersebut akan terus mengalami perkembangan hingga seluruh sel terbelah dan mencapai 30. Kemudian kumpulan sel ini dinamakan dengan nama morula. Adapun morula yang telah mencapai lapisan rahim akan tertanam pada lapisan endometrium. Kelompok sel yang berkembang ini akan semakin matang dan menjadi blastokista, sekaligus akan menstimulasi terjadinya perubahan dalam tubuh calon ibu, termasuk berhentinya siklus menstruasi.

Selama masa kehamilan tersebut sang ibu dan juga janin yang ada dalam kandungan harus semakin hati-hati. Karena ada banyak penyakit yang rawan untuk menghampiri. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi air kelapa yang memiliki beragam manfaat.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangatlah beragam. Mulanya air kelapa dikenal sebagai minuman pengganti elektrolit untuk orang-orang dengan sakit perut atau dehidrasi yang parah.

Kandungan Air Kelapa Sebagai Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Dalam setiap satu cangkir yang setara dengan 240 mililiter ir kelapa murni, terkandung 46 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

  • Karbohidrat. 
  • Serat. 
  • Protein. 
  • Vitamin C. 
  • Mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium. 
  • Antioksidan. 

Kandungan nutrisi tersebut sangatlah bermanfaat bagi ibu hamil. Selain itu air kelapa juga ditunjang dengan kandungan mineral, yaitu magnesium, kalium, dan kalsium.

Ragam Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Dari kandungan nutrisi tersebut, ada banyak manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang dikutip dari Alodokter.com:

1. Menjadi Asupan Cairan Tambahan Ibu Hamil

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama adalah memenuhi asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tak hanya air putih, air kelapa juga dapat ibu hamil konsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, ibu hamil akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...