Cara Jualan di Bukalapak untuk Pemula dengan Mudah dan Menguntungkan

Cara jualan di bukalapak tidaklah sulit. Anda bahkan berkesempatan untuk mendapatkan berbagai promo khusus untuk seller.
Image title
22 November 2021, 10:14
Cara Jualan di Bukalapak untuk Pemula dengan Mudah dan Menguntungkan
Bukalapak
Ilustrasi seller sedang melakukan promosi produk di Bukalapak

Perkembangan teknologi membuat praktik jual beli semakin mudah. Bukalapak menjadi salah satu e-commerce yang banyak digunakan untuk berdagang. Cara jualan di Bukalapak cukup mudah sehingga banyak penjual yang merasa tebantu dengan adanya platform ini.

Seperti marketplace lain, Bukalapak juga menghadirkan berbagai keuntungan untuk seller yang memiliki toko di Bukalapak. Bagaimana cara buka toko di Bukalapak? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Berjualan di Bukalapak untuk Pemula

Untuk berjualan di platform jual beli ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftar melalui website Bukalapak. Adapun langkah-langkah untuk berjualan di marketplace ini, sebagai berikut.

1. Kunjungi Situs Bukalapak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengunjungi situs bukalapak.com. Setelah itu, Anda bisa klik opsi “Daftar” yang ada di bagian kanan atas. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman pendaftaran selanjutnya.

2. Mengisi Formulir

Cara berjualan di Bukalapak berikutnya yaitu isi formulir pendaftaran. Masukan data penting seperti nama lengkap, email atau nomor handphone, jenis kelamin, dan data penting lain.

3. Pilih Nama Toko

Tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan ketika ingin berjualan di Bukalapak yaitu membuat nama toko. Gunakan nama yang mudah diingat dan unik. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah orang mengetahui toko online milik Anda.

4. Buat Password

Cara jualan di Bukalapak berikutnya yaitu buat password untuk akun toko online tersebut. Gunakan password yang sulit namun mudah diingat.

5. Baca Syarat dan Ketentuan

Jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Setelah itu klik kolom check list di kolom “Setuju”.

6. Klik Daftar

Baca kembali seluruh data yang telah Anda isi. Kemudian klik opsi “Daftar”. Kemudian pendaftaran telah selesai.

7. Konfirmasi E-mail

Cara jualan di Bukalapak yang terakhir yaitu konfirmasi email dengan cara buka email kemudian klik opsi “konfirmasi e-mail”. Setelah itu, akun Anda sudah bisa digunakan untuk berjualan.

8. Lengkapi Profil Toko

Setelah akun terbuat, Anda bisa langsung melengkapi profil toko. Anda bisa masuk ke menu “Pengaturan” kemudian isi seluruh data yang dibutuhkan.

Anda bisa memasukan syarat pengiriman, pembayaran, jumlah produk, dan lain sebagainya. Buat akun semenarik mungkin agar banyak pengguna Bukalapak yang tertarik berkunjung.

9. Mengunggah Foto Produk

Membuat katalog produk menjadi cara jualan di Bukalapak selanjutnya. Anda bisa mengunggah foto produk di kolom yang tersedia.

Gunakan foto yang berkualitas baik dan menarik. Anda juga harus melengkapi deskripsi produk untuk memberikan informasi kepada pembeli. Setelah katalog selesai dibuat, kini Anda bisa mulai mempromosikan produk yang Anda jual di e-commerce ini.

Keuntungan Berjualan di Bukalapak

Selain cara jualan di Bukalapak yang mudah, Anda juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan sebagai seller Bukalapak. Mengutip dari seller.bukalapak.com, berikut beberapa keuntungan jualan di Bukalapak.

1. Pembeli Potensial

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan yaitu bisa mendapatkan akses gratis ke banyak pengguna. Seller Bukalapak memberikan akses gratis ke lebih dari 100 juta pengguna marketplace ini.

2. Logistik Lengkap

Saat berjualan di Bukalapak, Anda juga berkesempatan mendapatkan logistik berupa ekspedisi yang lengkap. Ekspedisi tersebut  mempermudah Anda mengirimkan barang ke seluruh Indonesia.

3. Komunitas Penjual

Dengan berjualan di Bukalapak, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas pelapak. Di dalam komunitas tersebut terdapat 30 ribu seller. Anda bisa bergabung dalam komunitas tersebut untuk berbagai informasi dan pengalaman satu dengan lainnya.

4. Memiliki Channel Jualan

Keuntungan lain ketika berjualan di Bukalapak yaitu bisa memasang lapak atau tempat jualan di berbagai channel. Hal tersebut membuat Anda bisa memperluas pasar dengan mudah.

Program Super Seller

Bukalapak juga menyediakan program menarik untuk para seller. Program tersebut bernama super seller. Ada beberapa keuntung ekslusif ketika Anda mengikuti program ini. Beberapa keuntungan yang akan didapatkan, antara lain:

  1. Flash deal : program promo yang menawarkan produk menarik dengan harga murah di waktu tertentu.
  2. Campaign besar: secara otomatis terdaftar di campaign besar Bukalapak seperti 10:10, 11:11, dan sejenisnya.
  3. Program gratis ongkir.
  4. Bonus budget promosi: pelapak bisa mendaptakan bonus 5% setiap top up budget promosi.
  5. Voucher khusus: Anda bisa memasang voucher gratis ongkir dan cashback di toko yang Anda miliki. Tujuannya untuk menarik pembeli untuk belanja di toko online milik Anda.
  6. Statistik penjualan: program super seller memberikan Anda akses fitur statistik penjualan. Fitur ini berguna untuk melihat transaksi penjualan, jumlah push, dan jumlah promoted push yang telah dilakukan.
  7. Menyebarkan promosi: fitur ini mempermudah pelapak mempromosikan produknya kepada calon pembeli.
  8. Kata kunci populer: fitur ini sangat membantu seller untuk meningkatkan eksistensi produk yang dijual. Dengan menyematkan kata kunci populer, maka produk yang dijual bisa mudah ditemukan pembeli.
  9. Prioritas pencarian: dengan mengikuti program super seller, toko Anda bisa diprioritaskan di menu pencairan. Dengan demikian, kesempatan menjual produk menjadi lebih tinggi.
  10. Pantau saingan: Anda juga berkesempatan menggunakan fitur ini ketika ikut program super seller. Pantau saingan akan mempermudah Anda untuk mengetahui pesaing dari toko Anda di Bukalapak.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait