Wacana Amendemen UUD 1945 Dinilai Mengancam Ideologi Bangsa

Image title
19 Oktober 2019, 13:54
amendemen uud 1945, ideologi, pancasila
Katadata | Arief Kamaludin
Gedung MPR/DPR

Beberapa pengamat politik menilai Pemilu 2019 tidak hanya pertarungan antar partai politik, melainkan pertarungan dua ideologi yang sangat berpengaruh di Indonesia. Beberapa agenda besar yang mengancam ideologi bangsa seperti adanya rencana amendemen UUD 1945 yang sebagian partai politik telah menyetujuinya.

"Adanya rencana untuk mengamendemen UUD 1945 itu merupakan skenario yang lebih besar dari misteri penyusunan kabinet pembantu Jokowi, di mana UUD 1945 mengatur tentang masa jabatan presiden cara pemelihannya," ujar pengamat politik, Hendro Satrio saat menjadi pembicara dalam diskusi bertema "Teka-Teki Menteri dan Koalisi" di Jakarta, Sabtu (19/10).

Menurutnya, rencana amendemen tersebut dapat menjadikan Indonesia kembali ke masa lalu, baik itu rezim Orde Baru maupun Orde Lama. Jika terjadi, berarti demokrasi Indonesia teracam dan mengalami kemunduran.

(Baca: Ketua MPR Sebut Amendemen UUD Tak Ubah Mekanisme Pemilihan Presiden)

Sedikitnya partai oposisi di Indonesia membuat prisip chek and balance yang diperlukan untuk menjaga kesehatan demokrasi tidak terjadi. Teori Trias Politika di Indonesia juga tidak akan berjalan karena sedikitnya partai oposisi, sehingga yang dianggap sebagai trias politika yaitu negara, rakyat dan pasar, bukan legislatif, eksekutif dan yudikatif.

"Bisa jadi nanti oposisinya hanya akademisi, rakyat dan mahasiswa," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...