Pemerintah Ajak Swasta Garap 3 Proyek Air Minum

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2018, 18:30
PUPR
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyiapkan tambahan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang akan digarap swasta dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Salah satu proyek yang ditawarkan adalah SPAM Jatigede di Jawa Barat.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo mengatakan SPAM tersebut akan melayani penyaluran air di wilayah Kabupaten Indramayu serta Kota dan Kabupaten Cirebon (Cirebon Raya). Kini pihaknya sedang menyiapkan studi kelayakan untuk penyelenggaran SPAM dengan skema KPBU ini.

"Kami jajaki dan dorong untuk Jatigede," kata Sri Hartoyo di kantornya, Jakarta, Selasa (6/2). (Baca: Pemerintah Lirik Dana Filantropi untuk Proyek Air Bersih dan Sanitasi)

Dia memastikan keberadaan pembangkit listrik di Bendungan Jatigede tidak akan terganggu dengan adanya SPAM ini. Air  dari Bendungan Jatigede yang dipasok kebutuhan SPAM ini adalah sisa air yang telah dialirkan untuk menggerakan turbin pembangkit listrik.

Bendungan Jatigede  memiliki kapasitas saluran air 4.468 meter per detik dan pembangkitnya memiliki kapasitas listrik 2x55 megawatt. Bendungan yang diresmikan pada 2015 ini dibangun di atas lahan seluas 5.000 hektare dengan ketinggian air maksimal 260 meter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...