Floating Market Lembang Destinasi Wisata Unik

Siti Nur Aeni
8 Juni 2021, 18:18
Floating market lembang
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.
Wisatawan berfoto di salah satu danau buatan di tempat Wisata Floating Market, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (26/12/2020). Memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021, wisata Floating market mulai dipadati wisatawan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Sekilas Tentang Floating Market Lembang

Floating Market Lembang atau pasar apung menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan di Lembang, Bandung. Tepatnya di Jl. Grand Hotel Nomor 33 E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat wisata alam yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, selain pasar apung, pemandangan juga yang memesona.

Pasar apung yang berada di atas danau tersebut menjajakan berbagai pilihan kuliner yang dapat kamu cicipi. Tidak hanya kuliner, di pasar apung ini juga tersedia berbagai jenis sayuran yang dapat kamu beli sebagai buah tangan atau untuk kebutuhan rumah.

Floating Market Lembang ini masuk dalam kategori tempat wisata kuliner, wisata pendidikan atau edukasi, dan area bermain. Floating market ini mulai dibuka sebagai tempat wisata sejak awal bulan Desember 2012.

Dibangun diatas danau alami yang dikenal dengan sebutan Situ Umar. Sebelum menjadi floating market, danau ini biasa digunakan sebagai tempat pemancingan. Berdiri di atas lahan dengan luas 7.2 hektar, tempat wisata ini memiliki konsep yang unik dan tak biasa. Didukung dengan pemandangan alam yang indah membuat tempat wisata ini terus bertransformasi menjadi tempat wisata yang menarik banyak wisatawan.

Akses Mudah Floating Market Lembang

Salah satu yang menjadi pertanyaan ketika hendak mengunjungi sebuah tempat wisata adalah akses jalan yang harus dilalui. Untuk tempat wisata Floating Market Lembang ini aksesnya cukup mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportai umum. Jalur yang dapat kamu pilih adalah melalui jalur Cipaganti, Setiabudhi, Ledeng, atau Lembang. Jika dari arah Subang, kamu bisa melewati jalur Ciater.

Untuk transportasi publik, kamu dapat menggunakan angkutan umum rute Bandung – Lembang atau rute Ciroyom – Lembang. Jika kamu hendak menggunakan angkutan jurusan Bandung – Lembang, sangat disarankan untuk pergi dari pagi hari. Karena menjelang siang, biasanya  rute ini sangat ramai.

Wahana dan Fasilitas Floating Market Lembang

Ketika datang ke sebuah tempat wisata, pasti kita akan mempertimbangkan wahana dan fasilitas yang tersedia di tempat tersebut. Ditempat wisata ini terdapat beberapa wahana dan fasilitas yang kamu coba.

1. Factory Outlet

Biasa dikenal dengan sebutan Factory Outlet Farmhouse. Di tempat ini kamu dapat menemukan susu Lembang asli dan beberapa souvenir yang dapat kamu beli sebagai buah tangan, seperti kaos, celana, topi, dan beberapa pernak pernik lainnya. Factory outlet ini buka sepanjang hari, sehingga ketika kamu datang berkunjung jam berapa pun dapat mampir ke tempat ini untuk berbelanja.

2. Floating Market

PENUTUPAN TEMPAT WISATA DI KAWASAN LEMBANG
Floating Market Lembang (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.)

 

Daya tarik utama dari tempat wisata Floating Market Bandung adalah pasar apung yang tak ditemui di tempat wisata lainnya. Pasar apung ini akan membawa kamu berada di sensasi belanja yang berbeda dengan belanja di pasar pada umumnya. Kamu dapat membeli berbagai jenis kuliner seperti rujak, kebab, wedang ronde, batagor, dan beberapa jananan yang menggiurkan lainnya. Ada juga sayur mayur.

Yang menjadikan floating market ini semakin unik adalah alat pembayarannya. Sebelum berbelanja kamu akan diminta menukarkan uang rupiah dengan koin khusus yang dijadikan sebagai alat pembayaran di tempat ini.

Selain berbelanja, kamu juga dapat mencoba beberapa wahana lainnya seperti wahana air yang ada di danau tersebut dan Rainbow Garden yang dapat kamu jadikan tempat berswafoto (selfie). Suasana Rainbow Garden tersebut akan membuat anda merasa tengah berada di negeri sakura Jepang. Untuk kamu yang memiliki kegemaran fotografi, di tempat ini banyak spot foto menarik yang dapat kamu abadikan dengan menggunakan lensa kamera.

3. Swimming Pool Floating & Hijab

Kamu memiliki hobi berenang? Tenang saja karena di tempat wisata ini juga tersedia kolam renang yang dapat kamu jelajahi. Bahkan, terdapat kolam renang khusus untuk kamu yang berhijab yaitu kolam renang indoor atau dalam ruangan. Hanya perempuan yang boleh masuk ke kolam renang ini.

Jika kamu berenang di tempat wisata ini kamu akan disuguhkan dengan cuaca yang sangat nyaman karena tempat ini berada di bawah kaki Gunung Tangkuban Perahu. Air yang segar dan udara yang masih bersih berpadu dengan pemandangan yang sangat indah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...