Wisata Alam Kawah Putih Bandung

Siti Nur Aeni
9 Juni 2021, 09:55
potret wisata kawah putih bandung
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Wisatawan menikmati suasana wisata alam Kawah Putih di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (22/6/2020). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menurunkan target wisatawan mancanegara pada tahun ini sebanyak 2,8 hingga empat juta orang dari target sebelumnya yang mencapai 18 juta wisatawan, sedangkan wisatawan domestik sebanyak 120 hingga 140 juta wisatawan dari target sebelumnya yang mencapai 300 juta orang.

Mengenal Wisata Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung terkenal dengan keunikannya yang memiliki air berwarna putih menyerupai kapur. Kawah ini merupakan hasil fenomena alam akibat letusan Gunung Patuha. Letusan ini menghasilkan kawah yang sangat luas dengan keunikan air berwarna putih karena kandungan belerang yang cukup tinggi. Bukan hanya belerang, unsur kimia lainnya juga turut berperan dalam pembentukan warna air kawah ini.

Gunung Patuha meletus pada abad ke-10 dan abad ke-12. Letusan tersebut memberikan pengaruh besar terhadap lingkungan di sekitar gunung tersebut. Awalnya kawah ini bukanlah destinasi wisata andalan di daerah tersebut. Namun pada 1987, ahli geoligi Franz Wilhelm Junghuhn memulai penelitian di puncak Gunung Putuha. Dalam perjalanan risetnya, ia menemukan kawah di daerah gunung tersebut dengan warna yang sangat indah. Aroma belerang yang ada di kawah tersebut juga sangat menyengat.

Para masa penjajahan Belanda, didirikan pabrik kapur didekat kawah tersebut. Pemerintahan Belanda menilai kawah tersebut memiliki potensi kandungan kapur yang sangat tinggi. Setelah Belanda sudah tidak lagi berkuasa di Indonesia, pabrik kapur ini ternyata masih aktif beroperasi di bawah pemerintahan Jepang. Singkat cerita, setelah Indonesia berhasil merdeka tempat ini mulai dilirik sebagai tempat wisata, dan terus berkembang hingga saat ini.

Terlepas dari sejarah awal mula terbentuknya tempat wisata Kawah Putih Bandung, tempat ini juga tidak bisa lepas dari legenda dan juga cerita rakyat didalamnya. Sebagaimana tempat legendaris lainnya, kawah putih ini juga dibumbui dengan cerita rakyat yang banyak dipercaya masyarakat sekitar.

Sebelum adanya penelitian yang dilakukan oleh ahli geologi tersebut, masyarakat sekitar percaya tempat tersebut dikeramatkan. Hal tersebut dipercaya karena di tempat tersebut tidak temui hewan, berbeda dengan daerah pegunungan lainnya. Masyarakat sekitar percaya di tempat tersebut terdapat sebuah makam leluhur yang dikeramatkan. Makanya, sampai kini masih banyak masyarakat yang melakukan ritual di tempat tersebut.

Akses Menuju Lokasi Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung berada di Sugihmukti, tepatnya di wilayah Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Lokasinya cukup strategis untuk siapa saja yang hendak berkunjung ke tempat wisata ini. Terdapat beberapa alternatif kendaraan yang dapat kamu pakai ketika hendak mengunjungi tempat ini.

Cara yang pertama, dengan mengendarai kendaraan pribadi. Kamu dapat melewati jalur dari Tol Kopo atau jalur Tol Purbaleunyi. Kemudian melewati jalan Kopo – Soreang. Jika sudah masuk ke jalan Soreang kamu akan menemukan petunjuk jalan menuju wilayah Ciwidey. Dengan mengikuti petunjuk jalan tersebut kamu akan dengan mudah menemukan pintu masuk kawasan wisata kawah putih ini.

Cara kedua, menggunakan transportasi punlik atau angkutan umum. Untuk menuju kawasan Kawah Putih Bandung, kamu dapat memulai perjalanan dari terminal Leuwi Panjang di kota Bandung. Angkutan umum jenis L300 akan mengantarkan kamu ke Ciwidey.

Setelah sampai di Ciwidey, kamu dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum berwarna kuning menuju Situ Patenggang. Angkutan umum tersebut dapat dijumpai di pintu gerbang tempat wisata kawah putih. Menggunakan mode transportasi umum memang cukup merepotkan, namun saat ini juga sudah banyak mode transportasi online yang dapat kamu gunakan ketika hendak berwisata di tempat tersebut.

Aktivitas Menyenangkan Di Kawah Putih Bandung

Ketika datang ke tempat wisata yang satu ini, kamu tidak hanya disuguhi pemandangan indah dan memesona. Namun kamu juga akan diberi beberapa pilihan aktivitas menyenangkan yang dapat kamu lakukan saat berkunjung ke tempat ini. Berikut adalah beberapa referensinya:

1. Ekplorasi Pemandian Air Panas

Kegiatan menyenangkan pertama yang dapat kamu lakukan saat mengunjungi tempat wisata alam dikawasan Ciwidey adalah eksplorasi pemandian air panas, seperti tempat wisata yang berada di kaki pegunungan lainnya.

Air panas yang digunakan untuk pemandian ini berasal dari pegunungan asli dan panasnya pun berasal dari panas bumi, sehingga ketika berendam di tempat ini tubuh akan terasa lebih segar. Tidak hanya itu, kandungan belerang yang cukup tinggi di tempat ini juga sangat bagus untuk kulit. Tak heran jika banyak orang datang berendam di tempat ini, berharap mendapatkan efek menyehatkan pada kulit mereka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...