Film 'Perang Kota' Mendapat Pendanaan dari Empat Negara

Safrezi Fitra
26 Mei 2021, 10:55
film, film perang kota, pembiayaan produksi film, film indonesia, streaming film, nonton film, indoxx1, industri film
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Pengunjung melintas di depan jadwal film yang akan diputar di salah satu bioskop di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (4/11/2020).

Film terbaru yang disutradarai Mouly Surya, "Perang Kota" mendapat pembiayaan dari empat negara yakni Norwegia, Belanda, Filipina dan Singapura. Perang Kota merupakan proyek film Indonesia pertama yang mendapatkan skema pembiayaan dari Kementerian Luar Negeri Norwegia.

Tahun lalu proyek film Perang Kota terpilih mengikuti Locarno Open Doors yang dilaksanakan secara daring. Dalam project market tersebut, "Perang Kota" mendapatkan Sorfond Awards untuk bisa mengikuti Sorfond Pitching Forum 2020.

Advertisement

"Setelah pithcing forum, Cinesurya (rumah produksi) menyepakati kerja sama co-produksi dengan produser Linda Bolstad Stronen dan Ingrid Lill Hogtun dari DUOfilm," ujar Rama Adi, produser Cinesurya, seperti dikutip Antara, Rabu (26/5).

Sorfond baru saja mengumumkan proyek film Perang Kota mendapatkan dukungan pembiayaan ko-produksi internasional Sorfond yang dikelola oleh the Norwegian Film Institute dan Films from the South Festival (Oslo Festival Agency).

Juri Sorfond mengatakan cerita dalam film Perang Kota cukup kuat menggambarkan masyarakat dalam kekacauan dan kebingungan kolektif, mengaburkan garis antara benar dan salah, kawan dan lawan. Ini merupakan sebuah film perang epik yang akan membawa udara segar secara visual dan menggambarkan Perang Dunia II dari perspektif non-Barat.

"Dengan pendekatan visual yang kuat dan karakter yang memukau, skrip yang lugas namun mendebarkan, (film) ini akan menggambarkan perjuangan postkolonial dan lahirnya bangsa Indonesia modern," ujar isi pernyataan resmi juri Sorfond tentang film Perang Kota.

Sorfond bertujuan membantu memperkuat film sebagai ekspresi budaya, mempromosikan keragaman, integritas artistik, dan memperkuat kebebasan berbicara di negara berkembang. Sorfond juga memberikan kontribusi untuk kerjasama yang lebih erat antara industri film Norwegia dan internasional.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement