Daya Tarik Wisata Pemandian Air Panas Ciater

Siti Nur Aeni
8 Juni 2021, 14:35
ciater, ciater subang, pemandian air panas ciater, ciater bandung, ciater highland resort, biaya masuk ciater
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Pemandangan indah dan memesona di kawasan Ciater, Jawa Barat.

Wisata Alam di Ciater Subang

Ciater merupakan kecamatan yang berada di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 26 kilometer (km) dari pusat Kabupaten Subang. Secara geografis, kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat. Kondisi geografis dari tempat ini termasuk dalam kondisi perbukitan yang berada di ketinggian 450 - 1800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tempat ini juga sering menjadi singgahan banyak wisatawan yang berkunjung ke wilayah Bandung dan sekitarnya. Salah satu magnet yang membuat banyak orang datang ke tempat ini adalah pemandian air panas.

Advertisement

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas Ciater ini banyak didatangi wisatawan dari luar kota maupun wisatawan dari daerah sekitar. Airnya memiliki suhu bekisar 43 - 46 derajat celcius. Air panas ini asli dari daerah pegunungan, sehingga rasanya akan sangat segar jika kamu berendam di tempat ini.

Berbeda dengan tempat wisata lain yang memiliki jam operasional tertentu, tempat wisata ini buka selama 24 jam non stop. Sehingga kamu bisa datang kapan pun untuk menikmati pemandian air panas ini.

Di saat pandemi, tempat wisata ini tetap buka dengan berbagai protokol kesehatan yang cukup ketat. Pengelola aktif melakukan berbagai sosialisasi tentang protokol kesehatan yang berlaku di tempat ini kepada pengunjungnya. Selama pandemi, jumlah pengunjung turun drastis. 

Lokasi Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas ini berada di lereng Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di tepi Jalan Raya Subang. Lokasinya sangat strategis, membuat siapa saja dapat dengan mudah menemukan tempat ini. Terlebih tempat ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat sekitar. Jika bingung, kamu dapat bertanya kepada masyarakat sekitar untuk menunjukkan lokasinya.

Jika kamu berangkat dari arah Jakarta, kamu dapat melewati jalur Puncak untuk menjangkau lokasi tersebut. Jarak tempuh dari ibu kota kurang lebih 212 km dan waktu kurang lebih 5 jam. Agar tidak membutuhkan waktu lebih lama, pengunjung disarankan datang pada hari biasa atau weekdays, sehigga jalannya relatif lancar.

Sementara jika berangkat dari Bandung, kamu dapat menggunakan mode transportasi umum yang mengarah ke Lembang. Dengan menggunakan mode transportasi umum, biaya transportasi akan lebih murah.

Fasilitas Yang Ada di Pemandian Air Panas Ciater Subang

Beberapa fasilitas di Ciater akan membuat liburan kamu semakin menyenangkan. Kamu juga dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan penat. Fasilitas alami yang ada di tempat ini adalah pemandangan indah yang menyegarkan mata.

Selayaknya pemandian alam lainnya, pemandian air panas Ciater Subang dikelilingi pohon rindah yang membuat tempat tersebut sangat teduh. Dipadukan dengan hangatnya air, membuat siapa saja merasa nyaman. Di dekat tempat ini juga ada aliran sungai sepanjang 2 km. Sungai-sungai tersebut mengarah ke sawah-awah warga dan membuat pemandangan asri di tempat ini semakin terasa.

Sementara fasilitas buatan yang ada di tempat ini di antaranya kolam dengan air panas, taman bermain anak, wisata arung jeram, fasilitas olahraga, penginapan, rumah makan, dan lain sebaginya. 

Kegiatan Seru di Pemandian Air Panas Caiter Subang

Sudah mengetahui beberapa fasilitas yang disediakan pengelola tersebut, kini waktunya kamu untuk menentukan kegiatan atau altivitas seru yang akan kamu lakukan saat berkunjung ke tempat ini. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan seru jika kamu berkunjung ke pemandian air panas Ciater Subang atau Ciater Bandung ini.

Berendam di Pemandian Air Panas

Seperti namanya, sudah pasti disini ada kolam yang berisi air panas untuk atau mungkin hanya sekadar mandi. Air yang ada di tempat ini berasal dari  mata air yang berada kaki Gunung Tangkuban Perahu, sehingga kemurnian dan kejernihannya sangatlah alami. Kamu akan merasakan sensasi kesegaran yang berbeda ketika berendam di sini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement