Daya Tarik Wisata Pemandian Air Panas Ciater

Image title
8 Juni 2021, 14:35
ciater, ciater subang, pemandian air panas ciater, ciater bandung, ciater highland resort, biaya masuk ciater
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Pemandangan indah dan memesona di kawasan Ciater, Jawa Barat.

Wisata Alam di Ciater Subang

Ciater merupakan kecamatan yang berada di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 26 kilometer (km) dari pusat Kabupaten Subang. Secara geografis, kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat. Kondisi geografis dari tempat ini termasuk dalam kondisi perbukitan yang berada di ketinggian 450 - 1800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tempat ini juga sering menjadi singgahan banyak wisatawan yang berkunjung ke wilayah Bandung dan sekitarnya. Salah satu magnet yang membuat banyak orang datang ke tempat ini adalah pemandian air panas.

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas Ciater ini banyak didatangi wisatawan dari luar kota maupun wisatawan dari daerah sekitar. Airnya memiliki suhu bekisar 43 - 46 derajat celcius. Air panas ini asli dari daerah pegunungan, sehingga rasanya akan sangat segar jika kamu berendam di tempat ini.

Berbeda dengan tempat wisata lain yang memiliki jam operasional tertentu, tempat wisata ini buka selama 24 jam non stop. Sehingga kamu bisa datang kapan pun untuk menikmati pemandian air panas ini.

Di saat pandemi, tempat wisata ini tetap buka dengan berbagai protokol kesehatan yang cukup ketat. Pengelola aktif melakukan berbagai sosialisasi tentang protokol kesehatan yang berlaku di tempat ini kepada pengunjungnya. Selama pandemi, jumlah pengunjung turun drastis. 

Lokasi Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas ini berada di lereng Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di tepi Jalan Raya Subang. Lokasinya sangat strategis, membuat siapa saja dapat dengan mudah menemukan tempat ini. Terlebih tempat ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat sekitar. Jika bingung, kamu dapat bertanya kepada masyarakat sekitar untuk menunjukkan lokasinya.

Jika kamu berangkat dari arah Jakarta, kamu dapat melewati jalur Puncak untuk menjangkau lokasi tersebut. Jarak tempuh dari ibu kota kurang lebih 212 km dan waktu kurang lebih 5 jam. Agar tidak membutuhkan waktu lebih lama, pengunjung disarankan datang pada hari biasa atau weekdays, sehigga jalannya relatif lancar.

Sementara jika berangkat dari Bandung, kamu dapat menggunakan mode transportasi umum yang mengarah ke Lembang. Dengan menggunakan mode transportasi umum, biaya transportasi akan lebih murah.

Fasilitas Yang Ada di Pemandian Air Panas Ciater Subang

Beberapa fasilitas di Ciater akan membuat liburan kamu semakin menyenangkan. Kamu juga dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan penat. Fasilitas alami yang ada di tempat ini adalah pemandangan indah yang menyegarkan mata.

Selayaknya pemandian alam lainnya, pemandian air panas Ciater Subang dikelilingi pohon rindah yang membuat tempat tersebut sangat teduh. Dipadukan dengan hangatnya air, membuat siapa saja merasa nyaman. Di dekat tempat ini juga ada aliran sungai sepanjang 2 km. Sungai-sungai tersebut mengarah ke sawah-awah warga dan membuat pemandangan asri di tempat ini semakin terasa.

Sementara fasilitas buatan yang ada di tempat ini di antaranya kolam dengan air panas, taman bermain anak, wisata arung jeram, fasilitas olahraga, penginapan, rumah makan, dan lain sebaginya. 

Kegiatan Seru di Pemandian Air Panas Caiter Subang

Sudah mengetahui beberapa fasilitas yang disediakan pengelola tersebut, kini waktunya kamu untuk menentukan kegiatan atau altivitas seru yang akan kamu lakukan saat berkunjung ke tempat ini. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan seru jika kamu berkunjung ke pemandian air panas Ciater Subang atau Ciater Bandung ini.

Berendam di Pemandian Air Panas

Seperti namanya, sudah pasti disini ada kolam yang berisi air panas untuk atau mungkin hanya sekadar mandi. Air yang ada di tempat ini berasal dari  mata air yang berada kaki Gunung Tangkuban Perahu, sehingga kemurnian dan kejernihannya sangatlah alami. Kamu akan merasakan sensasi kesegaran yang berbeda ketika berendam di sini.

Airnya mengandung belerang sehingga dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Namun, karena kandungan belerangnya yang tinggi, tidak disarankan berendam di waktu yang lama, cukup 20 sampai 30 menit. Karena jika terlalu lama, kandungan belerang yang ada di dalam air dapat membuat kamu pusing dan juga mual.

Jika kurang suka dengan aktivitas berendam di kolam umum, kamu dapat menyewa kolam pribadi agar lebih leluasa. Di tengah tengah pandemi, menyewa kolam pribadi menjadi salah satu upaya untuk mencegah penularan virus.

Berenang

Jika kamu bosan dengan aktivitas berendam yang monoton, kamu dapat mencoba kegiatan air lainnya yaitu berenang. Kamu dapat memilih berenang di kolam renang yang kamu sukai. Di sini ada pilihan kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak. Kamu juga bisa duduk-duduk santai di samping kolam, sembari menikmati pemandangan sekitar.

Khusus untuk kolam renang anak, ada wahana bermain seluncuran air yang membuat anak-anak betah berenang di tempat ini. Para orang tidak perlu khawatir, karena seluncuran ini tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk bermain anak-anak. Jika ingin berenang di kawasan pemandian air panas Ciater Subang ini, kamu akan dikenakan biaya masuk ke kolam renang.

Bermain Trampolin di Wahana Bermain Ciater Bandung

Selain ini aktivitas air, kamu juga dapat mencoba beberapa aktivitas bermain yang disediakan di tempat bermain. Di tempat ini, kamu bisa mencoba trampolin. Melompat di trampolin tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Bagi anak-anak aktivitas bermain trampolin ini juga bisa melatih motorin mereka.

Biaya Masuk Ciater

Dengan fasilitas lengkap dan pilihan permainan yang juga tak kalah lengkapnya, biaya masuk ke tempat ini cukup terjangkau. Harga tiket masuk Ciater dibandrol sekitar Rp35.000 per orang, biaya ini hanya untuk tiket masuknya.

Jika kamu ingin masuk ke kolam pemandian air panas utama yang ada di tempat ini kamu harus membayar Rp80.000 per orang. Namun jika kamu hanya ingin masuk ke kolam pemandian air panas reguler kamu cukup membayar Rp 20.000 - Rp 55.000 per orang. Jika kamu beruntung kamu bisa saja mendapatkan promo menarik, dengan harga yang lebih murah.

Penginapan Ciater Highland Resort

Menikmati pemandian air panas Ciater rasanya tak cukup jika beberapa jam saja. Apalagi bagi pengunjung dari luar kota. Makanya, banyak  wisatawan yang memutuskan menginap di penginapan di sekitar tempat wisata tersebut, dengan dalih ingin lebih lama berlibur dan menikmati pemandangan di sekitar tempat wisata alam Ciater Subang.

Saat ini sudah banyak pilihan tempat menginap, salah satunya Ciater Highland Resort, yang merupakan tempat penginapan mewah dekat area pemandian air panas tersebut. Banyak fasilitas modern yang akan membuat pengunjung nyaman menginap di tempat ini.

Tempat penginapan ini cocok juga untuk dijadikan salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi saat musim liburan. Salah satu bagian yang menjadikan resort ini sangat terkenal adalah guest house yang akan memberikan kamu sensasi menginap beramai-ramai dengan teman atau keluarga.

Di tempat ini juga ada cafe dan restoran yang menyediakan berbagai makanan lezat yang membuat kamu semakin puas saat menginap di tempat ini. Makanan disajikan oleh koki yang sangat profesional, sehingga tentu saja bukan hanya enak tapi juga sehat. Untuk reservasi, kamu bisa booking tempat ini melalui beberapa platform pemesanan tiket online.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait