Pemerintah Tawarkan Enam Blok Migas dalam Lelang Tahap 1-2021

Image title
17 Juni 2021, 12:33
migas, blok migas, lelang blok migas, kementerian esdm, bagi hasil migas, blok South CPP, South Sumatera Onshore, Lapangan migas Rangkas, migas liman, Merangin III, North Kangean, East Java Offshore
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM resmi kembali memulai proses lelang Wilayah Kerja (WK) migas konvensional tahap I 2021. Terdapat 6 WK migas yang ditawarkan, terdiri dari 4 WK melalui mekanisme Penawaran Langsung dan 2 WK melalui mekanisme Lelang Reguler.

Adapun 6 blok migas tersebut di antaranya South CPP, Sumbagsel, Rangkas, Liman, Merangin III,  dan North Kangean. Adapun dalam penawaran ini, investor diberi keleluasaan dalam memilih skema kontrak migas, baik gross split maupun cost recovery.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan wilayah kerja yang ditawarkan ini mempunyai hitungan pembagian split yang berbeda dari sebelumnya. Menurut dia semakin risiko yang dihadapi KKKS besar, maka bagian split KKKS akan semakin besar.

"Kami akan ada improve sharing split, tidak seperti sebelumnya 85:15, di lelang ini ada 70:30, ada yang sampai 50:50 untuk berbagai risiko," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (17/6).

Menurut dia, ke depan akan lebih banyak lagi WK lain yang akan ditawarkan oleh Kementerian ESDM. "Kami ada beberapa work area (area kerja), nanti kami umumkan lagi," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...