4 Strategi Pemerintah Mengurangi Laju Penularan Covid-19

Safrezi Fitra
1 Juli 2021, 17:40
penularan covid, penularan covid-19, covid-19, protokol kesehatan, vaksinasi, penularan covid-19, menteri kesehatan
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/wsj.
Petugas kesehatan mendata warga pelayan publik yang mengikuti vaksinasi di GOR Jetayu, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (6/6/2021). Pemerintah setempat bersama TNI, Polri dan petugas kesehatan melaksanakan vaksinasi massal COVID-19 kepada pelayan publik dengan target 1.050 orang.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan empat strategi pemerintah dalam mengurangi laju penularan Covid-19 yang tengah melonjak saat ini. Empat strategi ini harus dijalankan bersama-sama serta butuh dukungan banyak pihak dan masyarakat.

Dia mengaku belajar para ahli epidemiologi bahwa tujuan dari mengatasi pandemi Covid-19 adalah mengurangi laju penularan atau istilahnya flattening the curve. Para ahli tersebut menjelaskan untuk mengurangi laju penularan ini, Indonesia harus menurunkan rasio replikasi (replication rate/RT) minimal di bawah 1.

Advertisement

Saat ini RT di Indonesia sudah mencapai 5, artinya setiap satu orang yang positif Covid-19, bisa menularkan lima orang lainnya. Untuk mencapai RT di bawah 1, laju penularan harus dihentikan sehingga tidak semua penderita Covid-19 menulari orang lain.

 Ada tiga hal yang mempengaruhi laju penularan. Pertama, terkait dengan jenis virusnya. Kedua, seberapa sering orang yang terkena Covid-19 berinteraksi dengan orang lain. Ketiga, berapa lama masa infeksinya.

Hal pertama tidak bisa diatasi karena muncul secara alami, seperti munculnya varian-varian baru virus corona yang lebih kuat dan penularannya lebih cepat. Pemerintah hanya bisa mengintervensi hal kedua dan ketiga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement