13 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Anda Ketahui

Ada berbagai manfaat tomat yang baik untuk wajah. Kandungan nutrisi dan vitamin pada tomat berkontribusi untuk kesehatan wajah dan kulit.
Image title
9 Agustus 2021, 14:01
Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Anda Ketahui, tomat, manfaat tomat, manfaat tomat untuk wajah, kandungan tomat, tomat mengandung vitamin
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Petani menunjukkan tomat saat panen di Desa Cot Seulamat, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Selasa (27/4/2021). Pada musim panen tersebut, harga tomat tingkat petani naik dari Rp5.000 per kilogram menjadi Rp6.500 per kilogram.

Tomat adalah buah yang sering digunakan dalam kreasi kuliner. Secara ilmiah, tomat disebut Solanum lycopersicum dan berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Kini, tomat banyak ditemui dalam berbagai varietas yang tumbuh di daerah beriklim sedang di berbagai belahan dunia.

Tak hanya lezat dimakan, tomat memiliki manfaat untuk kecantikan. Kaya akan nutrisi yang menyehatkan wajah, tomat sangat efektif dalam menyembuhkan dan mencerahkan wajah. Tomat mengandung sedikit asam karena kadar potasium dan vitamin C yang tinggi.

Kandungan nutrisi pada tomat tersebut dapat mengubah wajah kusam menjadi bercahaya. Tomat juga memiliki likopen, yaitu antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Tak hanya itu, tomat juga membantu mengobati masalah wajah yang berkaitan dengan penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari.

Tomat juga bertindak sebagai astringen alami, yaitu sejenis cairan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, mengencangkan pori-pori, dan mengurangi komedo sehingga membantu mencegah jerawat.

Advertisement

Oleh sebab itu, tomat sering ditemukan pada produk-produk perawatan kecantikan. Untuk memahami manfaat tomat untuk wajah, simak pembahasan di bawah ini.

1. Menghilangkan jerawat

Tomat merupakan sumber vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat. Vitamin A, C, K dan sifat asam yang terkandung dalam tomat dapat membantu mengurangi dan membersihkan jerawat pada wajah.

2. Mencerahkan wajah

Tomat adalah pencerah alami bagi wajah. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jumlah besar dapat ditemukan dalam tomat dan bermanfaat untuk memutihkan wajah. Menggunakan tomat pada wajah dapat membuat wajah lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam dan bintik hitam.

3. Meringankan iritasi wajah

Terlalu sering menggunakan riasan, berada berjam-jam di bawah sinar matahari, dan penggunaan produk anti-jerawat yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi wajah. Tomat yang kaya akan senyawa anti-inflamasi seperti beta karoten, lutein, vitamin E dan C, dan likopen dapat memerangi peradangan dan membantu meringankan iritasi wajah.

4. Mampu mencegah kanker kulit

Menurut American Institute for Cancer Research, likopen yang terkandung dalam tomat dapat mencegah kanker kulit. Likopen adalah zat antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas akibat polusi, pola makan, dan hal lain.

5. Mengangkat sel kulit mati

Enzim dalam tomat bermanfaat dalam proses pengangkatan sel kulit mati dan komedo serta mampu membersihkan wajah dari dalam. Tomat juga bagus untuk orang-orang dengan wajah sensitif dan/atau rawan berjerawat karena proses pengangkatan sel wajah mati tidak menyebabkan iritasi atau wajah kering sehingga memiliki manfaat yang efektif.

6. Mengencangkan pori-pori

Tomat bekerja sebagai zat alami yang mengecilkan pori-pori dan mengurangi penampilannya secara signifikan. Ini juga mengurangi ancaman breakout.

7. Meningkatkan kesehatan wajah

Tomat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan wajah karena kandungan vitamin dan nutrisi yang dapat menyembuhkan pori-pori besar, mengobati jerawat, menenangkan wajah terbakar, dan menghidupkan kembali wajah kusam. Antioksidan dalam tomat, terutama likopen, melawan juga dapat kerusakan sel dan peradangan wajah.

8. Memperbaiki tekstur wajah

Vitamin B dalam tomat berkontribusi pada perbaikan sel untuk mengurangi hiperpigmentasi dan perbaikan kerusakan tekstur wajah akibat sinar matahari. Kandungan vitamin dalam tomat juga mampu menghilangkan minyak berlebih dari wajah Anda dan membuat wajah Anda segar lebih lama serta.

9. Menyembuhan luka

Menurut database nutrisi Departemen Pertanian AS, 1 cangkir tomat mengandung sekitar 30 gram vitamin C yang dapat mendorong pertumbuhan sel-sel wajah baru dan mampu menyembuhkan luka serta mempercepat proses penyembuhan.

10. Merangsang produksi kolagen

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tomat adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dapat membantu merangsang produksi kolagen. Menggunakan tomat pada wajah dapat membantu meningkatkan elastisitas wajah sehingga membuat wajah lebih kencang.

11. Mencegah keriput

Vitamin B yang terkandung dalam tomat memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan wajah. Tomat memiliki vitamin B-1, B-3, B-5, B-6, B-9. Vitamin tersebut memiliki sifat anti-penuaan yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. 

membantu melawan kerusakan sel.

12. Melindungi wajah dari radikal bebas

Radikal bebas dapat merusak sel-sel di wajah Anda sehingga dapat meningkatkan risiko kanker dan tanda-tanda penuaan. Tomat mengandung antioksidan, seperti likopen dan vitamin C yang dapat menyediakan antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas.

13. Melindungi wajah dari kerusakan akibat sinar matahari

Likopen, yaitu senyawa yang memberi warna merah pada tomat ternyata memiliki efek perlindungan wajah terhadap sinar UV (ultraviolet) yang mampu mengurangi sensitivitas wajah terhadap sinar matahari sehingga dapat mengurangi kemungkinan luka bakar akibat sinar matahari.

Cara menggunakan tomat untuk wajah

Masker tomat

Untuk membuat masker tomat, campurkan 1/2 buah tomat matang dengan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian cuci wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

Oleskan langsung

Hancurkan tomat secukupnya hingga halus lalu rendam kapas ke dalamnya kemudian gosokkan kapas secara perlahan pada wajah. Biarkan beberapa menit kemudian bilas area tersebut dengan air hangat.

Demikian manfaat tomat untuk wajah serta cara penggunaannya. Tomat terbukti memiliki banyak manfaat yang baik untuk wajah, jadi, gunakan tomat dalam perawatan kesehatan Anda.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait