13 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Anda Ketahui

Image title
9 Agustus 2021, 14:01
Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Anda Ketahui, tomat, manfaat tomat, manfaat tomat untuk wajah, kandungan tomat, tomat mengandung vitamin
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Petani menunjukkan tomat saat panen di Desa Cot Seulamat, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Selasa (27/4/2021). Pada musim panen tersebut, harga tomat tingkat petani naik dari Rp5.000 per kilogram menjadi Rp6.500 per kilogram.

Tomat adalah buah yang sering digunakan dalam kreasi kuliner. Secara ilmiah, tomat disebut Solanum lycopersicum dan berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Kini, tomat banyak ditemui dalam berbagai varietas yang tumbuh di daerah beriklim sedang di berbagai belahan dunia.

Tak hanya lezat dimakan, tomat memiliki manfaat untuk kecantikan. Kaya akan nutrisi yang menyehatkan wajah, tomat sangat efektif dalam menyembuhkan dan mencerahkan wajah. Tomat mengandung sedikit asam karena kadar potasium dan vitamin C yang tinggi.

Advertisement

Kandungan nutrisi pada tomat tersebut dapat mengubah wajah kusam menjadi bercahaya. Tomat juga memiliki likopen, yaitu antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Tak hanya itu, tomat juga membantu mengobati masalah wajah yang berkaitan dengan penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari.

Tomat juga bertindak sebagai astringen alami, yaitu sejenis cairan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, mengencangkan pori-pori, dan mengurangi komedo sehingga membantu mencegah jerawat.

Oleh sebab itu, tomat sering ditemukan pada produk-produk perawatan kecantikan. Untuk memahami manfaat tomat untuk wajah, simak pembahasan di bawah ini.

1. Menghilangkan jerawat

Tomat merupakan sumber vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat. Vitamin A, C, K dan sifat asam yang terkandung dalam tomat dapat membantu mengurangi dan membersihkan jerawat pada wajah.

2. Mencerahkan wajah

Tomat adalah pencerah alami bagi wajah. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jumlah besar dapat ditemukan dalam tomat dan bermanfaat untuk memutihkan wajah. Menggunakan tomat pada wajah dapat membuat wajah lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam dan bintik hitam.

3. Meringankan iritasi wajah

Terlalu sering menggunakan riasan, berada berjam-jam di bawah sinar matahari, dan penggunaan produk anti-jerawat yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi wajah. Tomat yang kaya akan senyawa anti-inflamasi seperti beta karoten, lutein, vitamin E dan C, dan likopen dapat memerangi peradangan dan membantu meringankan iritasi wajah.

4. Mampu mencegah kanker kulit

Menurut American Institute for Cancer Research, likopen yang terkandung dalam tomat dapat mencegah kanker kulit. Likopen adalah zat antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas akibat polusi, pola makan, dan hal lain.

5. Mengangkat sel kulit mati

Enzim dalam tomat bermanfaat dalam proses pengangkatan sel kulit mati dan komedo serta mampu membersihkan wajah dari dalam. Tomat juga bagus untuk orang-orang dengan wajah sensitif dan/atau rawan berjerawat karena proses pengangkatan sel wajah mati tidak menyebabkan iritasi atau wajah kering sehingga memiliki manfaat yang efektif.

6. Mengencangkan pori-pori

Tomat bekerja sebagai zat alami yang mengecilkan pori-pori dan mengurangi penampilannya secara signifikan. Ini juga mengurangi ancaman breakout.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement