15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup beragam. Hal tersebut membuat manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan wajah menjadi sangat beragam juga. Berikut penjelasan lengkapnya.
Image title
5 Agustus 2021, 12:45
manfaat jeruk nipis, manfaat jeruk nipis untuk wajah, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, cara mengkonsumsi jeruk nipis yang benar
Lovefood Art/pexels.com
Jeruk nipis buah yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan wajah.

Jeruk nipis memiliki keunikan tersendiri. Ukuran buah ini lebih kecil dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, namun memiliki rasa lebih masam dan aroma yang lebih kuat. Biasanya jeruk nipis digunakan sebagai campuran makanan karena membuat cita rasa menjadi lebih segar dan nikmat. Selain itu, manfaat jeruk nipis sangat beragam, mulai untuk kesehatan hingga bagi kecantikan.

Jeruk nipis memiliki beberapa kandungan nutrisi yang beragam. Dilansir dari hellosehat.com, jeruk nipis mengandung makronutrien seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan Abu/ ASH. Ada juga kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng.

Kandungan lainnya yaitu vitamin dan antioksidan yang juga sangat lengkap seperti beta karoten, karoten total, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C. Kandungan-kandungan itulah yang membuat manfaat jeruk nipis ini menjadi sangat beragam.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Meskipun rasanya masam dan jarang orang mengkonsumsi secara langsung, jeruk nipis ini memiliki beberapa manfaat, termasuk untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu kita ketahui.

Advertisement

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Jeruk nipis memiliki sifat asam sehingga bisa membantu saliva atau air liur dalam memecah makanan. Tidak hanya itu, kandungan flavonoid bisa merangsang enzim yang ada di dalam pencernaan. Bagi yang sedang sembelit dapat mengonsumsi jeruk nipis secukupnya untuk merangsang pergerakan usus yang kemudian bisa melancarkan pembuangan kotoran.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem umum yang baik untuk menangkal berbagai penyakit. Saat sakit, jeruk nipis juga bisa menjadi obat karena vitamin C yang ada di dalamnya dapat meningkatkan produktivitas dari sel yang sehat dan membantu mematikan berbagai mikroba yang menyebabkan penyakit. Sehingga Anda bisa lebih cepat untuk recovery.

3. Mencegah Diabetes

Konsumsi jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai upaya untuk mencegah diabetes. Jeruk nipis ini memiliki kandungan gula yang sangat sedikit, sehingga bisa membantu tubuh untuk menyerap gula. Dengan kadar gula yang terjaga inilah penyakit diabetes bisa dicegah.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Jeruk nipis juga dipercaya mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan kalium di dalamnya sehingga menjaga kesehatan jantung. Kalium memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi dalam darah. Tidak hanya itu, jeruk nipis memiliki kandungan limonin yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan baik tersebutlah yang membuat jantung tetap sehat.

5. Mencegah kanker

Penyakit kronis selanjutnya yang bisa dicegah dengan menggunakan jeruk nipis yaitu kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi membantu tubuh untuk menjaga fungsi dari sel, meningkatkan pertahanan sel tubuh, melawan radikal bebas, dan meningkatkan imun. Dengan demikian, penyakit kanker bisa dicegah.

6. Mempercepat Penurunan Berat Badan

Berat badan yang ideal tidak hanya memperindah penampilan, juga menjaga agar tubuh tetap sehat. Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya yaitu membantu menurunkan berat badan karena kandungan vitamin C yang tinggi bisa mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh.

7. Menyembuhkan Asam Urat

Penyakit asam urat bisa disebabkan karena adanya radang pada sendi, maka dari itu untuk mengobati penyakit ini bisa dilakukan dengan cara menyembuhkan peradangan tersebut. Vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis ini yang bisa membantu mengurangi gejala peradangan. Selain itu, jeruk nipis juga bisa membantu mengurangi kadar asam urat yang ada di dalam tubuh, dengan kadar asam urat yang berkurang inilah yang mempercepat penyembuhan penyakit sendiri ini.

8. Mencegah Kekurangan Cairan Tubuh

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai pencegah dehidrasi. Manfaat jeruk nipis ini yang membuat cairan dalam tubuh tetap terjaga, selain itu rasanya yang masam juga membuat tubuh menjadi lebih segar.

9. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Manfaat lain dari jeruk nipis ini juga untuk mencegah penyakit batu ginjal yang sering kali menyebabkan sakit ketika buang air kecil. Kandungan asam sitrat yang ada di dalam jeruk nipis inilah yang bisa mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal dan mengikat mineral pembentuk batu dalam sistem urin manusia.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Selain baik untuk kesehatan tubuh, jeruk nipis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan wajah. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah yang akan membuat penampilan anda menjadi lebih segar dan menawan.

1. Mencegah Penuaan Dini

Kerutan pada kulit dan noda hitam yang sering kali muncul pada wajah bisa menjadi tanda dari penuaan dini. Bagi sebagian orang hal tersebut cukup meresahkan dan banyak yang akhirnya berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan berbagai cara.

Meskipun saat ini sudah banyak produk skincare yang meng-klaim mengatasi penuaan dini, namun untuk segi keamanan patut dipertanyakan. Maka dari itu, Anda bisa mencoba produk alami seperti jeruk nipis. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi di dalam jeruk nipis ini yang membantu sel-sel kulit wajah untuk bisa menangkal atau melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat jeruk nipis selanjutnya yakni untuk mengatasi permasalahan jerawat. Masalah kulit wajah yang satu ini bisa disebakan oleh banyak hal mulai dari kotoran yang menumpuk, sel kulit mati yang tidak terangkat, produksi minyak berlebih, bahkan disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan jerawat.

Jeruk nipis ini memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga bisa membantu menyehatkan kulit.

3. Mengencangkan Pori-pori

Jeruk nipis memiliki sifat astringen yang berfungsi untuk mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih di kulit wajah. Dengan menggunakan jeruk nipis, anda bisa mendapatkan kulit kencang, bersih, dan cerah secara alami.

4. Mencerahkan kulit

Manfaat berikutnya yang akan anda rasakan jika menggunakan jeruk nipis untuk perawatan wajah yakni wajah akan lebih cerah alami. Jeruk nipis ini memiliki kandungan yang berfungsi untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan bintik hitam serta bekas jerawat yang membandel. Dengan penggunaan yang wajar dan rutin, anda bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah dan berseri.

5. Mengangkal Sel Kulit Mati

Sel kulit bisa menyebabkan masalah wajah lainnya, seperti jerawat. Selain itu, adanya sel kulit mati juga membuat produk perawatan wajah yang kita gunakan tidak bisa diserap dengan maksimal oleh kulit wajah. Kandungan asam sitrat yang ada didalam jeruk nipis dipercaya bisa mempermudah pengangkatan sel kulit mati sehingga kulit wajah menjadi lebih sehat.

6. Membantu untuk Meremajakan Kulit Wajah

Kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan yang cukup tinggi di dalam jeruk nipis inilah yang membuat manfaat jeruk nipis untuk wajah bisa digunakan untuk meremajakan kulit wajah. Kandungan baik tersebut bisa membuat kolagen dalam kulit berfungsi sebagaimana mestinya. Kulit wajah yang telah teremajakan akan membuat wajah tampil lebih segar dan sehat.

Cara Mengkonsumsi Jeruk Nipis yang Benar

Berbagai manfaat jeruk nipis tersebut tidak akan memberikan dampak yang signifikan jika anda salah dalam mengonsumsinya. Sebenarnya ada beberapa pilihan cara untuk mengonsumsi jeruk nipis dengan benar. Berikut ini penjelasannya.

1. Buat Sebagai Minuman Segar

Cara mengonsumsi jeruk nipis yang bernar pertama yang bisa anda pilih yakni sebagai minuman segar. Jeruk nipis memiliki rasa yang masam sehingga cocok untuk dijadikan minuman baik hangat ataupun dingin. Untuk membuat minuman segar tersebut, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama cuci bersih terlebih dahulu jeruk nipis yang akan anda gunakan.
  • Kemudian belah jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras hingga mendapatkan air jeruk nipis tersebut.
  • Tambahkan air secukupnya kemudian minuman jeruk nipis segar itu bisa langsung anda konsumsi.

2. Campuran Makanan

Selain dengan meminum langsung air jeruk nipis tersebut, Anda bisa mencampurkan jeruk nipis dengan makanan. Biasanya makanan berkuah seperti bakso dan soto sering kali ditambahkan perasan jeruk nipis untuk memperkuat cita rasa dan membuat makanan lebih segar. Ada juga yang menambahkan perasan jeruk nipis ini untuk sambal yang akan membuat rasa sambal semakin nikmat.

3. Cara Menggunakan Jeruk Nipis untuk Perawatan Kulit Wajah

Selain cara menkonsumsi jeruk nipis yang benar, Anda juga harus mengetahui cara untuk menggunakan bahan alami ini sebagai perawatan wajah. Berikut ini langkah-langkanya:

  • Peras jeruk nipis kemudian oleskan air tersebut pada punggung tangan atau anda juga bisa langsung menggosokan jeruk nipis ke punggung tangan.
  • Kemudian tunggu 15 menit dan bilas dengan air bersih.
  • Amati area yang telah diberi jaruk nipis apakah ada reaksi seperti rasa perih, warna berubah menjadi merah, atau reaksi lainnya.
  • Jika dirasa tidak ada reaksi apapun, anda bisa langsung menggunakan ke wajah anda. Namun jika ada reaksi, maka sebaiknya tidak menggunakan jeruk nipis sebagai perawatan kulit wajah.
  • Sebagai gantinya anda bisa menggunakan bahan alami lain yang lebih aman dan sesuai dengan kulit anda.

Demikian penjelasan mengenai manfaat jeruk nipis baik untuk kesehatan tubuh ataupun kecantikan wajah. Yang perlu diingat sebelum menggunakan bahan alami, pastikan bahwa tubuh atau kulit Anda tidak mengalami masalah atau alergi terhadap jeruk nipis. Jika muncul gejala atau hal-hal yang kurang menyenangkan setelah konsumsi jeruk nipis, maka sangat dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait