15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Siti Nur Aeni
5 Agustus 2021, 12:45
manfaat jeruk nipis, manfaat jeruk nipis untuk wajah, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, cara mengkonsumsi jeruk nipis yang benar
Lovefood Art/pexels.com
Jeruk nipis buah yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan wajah.

Jeruk nipis memiliki keunikan tersendiri. Ukuran buah ini lebih kecil dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, namun memiliki rasa lebih masam dan aroma yang lebih kuat. Biasanya jeruk nipis digunakan sebagai campuran makanan karena membuat cita rasa menjadi lebih segar dan nikmat. Selain itu, manfaat jeruk nipis sangat beragam, mulai untuk kesehatan hingga bagi kecantikan.

Jeruk nipis memiliki beberapa kandungan nutrisi yang beragam. Dilansir dari hellosehat.com, jeruk nipis mengandung makronutrien seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan Abu/ ASH. Ada juga kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng.

Kandungan lainnya yaitu vitamin dan antioksidan yang juga sangat lengkap seperti beta karoten, karoten total, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C. Kandungan-kandungan itulah yang membuat manfaat jeruk nipis ini menjadi sangat beragam.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Meskipun rasanya masam dan jarang orang mengkonsumsi secara langsung, jeruk nipis ini memiliki beberapa manfaat, termasuk untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu kita ketahui.

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Jeruk nipis memiliki sifat asam sehingga bisa membantu saliva atau air liur dalam memecah makanan. Tidak hanya itu, kandungan flavonoid bisa merangsang enzim yang ada di dalam pencernaan. Bagi yang sedang sembelit dapat mengonsumsi jeruk nipis secukupnya untuk merangsang pergerakan usus yang kemudian bisa melancarkan pembuangan kotoran.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem umum yang baik untuk menangkal berbagai penyakit. Saat sakit, jeruk nipis juga bisa menjadi obat karena vitamin C yang ada di dalamnya dapat meningkatkan produktivitas dari sel yang sehat dan membantu mematikan berbagai mikroba yang menyebabkan penyakit. Sehingga Anda bisa lebih cepat untuk recovery.

3. Mencegah Diabetes

Konsumsi jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai upaya untuk mencegah diabetes. Jeruk nipis ini memiliki kandungan gula yang sangat sedikit, sehingga bisa membantu tubuh untuk menyerap gula. Dengan kadar gula yang terjaga inilah penyakit diabetes bisa dicegah.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Jeruk nipis juga dipercaya mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan kalium di dalamnya sehingga menjaga kesehatan jantung. Kalium memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi dalam darah. Tidak hanya itu, jeruk nipis memiliki kandungan limonin yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan baik tersebutlah yang membuat jantung tetap sehat.

5. Mencegah kanker

Penyakit kronis selanjutnya yang bisa dicegah dengan menggunakan jeruk nipis yaitu kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi membantu tubuh untuk menjaga fungsi dari sel, meningkatkan pertahanan sel tubuh, melawan radikal bebas, dan meningkatkan imun. Dengan demikian, penyakit kanker bisa dicegah.

6. Mempercepat Penurunan Berat Badan

Berat badan yang ideal tidak hanya memperindah penampilan, juga menjaga agar tubuh tetap sehat. Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya yaitu membantu menurunkan berat badan karena kandungan vitamin C yang tinggi bisa mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh.

7. Menyembuhkan Asam Urat

Penyakit asam urat bisa disebabkan karena adanya radang pada sendi, maka dari itu untuk mengobati penyakit ini bisa dilakukan dengan cara menyembuhkan peradangan tersebut. Vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis ini yang bisa membantu mengurangi gejala peradangan. Selain itu, jeruk nipis juga bisa membantu mengurangi kadar asam urat yang ada di dalam tubuh, dengan kadar asam urat yang berkurang inilah yang mempercepat penyembuhan penyakit sendiri ini.

8. Mencegah Kekurangan Cairan Tubuh

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai pencegah dehidrasi. Manfaat jeruk nipis ini yang membuat cairan dalam tubuh tetap terjaga, selain itu rasanya yang masam juga membuat tubuh menjadi lebih segar.

9. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Manfaat lain dari jeruk nipis ini juga untuk mencegah penyakit batu ginjal yang sering kali menyebabkan sakit ketika buang air kecil. Kandungan asam sitrat yang ada di dalam jeruk nipis inilah yang bisa mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal dan mengikat mineral pembentuk batu dalam sistem urin manusia.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Selain baik untuk kesehatan tubuh, jeruk nipis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan wajah. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah yang akan membuat penampilan anda menjadi lebih segar dan menawan.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...