15 Jenis Ikan Koi Berdasarkan Corak dan Harga

Ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) menjadi ikan hias yang disukai para kolektor ikan. Berikut jenis ikan koi berdasarkan corak dan harganya.
Dwi Latifatul Fajri
15 September 2021, 14:43
15 Jenis Ikan Koi Berdasarkan Corak dan Harga
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp.
Ikan Koi.

Ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) menjadi ikan hias yang disukai para kolektor ikan. Ikan air tawar ini mempunyai ukuran besar dan warna mencolok. Awalnya ikan koi ini berasal dari Jepang, kemudian berkembang di Indonesia.

Dahulu di Jepang ikan koi dikonsumsi. Kemudian ikan koi berkembang menjadi ikan hias karena corak tubuhnya. Ikan ini konon membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Jenis Ikan Koi yang Bagus Berdasarkan Coraknya

Ikan koi memiliki warna dan corak yang beragam. Mengutip dari Gramedia.com, perkembangan ikan koi di Indonesia dimulai tahun 1981-1982. Dahulu ikan koi didatangkan dari Jepang oleh Dragon Feng dan Hani Moniaga.

Ada 15 kelompok besar berdasarkan warna dan corak yaitu:

1. Kohaku

Merupakan jenis ikan tertua, hasil dari persilangan ikan koi Magoi dan Shirogoi. Ikan Kohaku umumnya memiliki dua warna yaitu merah dan putih.

Kohaku dibagi menjadi 2 kategori yaitu Inazuma (coraknya seperti halilintar) dan model 3 pola berwarna (2 bercak, 3 bercak, dan 4 bercak).

Ada beberapa cara memilih ikan kohaku yaitu batas warna merah dan putih jelas. Pilihlah pola warna merah yang lebih banyak daripada warna putih. Sirip ikan kohaku warnanya putih, posisi warna merah lebih banyak.

Kohaku memiliki berbagai tipe ikan. Kohaku bisa disebut sebagai raja ikan koi karena varietas pertama yang dikembangkan. Harga ikan koi kecil Kohaku mulai Rp 100 ribu sampai RP 2 juta untuk ikan koi dewasa.

Tipe-Tipe Kohaku

  • Inazuma kohaku: memiliki pola warna merah dari kepala hingga ke ujung ekor. Ada juga pola warna merah zig-zag.
  • Dalam bahasa Jepang, Inazuma Kohaku memiliki artian Petir.
  • Nidan kohaku: Bagian tubuhnya memiliki dua nuansa warna merah di setiap tubuh.
  • Sandan Kohaku: Ikan koi ini punya tiga corak warna merah berbeda.
  • Yondan kohaku: jenis ikan yang memiliki 4 corak warna berbeda.
  • Gotenzakura kohaku: ikan koi yang memiliki warna seperti bunga merah dan membentuk corak seperti anggur.
  • Kanoko kohaku: pada bagian kepala warna merah cerah sementara bagian tubuhnya memiliki warna merah aga tua.
  • Ginrin Kohaku: warna putih pada ikan ini seperti susu.
  • Maruten Kohaku: ikan koi yang memiliki warna dominan merah merona.

2. Taisho Sanshoku (sanke)

Taisho Sanshoku termasuk jenis ikan koi tertua yang banyak diburu kolektor ikan koi. Ikan ini merupakan persilangan ikan koi corak hitam kuning dengan kohaku. Taisho Sanshoku memiliki warna dasar hitam, putih, dan merah.

Corak ikan hampir mirip dengan kohaku. Perbedaanya adalah adanya tanda hitam di tubuh. Ikan koi Sanke harganya minimal Rp 300 ribu per ekor.

Cara memilih ikan Sanke:

  • Pilihlah pola warna merah di atas kepala.
  • Pastikan tidak ada warna hitam di atas kepala.
  • Komposisi warna merah ikan Taisho Sanshoku merah 70%, hitam 10%, dan putih 20%.

3. Showa Sanshoku (showa)

Showa sanshoku hampir mirip dengan ikan Sanke. Namun ikan ini memiliki Karasu atau warna hitam. Showa punya tanda putih dan merah di bagian atas tubuh. Sementara dahi ikan Showa memiliki corak bulatan warna jingga. Ada juga pola hitam di area kepala. Harga ikan Showa Sanshoku mencapai Rp 1 juta per ekornya.

Berdasarkan pola warna:

  • Hi Showa: bercak ikan koi merah atau oranye dengan sedikit warna putih.
  • Kage show: corak hitam, merah, dan putih.
  • Bake showa: warna ikan abu-abu.
  • Kanoko Showa: warna ikan koi coklat kekuningan.

Cara memilih ikan Showa Sanshoku yang baik:

  • Pastikan warna hitam membungkus tubuh. Warna hitam pekat, tebal, jelas, dan tidak putus.
  • Warna putih pada tubuh seperti susu tidak kekuningan.
  • Ada bintik hitam di bagian dasar sirip dada.

4. Bekko

Mengutip dari jualikankoi.co.id, ikan koi Bekko dibagi menjadi tiga yaitu Koi Shiro Bekko, Koi Ki Bekko, dan Koi Aka Bekko.

Shiro Bekko memiliki warna dasar putih seperti susu. Corak lainnya adalah tutul-tutul hitam yang agak jarang. Harga ikan koi jenis ini adalah Rp. 800 ribu per ekor.

Koi Ki Bekko berwarna kuning cerah dan terang. Corak lainnya adalah warna hitam di bagian tubuh. Harga ikan Koi Ki Bekko ini adalah Rp. 500 per ekornya.

Koi Aka Bekko memiliki warna dasar kulit jingga atau oranye. Warna ikan ini hampir sama seperti ikan mas. Sementara itu ada corak hitam di area tubuh samping dan sepanjang punggung. Harga ikan ini sekitar Rp 500 ribu per ekor.

5. Utsurimono

Ikan koi ini memiliki 3 dasar warna kulit yaitu putih susu, kuning, merah, dan jingga. Dalam bahasa Jepang, ikan ni memiliki beberapa nama seperti Shiro-Utsuri (warna putih), Hi Utsuri (warna merah) dan Ki Utsuri (warna kuning). Harga satu ekor ini biasanya Rp 800 ribu.

  • Shiro Utsuri

Corak ikan ini adalah warna hitam pekat dan putih bersih. Harga 1 ekornya sekitar Rp 130 ribu – Rp 300 ribu.

  • Hi Utsuri

Ikan koi ini memiliki warna hitam jingga dan merah tua. Warna ikan Hi Utsuri lebih gelap daripada ikan lain. Harga ikan Hi Utsuri biasanya Rp 125 ribu sampai Rp 300ribu.

  • Ki Utsuri

Ikan memiliki corak dasar hitam dan warna kuning terang. Ikan ini harganya sekitar Rp 130 ribu.

6. Asagi

Asagi memiliki warna berbeda pada tubuhnya. Ada pola warna biru di bagian atas tubuh. Sedangkan bagian perut, sirip, insang memiliki warna merah dan jingga.

Jenis ikan Asagi lebih merah dari ikan lain. Ada juga ikan asagi yang berwarna putih dan biru pucat. Harga 1 ekor ikan ini mencapai Rp 1,1 juta per ekornya. Harga semakin mahal, jika warna biru pada tubuh ikan lebih dominan.

7. Shusui

Corak ikan koi Shusui memiliki warna merah dominan. Selain itu ada corak kelabu yang berada di bagian punggung. Harga ikan ini sekitar Rp 400 ribu – Rp 500 ribuper ekor.

Ada beberapa jenis ikan Shusui berdasarkan coraknya yaitu Hana Shusui, Hi Shusui, Ki Shusui, Ki matsuba doitsu, dan Pearl shusui.

8. Koromo

Ikan Koromo memiliki corak hitam keunguan seperti warna anggur. Corak ini berada diatas tubuh ikan. Selain itu ada corak merah di bagian atas. Selain merah, ikan ini memiliki warna ungu dan biru. Harga ikan Koromo sekitar Rp 400 ribu per ekor.

9. Kawarimono

Ikan Kawarimono memiliki warna polos seperti biru polos, ungu polos, dan hijau polos. Ikan koi ini adalah hasil persilangan. Harga 1 ekor sekitar Rp 200 ribu.

10. Goshiki

Ikan ini memiliki lima corak yaitu hitam, merah, putih, biru, dan abu-abu. Ikan Goshiki Goromo adalah perpaduan ikan Budo dan Sumi Goromo. Terdapat sisik hitam yang menyebar di bagian tubuh. Harga ikan Goshiki Rp 600 ribu per ekor.

11. Hikari mujimono

Hikari mujimono adalah ikan persilangan ikan utsuri dan showa. Warna ikan ini adalah merah, jingga, putih, dan ada corak kekuningan. Harga ikan Hikari mujimono mulai dari Rp 385 ribu.

12. Hikari moyomono

Hikari moyomono adalah ikan persilangan antara utsuri dan Showa. Ikan ini memiliki sisik kuning yang berkilau. Harga ikan Hikari moyomono mulai dari Rp 525 ribu per ekor.

13. Hikari utsurimono

Ikan koi ini merupakan persilangan koi showa dan koi hikarimono. Ikan ini memiliki warna dasar dan berpola. Ada beberapa jenis ikan berdasarkan coraknya yaitu kin showa, gin shiro utsuri, kin hi utsuri, dan kage gin shiro, gin showa, kin ki utsuri. Harga ikan ini sekitar Rp 700ribu per ekor.

14. Kin gin rin

Ikan koi Kin gin rin memiliki warna perak di bagian tubuhnya. Ada dua jenis ikan yaitu Kinginrin-Kohaku, Hikarimono-Kinginrin, dan Kinginrin Sanke. Selain warna perak, ikan ini memiliki corak merah dan hitam. Harga

15. Ikan Tancho 

Ikan Tancho merupakan ikan jenis kohaku yang paling terkenal. Ikan ini memiliki pola merah bundar di bagian kepala. Sebagian besar warna putih di tubuh. Ikan Koi Tancho harganya mulai dari Rp 800 ribu per ekornya.

Itulah 15 jenis ikan koi beserta harga berdasarkan warna dan corak. Semoga bermanfaat!

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait