Tips Membuat Stiker WhatsApp di Laptop dan PC

Selain di handphone, membuat stiker WhatsApp juga bisa dilakukan di perangkat laptop ataupun PC.
Image title
13 Oktober 2021, 17:55
Ilustrasi membuat stiker WhatsApp melalui laptop dan PC
Startup Stock Photos/Pexels
Ilustrasi membuat stiker WhatsApp melalui laptop dan PC

Membuat stiker WhatsApp ternyata tidak hanya bisa dibuat di handphone saja, namun juga bisa melalui PC atau laptop. Adapun perangkat yang dbutuhkan dalam membuat stiker ini adalah Corel Draw dan Photoshop. Anda bisa memilihnya sesuai preferensi dan kemampuan yang Anda bisa.

Dilansir dari KuotaMedia.net, ada beberapa cara dalam membuat stiker di laptop, berikut alur pembuatannya bila menggunaka Corel Draw:

1. Buka aplikasi Corel Draw lalu pilih icon New yang berada disudut sebelah kiri.

2. Kemudian ubah width dan height menjadi 600.0px, untuk satuan pixels kemudian akhiri dengan menekan tombol OK.

3. Selanjutnya pilih icon Import.

4. Tunjuk wallpaper yang telah disiapkan lalu tekan pilihan Import.

5. Lanjut pilih pada wallpaper yang baru di import dan pilih icon Edit Bitmap.

6. Sekarang kita sudah masuk ke aplikasi Corel Photo, pilih Segi Tiga kecil pada icon Rectangle Mask Tool.

7. Sekarang pilih opsi Magisk Wand Mask.

8. Lalu pilih icon Additive Mode lalu select bagian gambar yang akan digunakan dan jika sudah terselect semua kita pilih icon Cut.

9. Kembali ke aplikasi Corel lalu klik Kanan dan Paste, selanjutnya kita pilih icon Export.

10. Lanjutkan dengan memberi nama di File Name dan pilih Save as type dengan PNG lalu pilih Export.

11. Langkah terakhir pilih opsi OK, lakukan hal yang sama untuk beberapa gambar lain agar bisa dijadikan stiker whatsapp.

 12. Pembuatan stiker WA di aplikasi Corel Draw sudah selesai dan sekarang kita pindahkan stiker yang sudah dibuat ke hp Android bisa menggunakan Bluetooth ataupun kabel data.

13. Sekarang kita ambil hp Android, buka Play Store lalu cari dan instal aplikasi Stiker Pribadi untuk WhatsApp. Pilih Buka untuk menjalankan aplikasi tersebut.

14. Penampakan stiker yang jadi dan siap untuk dikirim

 Selain menggunakan Corel Draw, Anda juga bisa menggunakan Adobe Photoshop, berikut caranya:

1. Siapkan terlebih dahulu gambar yang Anda jadikan untuk stiker Whatsapp

2. Setiap stiker merupakan gambar yang memiliki latar belakang yang transparan.
3. Stiker harus berukuran tepat 512×512 pixel.
4. Setiap stiker harus berukuran kurang dari 100 KB.
5. Stiker akan ditampilkan di berbagai latar belakang, termasuk putih, hitam, berwarna, dan bermotif. Oleh karena alasan ini, kami menyarankan kepada Anda untuk menambahkan garis tepi #FFFFFF berukuran 8 pixel di bagian luar pada setiap stiker.
6. Harus terdapat margin berukuran 16 piksel antara gambar stiker yang sebenarnya dan tepi kanvas (yang berukuran 512×512 pixel)

7. Setelah diunduh ke dalam laptop atau PC maka Anda langsung bisa mempraktikkan di Photoshop.

8. Masukkan gambar yang sudah disiapkan dengan cara tekan dan tahan file gambar lalu geser mouse ke lembar kerja Photoshop.

9. Bila ada backgorund di belakangnya harus dihilangkan terlebih dahuu dengan menggunakan Magic Eraser Tool.

10.Setelah Anda pastikan sesuai posisi layer, Anda lanjutkan dengan men-save kerjaan Anda dengan extension PSD (default photoshop), untuk data Anda juga nantinya.

11. Lalu Anda klik lagi File menuju Save As, lalu pilih extension nya PNG dan Anda beri nama file sesuka Anda. Setelah ini Anda save dulu file dengan extension default Photoshop.

Selain melalui perangkat laptop atau PC, mengedit stiker WhatsApp juga bisa dilakukan di sejumlah piranti lunak yang ada di handphone, berikut tujuh aplikasi yang bisa digunakan: 


1. Sticker Maker

Bila Anda baru saja mengabadikan gambar, dengan aplikasi ini foto yang Anda jepret bisa dibuat menjadi stiker dengan mudah. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Viko & Co, dan aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan untuk membuat sticker WhatsApp. Saat ini aplikasi ini sudah didownload oleh sekitar 10 juta pengguna dan memiliki rating 4.3 di Google Play Store.

2. 10 Sticker Packs for WhatsApp

Aplikasi Telegram yang dikembangkan oleh perusahaan Telegram LLC juga menghadirkan pembuatan stiker di Play Store. Aplikasi ini berisi 10 pack sticker yang isinya kelinci, Bebek, Dinosaurus, Kucing, Hiu Anjing dan Penguin. Aplikasi ini sudah di download oleh sekitar 500 ribu lebih orang dan dikasih rating 4.5 yang artinya bagus.

Selain bisa digunakan di WhatsApp, stiker yang dibuat dari aplikasi ini juga bisa dikirim melalui Messenger yang terhubung dengan Facebook.

3. Sticker Studio

Memiliki ranking review dari netizen, aplikasi ini sukses meraih pasar hingga 5 juta pengguna. Secara teknis aplikasi ini juga tak jauh berbeda dengan aplikasi lain pada umumnya.

4. Personal Sticker for Android
Berbeda dengan aplikasi lainnya, Persona Sticker for Android memiliki kelebihan dengan bisa mengenali gambar yang kamu ambil dan akan menampil stiker-stiker lain yang relevan.

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh sebuah studio Stukalov, sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android, dengan rating 4,2.

5. Stickyfi: 5000+ Sticker for Android

Pada aplikasi Stickyfi: 5000+ Sticker for Android, di dalamnya terdapa aneka ragam stiker yang tersedia dan bisa Anda unduh secara cuma-cuma, di dalamnya juga terdapat versi premium yang bisa Anda unduh secara berbayar.

Selain menyediakan berbagai stiker yang sudah jadi, Anda juga bisa membuat sticker pribadi dari foto-foto koleksi Anda. Aplikasi ini dikembangkan oleh Stickyfi dan telah didownload oleh 1 juta lebih pengguna dengan rating sebesar 4.6 dari 5 di Google Play Store.

6. Wemoji
Dengan tampilan yang sederhana, Wemoji hadir sebagai salah satu aplikasi pembuat stiker paling minim fitur. Wemoji sendiri dikembangkan oleh Picmax, dimana telah didownload oleh satu juta lebih pengguna Android. Aplikasi ini mendapatkan rating sebesar 4.7 di toko aplikasi Play Store.

7. Sticker for Chat

Sebagai aplikasi pembuat stiker yang cukup laris, terlihat di Google Play Store sudah memperoleh rating 4.3. Adapun pengunduhnya lebih dari lima juta orang. Pengembang dari aplikasi ini adalah StickoText.com dan bisa diunduh melalui Play Store.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait