Menikmati Pesona Wisata Alam Curug Cikuluwung

Image title
15 November 2021, 16:01
Salah satu spot wisata air di Curug Cikuluwung
Instagram: Curug Cikuluwung
Salah satu spot wisata air di Curug Cikuluwung

Bagi Anda para warga Jabodetabek dan sekitarnya, tentu saja ingin menikmati suasana alam sebagai pilihan wisata di tengah penatnya pekerjaan kota. Wahana air di alam bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan diri baik pikiran maupun badan. Salah satu wahana tersebut adalah Curug Cikuluwung.

Secara curug berasal dari Bahasa Sunda yang berarti air terjun. Oleh karenanya Curug Cikuluwung berarti Air Terjun Cikuluwung. Seperti namanya, lokasi Curug Cikuluwung berada di tengah lembah berbatu dan apabila Anda berkunjung ke lokasi tersebut akan dimanjakan dengan nuansa alam yang indah. Paduan beningnya air dan tatanan batuan yang eksotis.

Advertisement

Sejatinya Curug Cikuluwung masih tergolong baru dalam area wisata alam. Curug ini dibuka bersamaan dengan Curug Balong Endah pada tahun 2016 lalu.

Akses Menuju Curug Cikuluwung

Lokasi dari Curung Cikuwulung berada di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bagi orang yang pertama kali ke lokasi ini akan langsung merasa jatuh cinta karena melihat nuansanya yang berwarna biru dan diapit oleh tebing yang penuh batu.

Jika melihat deskripsi dari bentuk Curug Cikuluwung, maka tidak berlebihan bila menyebutnya sebagai permata tersembunyi. Layak disebut permata karena air akan memancarkan warna kebiruan bila terkena cahaya sehingga akan menjadi kilau permata di tengah perkampungan.

Untuk menuju tempat ini, dari Bogor Kota, Anda bisa mengambil rute melewati Dramaga, hingga tiba di Cikampak. Sesampainya di tempat tersebut dilanjutkan dengan perjalanan ke Cibatok, hingga menuju ke simpang tiga Cemplang.

Apabila telah tiba di persimpangan itu ambil rute ke arah kiri kemudian ikuti jalan sekitar 45 menit hingga belok kanan menemukan Gang Gardu yang cukup curam. Gang Gardu terletak setelah sungai Cikuluwung.

Dalam perjalanan Anda akan melewati jalan yang cukup berbatu selama 10 menit untuk menemukan papan arah menuju Curug Cikuluwung.

Setelah menemukan papan penunjuk menuju Cikuwulung, maka sampailah Anda di perkampungan Suka Asih. Anda bisa parkir kendaraan di area rumah warga. Hanya berjarak lima menit dari perkampungan penduduk untuk sampai tiba di ke dalam curug.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement