Kandungan Gizi dan Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Image title
1 Desember 2021, 14:37
Kandungan Gizi dan Manfaat Salak untuk Ibu Hamil
Pixabay

Selama masa kehamilan asupan gizi maupun nutrisi bagi ibu hamil harus tetap dijaga. Caranya dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur serta buah-buahan segar. Bahan makanan organik ini menjadi sumber vitamin dan mineral penting yang sangat dibutuhkan ibu hamil, agar selalu berenergi dalam menjalankan segala aktivitasnya.

Salah satu buah yang baik bagi ibu hamil adalah salak. Buah ini memang sulit dilepaskan dari mitos di tengah masyarakat. Dimana, buah tersebut dianggap akan menyebabkan kulit bayi menjadi bersisik setelah dilahirkan. Pandangan semacam ini masih sekedar mitos. Sebab, sampai sekarang belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya.

Buah salak sebenarnya memiliki segudang khasiat yang bagus bagi kesehatan, tak terkecuali ibu hamil. Manfaat salak untuk ibu hamil cukup banyak. Buah salak mengandung protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi dan nutrisi lainnya, yang mampu membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Menurut Health Benefits Times, kandungan nutrisi utama buah salak meliputi:

  1. Zat Besi (48,75%)
  2. Vitamin B2 (15,38%)
  3. Vitamin C (9,33%)
  4. Karbohidrat (9,31%)
  5. Kalsium (3,80%)

Selain kandungan gizi di atas, saat mengkonsumsi 100 gram salak, ibu hamil akan mendapat manfaat seperti menjaga kesehatan tulang, menambah energi, hingga menurunkan risiko terjadinya komplikasi pada kehamilan. Dari penjelasan ini, bisa diambil sedikit kesimpulan kalau manfaat salak untuk ibu hamil sangat penting.

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Tidak semua buah segar cocok dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, sebagian besar lainnya bisa dimakan dengan jumlah yang wajar. Contohnya seperti salak.

Buah salak diketahui berasal dari Pulau Sumatera dan bagian barat daya Pulau Jawa. Buah ini kini sudah dibudidayakan sebagai buah dengan nilai jual cukup tinggi di sejumlah daerah di Indonesia. Salak memiliki nama latin Salacca zalacca. Buahnya tumbuh berkelompok di bagian pangkal palem.

Daging buah salak umumnya berwarna putih dengan rasa daging buah yang manis, namun sedikit asam. Tidak hanya lezat rasanya, buah salak memiliki sejumlah manfaat untuk ibu hamil. Dikutip dari Hello Sehat, berikut beberapa manfaat salak untuk ibu hamil.

1. Membantu Tumbuh Kembang Janin di Dalam Kandungan

Semua orang tua tentunya menginginkan buah hatinya lahir dengan kondisi sehat. Oleh karenanya, jangan heran kalau ada pasangan suami istri sudah menyiapkan segala kebutuhan, yang diperlukan selama proses kehamilan. Meskipun usia kandungannya masih sangat muda.

Namun demikian, langkah tersebut sangat tepat. Mengingat, diusia kehamilan pada beberapa minggu atau bulan pertama, asupan nutrisi penting diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Buah salak kaya akan fosfor, yang mampu membantu proses pembentukan tulang bayi saat masih dikandung. Oleh sebab itu, manfaat salak untuk ibu hamil punya peran penting dalam proses perkembangan si buah hati saat masa kehamilan.

Sebagai catatan, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah salak dengan teratur dan jumlahnya tidak begitu banyak. Hal ini untuk menghindari efek samping dari memakan salak secara berlebihan.

2. Menambah Energi untuk Ibu Hamil

Saat mengandung, ibu hamil umumnya akan lebih mudah merasa lemas, lelah, letih, dan sebagainya. Hal ini bisa terjadi karena ada perubahan hormon saat masa kehamilan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...