Kandungan Gizi dan Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Sejumlah manfaat salak untuk ibu hamil berikut ini, akan membantu porses pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.
Image title
1 Desember 2021, 14:37
Kandungan Gizi dan Manfaat Salak untuk Ibu Hamil
Pixabay

Selama masa kehamilan asupan gizi maupun nutrisi bagi ibu hamil harus tetap dijaga. Caranya dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur serta buah-buahan segar. Bahan makanan organik ini menjadi sumber vitamin dan mineral penting yang sangat dibutuhkan ibu hamil, agar selalu berenergi dalam menjalankan segala aktivitasnya.

Salah satu buah yang baik bagi ibu hamil adalah salak. Buah ini memang sulit dilepaskan dari mitos di tengah masyarakat. Dimana, buah tersebut dianggap akan menyebabkan kulit bayi menjadi bersisik setelah dilahirkan. Pandangan semacam ini masih sekedar mitos. Sebab, sampai sekarang belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya.

Buah salak sebenarnya memiliki segudang khasiat yang bagus bagi kesehatan, tak terkecuali ibu hamil. Manfaat salak untuk ibu hamil cukup banyak. Buah salak mengandung protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi dan nutrisi lainnya, yang mampu membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Menurut Health Benefits Times, kandungan nutrisi utama buah salak meliputi:

Advertisement
  1. Zat Besi (48,75%)
  2. Vitamin B2 (15,38%)
  3. Vitamin C (9,33%)
  4. Karbohidrat (9,31%)
  5. Kalsium (3,80%)

Selain kandungan gizi di atas, saat mengkonsumsi 100 gram salak, ibu hamil akan mendapat manfaat seperti menjaga kesehatan tulang, menambah energi, hingga menurunkan risiko terjadinya komplikasi pada kehamilan. Dari penjelasan ini, bisa diambil sedikit kesimpulan kalau manfaat salak untuk ibu hamil sangat penting.

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Tidak semua buah segar cocok dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, sebagian besar lainnya bisa dimakan dengan jumlah yang wajar. Contohnya seperti salak.

Buah salak diketahui berasal dari Pulau Sumatera dan bagian barat daya Pulau Jawa. Buah ini kini sudah dibudidayakan sebagai buah dengan nilai jual cukup tinggi di sejumlah daerah di Indonesia. Salak memiliki nama latin Salacca zalacca. Buahnya tumbuh berkelompok di bagian pangkal palem.

Daging buah salak umumnya berwarna putih dengan rasa daging buah yang manis, namun sedikit asam. Tidak hanya lezat rasanya, buah salak memiliki sejumlah manfaat untuk ibu hamil. Dikutip dari Hello Sehat, berikut beberapa manfaat salak untuk ibu hamil.

1. Membantu Tumbuh Kembang Janin di Dalam Kandungan

Semua orang tua tentunya menginginkan buah hatinya lahir dengan kondisi sehat. Oleh karenanya, jangan heran kalau ada pasangan suami istri sudah menyiapkan segala kebutuhan, yang diperlukan selama proses kehamilan. Meskipun usia kandungannya masih sangat muda.

Namun demikian, langkah tersebut sangat tepat. Mengingat, diusia kehamilan pada beberapa minggu atau bulan pertama, asupan nutrisi penting diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Buah salak kaya akan fosfor, yang mampu membantu proses pembentukan tulang bayi saat masih dikandung. Oleh sebab itu, manfaat salak untuk ibu hamil punya peran penting dalam proses perkembangan si buah hati saat masa kehamilan.

Sebagai catatan, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah salak dengan teratur dan jumlahnya tidak begitu banyak. Hal ini untuk menghindari efek samping dari memakan salak secara berlebihan.

2. Menambah Energi untuk Ibu Hamil

Saat mengandung, ibu hamil umumnya akan lebih mudah merasa lemas, lelah, letih, dan sebagainya. Hal ini bisa terjadi karena ada perubahan hormon saat masa kehamilan.

Buah salak mengandung karbohidrat yang cukup banyak. Jika dikonsumsi, karbohidrat pada buah salak akan menjadi energi tambahan untuk ibu hamil. Sehingga, ia masih bisa menjalankan aktivitasnya dengan sehat dan bugar.

Kandungan karbohidrat pada buah salak juga dipercaya memiliki manfaat baik, bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

3. Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Komplikasi pada ibu hamil bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang punya kandungan vitamin C tinggi. Contohnya seperti buah salak. Manfaat salak untuk ibu hamil, yaitu dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan.

Vitamin C berfungsi sebagai nutrisi yang membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih cepat. Berbicara mengenai zat besi, di dalam buah salak juga terkandung zat besi dan mineral penting lainnya untuk kebaikan ibu hamil.

4. Mencegah Anemia

Risiko terjadinya anemia pada ibu hamil bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun yang jelas, saat sel darah merah tidak mampu membawa oksigen keseluruh tubuh dengan maksimal, maka bisa dipastikan tubuh ibu hamil sedang kekurangan zat besi.

Anemia defisiensi zat besi bisa beresiko fatal dan membuat bayi lahir prematur. Untuk mencegahnya, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah salak. Salak memiliki kandungan zat besi cukup banyak. Sehingga, dapat membantu tubuh terhindar dari anemia.

5. Menyehatkan dan Menjaga Tulang

Kandungan kalsium pada buah salak dapat membuat tulang ibu hamil tetap sehat dan kuat. Selain itu, kandungan mineral lainnya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan serta perkembangan janin.

Jika tulang kuat dan sehat, maka ibu hamil bisa terhindar dan mencegah osteoporosis.

Manfaat Salak untuk Kesehatan

Khasiat buah salak tidak hanya baik untuk ibu hamil. Melainkan, buah ini juga punya beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari Organic Facts, berikut segudang manfaat salak untuk kesehatan.

1. Menyehatkan Mata

Buah salak ternyata punya antioksidan berna betakaroten. Fungsi utamanya bisa menjaga kesehatan mata. Antioksidan ini dianggap dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan memperlambat perkembangan katarak seiring bertambahnya usia.

2. Meredakan Maag

Secara tradisional, buah salak dipercaya mampu meredakan sakit maag. Buah ini bisa dikonsumsi langsung setelah daging buahnya dicuci bersih.

3. Menurunkan Berat Badan

Buah salak memiliki kandungan serat cukup tinggi. Oleh karena itu, saat dikonsumsi rasa kenyang akan bertahan lama di perut. Hal ini menjadi sesuatu yang bagus, sebab bisa menurunkan berat badan yang disebabkan memakan cemilan atau makanan secara berlebihan.

Demikian pembahasan tentang manfaat salak untuk ibu hamil. Seperti penjelasan di atas, segudang manfaat buah salak ini bisa dirasakan tubuh kalau jumlah konsumsinya tidak berlebihan.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait