Jaringan 5G Pertama Hadir di Indonesia, Vivo Meluncurkan V21

Peluncuran Vivo V21 bertepatan dengan hadirnya jaringan internet generasi kelima atau teknologi 5G di Indonesia dari Telkomsel.
Image title
25 Mei 2021, 09:14
jaringan 5g, Teknologi 5g, vivo, ponsel, gadget, ponsel 5g, hp 5g, hp 5g pertama di indonesia, telkomsel, 5g telkomsel, jaringan 5g
Vivo
Vivo V21 5G.

Produsen ponsel pintar atau smartphone Vivo meluncurkan produk terbaru mereka Vivo V21 5G di Indonesia. Peluncuran produk baru ini bertepatan dengan hadirnya jaringan internet generasi kelima atau 5G di Indonesia dari Telkomsel. Selain mengandalkan teknologi 5G, ponsel tersebut dibekali kamera dengan teknologi dual Optical Image Stabilization (OIS) Night Camera.

Vivo Indonesia secara resmi meluncurkan varian terbaru dari Vivo V-Series melalui online grand launch yang ditayangkan secara langsung di kanal media sosial resmi Vivo Indonesia kemarin (24/5).

Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma mengatakan Vivo V21 5G menyematkan dual mode 5G, baik standalone (SA) dan non-standalone (NSA). Kedua mode 5G ini beroperasi pada lebih dari satu pita frekuensi. 

Dengan begitu, ponsel ini akan mendukung frekuensi 5G apapun yang ada di Indonesia nantinya. Vivo V21 5G bisa mendukung band n1, n3, n7, n7, 28, n40, n41, dan n78.

Akses 5G itu disematkan untuk menyasar konsumen yang menginginkan smartphone 5G. "Ponsel ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan konsumen akan perangkat yang kaya fitur dan memungkinkan pengguna mengekspresikan diri mereka kapan saja dan di mana saja," kata Edy dalam siaran pers pada Kamis (24/5).

Seiring dengan peluncuran produk terbaru dari Vivo, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memberikan izin komersial jaringan 5G kepada perusahaan operator seluler Telkomsel. Operator seluler berpelat merah ini menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G.

Dengan begitu, Telkomsel dapat segera menyelenggarakan jaringan 5G secara komersial untuk tahap awal pada frekuensi spektrum 2,3 GHz. Perusahaan juga bisa menjual produk atau layanan 5G kepada pelanggan.

Layanan 5G dari Telkomsel diluncurkan secara serentak pada Kamis (27/5). Selanjutnya, dapat dinikmati secara terbatas dan bertahap di enam lokasi residensial di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Keenam lokasi yang dimaksud yakni Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk (PIK), BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain mengandalkan kemampuan akses 5G, Vivo V21 5G jug menjadi smartphone pertama di Indonesia yang memiliki teknologi dual OIS night camera. Kamera depan dan belakang mampu menangkap foto dan video dengan hasil stabil dan jernih. 

Kedua kamera juga memiliki kemampuan ultra stable video yang menggabungkan teknologi OIS dan Electronic Image Stabilization (EIS). Alhasil, video menjadi lebih stabil karena berfokus pada objek.

Vivo V21 5G memiliki komposisi kamera depan 44 Megapiksel (MP). Vivo meningkatkan kemampuan algoritma artificial intelligence (AI) night portrait pada kamera depannya untuk mendukung ketepatan dalam pengambilan gambar. 

Ada juga fitur dual selfie spotlight berukuran 1 mm yang terletak di sebelah kanan dan kiri kamera depan.  Fitur ini dibuat untuk cahaya tambahan untuk meningkatkan kualitas selfie. Fitur ini cocok untuk mendukung kegiatan pembuatan konten media sosial atau live streaming.

Sedangkan, pada kamera belakangnya, Vivo V21 5G dibekali dengan tiga modul kamera, yaitu 64 MP OIS night camera sebagai kamera utama, kemudian 8 MP multimode camera serta 2 MP macro camera. 

Kamera utama 64 MP OIS Night Camera mempunyai 4-Axis OIS. Video yang dihasilkan oleh kamera belakang juga sudah berkualitas 4K Video.

Ponsel ini ditenagai cip (chipset) Mediatek Dimensity 800U dengan clock speed hingga 2,4GHz. Chipset ini menggunakan fabrikasi 7nm untuk memberikan performa tinggi sambil mempertahankan efisiensi daya.

Vivo V21 5G dilengkapi dengan teknologi 8 GB + 3 GB tambahan RAM. Ponsel ini mampu menambah RAM menjadi 11 GB dengan mengambil kapasitas memori internal sebesar 3 GB. 

Perusahaan juga menyematkan kapasitas memori internal 128 GB ROM pada ponsel ini yang dapat digunakan pengguna menyimpan berbagai file dokumen, musik ataupun foto.

 

Untuk kemampuan baterai, Vivo V21 5G mengandalkan kapasitas baterai 4000 mAh. Kemampuan pengisian baterai 33 W, yang bisa mengisi ulang daya hingga 63% hanya dalam waktu 30 menit.

Pada bagian layar, Vivo V21 mengandalkan E3 Amoled Display dengan refresh rate 90Hz. Tampilan bodi depan Vivo V21 5G dilengkapi dengan ultra all screen menggunakan water drop notch.

Di Indonesia, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 5.799.000. Perusahaan mulai membuka per-order sejak 24 Mei 2021 kemarin hingga 29 Mei 2021 nanti.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait