Telegram For PC: Cara Download Telegram Desktop

Image title
9 Juni 2021, 16:10
Telegram For PC: Cara Download Telegram Desktop
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Telegram aplikasi berbalas pesan singkat yang pamornya semakin meningkat

Kebutuhan akan aplikasi chatting sangat tinggi. Aplikasi media sosial terutama yang menghadirkan fitur chatting diakses oleh para millenial selama kurang lebih 2.5 jam per harinya, lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi streaming musik maupun streaming video. Saat ini banyak aplikasi pengirim pesan yang digunakan para pengguna internet. Pada tahun 2019, berdasarkan data yang dipublikasikan di Katadata.co.id, ada 10 aplikasi pesan singkat yang populer dikalangan pengguna internet. Telegram salah satunya.

Apa Itu Telegram?

Beberapa waktu lalu telegram menjadi perbincangan banyak orang karena kebijakan pemerintah Indonesia yang memutuskan untuk memblokir aplikasi ini. Namun status blokir tersebut kemudian dicabut dengan syarat telegram diminta untuk membersihkan konten-konten yang dilarang. Keputusan status blokir tersebut membuat telegram semakin eksis hingga saat ini. Pada tahun 2019, telegram masuk dalam daftar 10 aplikasi pesan singkat yang populer. Sementara itu, saat ini download telegram di playstore sudah mencapai lebih dari 500 juta kali.

Telegram adalah aplikasi pesan singkat yang dirilis pada Agustus 2013 oleh dua bersaudara Nikolai dan  Pavel Durov. Keduanya berbagi tugas untuk membangun Telegram menjadi jejaring aplikasi pesan singkat yang terbaik. Pavel memiliki tanggung jawab atas ideologi yang ada di telegram dan menjaga kelangsungan sistem operasional telegram. Sementara itu, Nikolai bertanggung jawab atas teknologi yang dikembangkan telegram. Nikolai fokus untuk pengembangan protokol data yang unik, terbuka, aman, dan mengoptimalkan bekerja sama dengan banyak pusat data.

Saat ini telegram hadir dengan banyak fitur yang diperuntukan demi kenyamanan penggunanya. Beberapa fitur terkenal yang ada di telegram adalah fitur mengirimkan media tanpa merusak kualitas dari media tersebut, fitur editing chat, fitur kapasitas grup yang sangat besar, fitur pengiriman file dalam ukuran besar, fitur keamanan data, dan beberapa fitur unggulan lainnya. Telegram menjadi salah satu aplikasi chatting pilihan karena sangat fleksibel pengoperasiannya dan tersedia dalam banyak bahasa sehingga memudahkan siapa saja untuk menggunakan aplikasi ini.

Cara Download Telegram Dekstop

Salah satu keunggulan dari telegram yaitu dapat diakses menggunakan banyak perangkat dalam waktu yang sama. Salah satu yang bisa digunakan adalah telegram for PC. Telegram hadir dengan kelebihan untuk bisa diakses menggunakan PC atau laptop. Untuk mengunduh telegram di PC juga sangatlah mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, Anda harus terlebih dahulu membuka situs telegram PC atau melalui dekstop.telegram.org.
  2. Anda bisa memilih versi telegram dekstop untuk dipasang pada PC atau laptop Anda.
  3. Kemudian Anda bisa langsung megunduh (download) telegram untuk PC atau laptop.
  4. Selesai proses download, Anda bisa langsung instal aplikasi tersebut.
  5. Apabila proses instal sudah selesai, Anda bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut dengan klik “mulai pesan” lalu pilih negara tempat anda tinggal.
  6. Kemudian, Anda akan diminta untuk menginput nomor hp yang akan digunakan untuk mendaftar akun telegram for PC.
  7. Masukkan nomor hp dengan benar. Nomor hp tersebut nantinya akan menerima pesan kode verifikasi dari telegram.
  8. Jika kode verifikasi sudah diterima, ketik kode tersebut pada aplikasi telegram dekstop yang Anda gunakan.
  9. Apabila kode verifikasi yang diinput sudah benar, maka aplikasi telegram yang terpasang di PC atau laptop anda sudah bisa digunakan untuk mengirimkan pesan atau media lainnya.

Demikian cara untuk download telegram for PC yang mudah, cepat, dan bisa anda lakukan dengan menggunakan PC atau laptop tipe apapun.

Kelebihan dan Kekurangan Telegram Desktop

Selain menjadi pilihan bagi para pengguna telegram for PC hadir dengan beberapa keunggulan, di antara:

  1. Memiliki konektivitas yang lebih cepat dan stabil.
  2. Proses chatting lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan telegram web.
  3. Dapat menyimpan file secara otomatis dan disimpan langsung pada perangkat yang digunakan.

Selain keunggulan dari telegam PC, tentu ada juga kekurangan yang dimiliki aplikasi telegram untuk dekstop ini. Kekurangan yang dimilikinya yaitu:

  1. Tampilan kurang baik dibandingkan telegram web. Pada telegram dekstop tampilan pesan bersama orang lain sejajar dengan pesan sendiri sehingga seringkali menyulitkan penggunanya.
  2. Karena memiliki sistem penyimpanan file yang otomatis, terkadang menyulitkan pengguna telegram for pc yang memiliki kapasitas harddisk terbatas.
  3. Cukup repot untuk membalas pesan tertentu, karena harus klik kanan terlebih dahulu.

Terlepas dari kurang dan lebih yang dimiliki telegram dekstop, namun layanan ini cukup banyak diminati. Terlebih bagi mereka yang sangat aktif menggunakan telegram untuk berbagai keperluan. Adanya telegram for pc memudahkan aktivitas chatting dengan pengguna telegram lain, tanpa perlu membuka handphone.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait