4 Cara Menghapus Akun Instagram Tanpa Ribet

Instagram merupakan aplikasi media sosial yang banyak peminatnya. Ada banyak fitur yang disediakan termasuk cara menghapus akun Instagram dengan mudah. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.
Image title
23 Juli 2021, 14:56
4 Cara Menghapus Akun Instagram Tanpa Ribet
alexey malkin|123RF.com
Ikon aplikasi Instagram pada close-up layar iPhone Apple.

Instagram merupakan aplikasi media sosial yang banyak digunakan khususnya oleh para milenial. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk berbagai foto atau video baik di feed yang bertahan lama atau story yang hanya bertahan 24 jam saja. Saat Instagram sudah diunduh sebanyak lebih dari 1 miliar kali di Play Store.

Meskipun banyak yang menggunakan, banyak juga pengguna Instagram yang ingin mengetahui cara menghapus akun Instagram untuk berbagai alasan. Untuk menghapus akun Instagram secara permanen maupun sementara sebenarnya tidaklah sulit. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Banyak pengguna Instagram yang ingin menghapus akun Instagram miliknya secara permanen atau selamanya. Alasan dibalik keputusan tersebut tentu saja berbeda-beda. Misalnya saja karena ingin mengganti dengan akun yang baru atau ada juga yang karena akun milikinya di retas, sehingga perlu untuk dihapus agar tidak membahayakan keamanan data di akun tersebut.

Bagi anda yang ingin menghapus akun Instagram secara permanen, berikut ini cara-caranya:

Advertisement
  1. Buka terlebih dahulu Instagram web di instagram.com melalui browser yang terpasang di hp atau laptop Anda.
  2. Setelah itu, pada tab lain anda bisa membuka link https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/.
  3. Tahapan berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan alasan anda menghapus akun Instagram tersebut secara permanen. Pilih salah satu dari opsi yang ditampilkan.
  4. Kemudian anda bisa memasukkan password dari akun Instagram tersebut.
  5. Klik opsi "Permanent Delete My Account".
  6. Kini akun Instagram Anda sudah terhapus selamanya.

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara

Selain menghapus permanen, Anda juga bisa menghapus akun Instagram untuk sementara. Cara menghapus akun Instagram untuk sementara waktu juga tidak sulit. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka instagram.com di aplikasi browser yang Anda miliki.
  2. Login dengan menggunakan akun Instagram yang ingin di nonaktifkan sementara,
  3. Klik menu "Profil". Kemudian pilih "edit profil".
  4. Selanjutnya akan ada opsi "Temporariliy Disable My Account" atau "Nonaktifkan Sementara Akun Saja" yang biasanya ada dibagian kanan bawah. Klik opsi tersebut.
  5. Berikutnya Anda akan diminta untuk memilih alasan mengapa anda hendak menonaktifkan akun tersebut. Pilih salah satu dan lanjutkan ke tahap berikutnya.
  6. Masukkan password atau kata sandi dari akun tersebut. Jika lupa, maka anda bisa memilih opsi Lupa kata sandi, yang ada di bawah kolom pengisian password.
  7. Klik pilihan Akin Dinonaktifkan Sementara, kemudian akun anda akan hilang untuk sementara waktu sampai anda mengaktifkannya kembali.

Cara Menghapus Akun Instagram Di Hp

Selain dengan menggunakan dua cara di atas, untuk menghapus akun Instagram juga bisa dengan menggunakan hp yang anda miliki. Anda bisa menghapus akun Instagram secara permanen dengan menggunakan HP. Berikut cara-caranya:

  1. Buka aplikasi Instagram yang sudah terpasang di ponsel pintar yang Anda miliki.
  2. Login dengan akun Instagram yang hendak dihapus.
  3. Masuk pada menu profil.
  4. Klik ikon garis tiga yang ada di bagian pojok kanan atas.
  5. Klik menu "Settings" atau "pengaturan". Kemudian pilih "Help Centre".
  6. Berikutnya, Anda akan masuk ke laman help.Instagram.com secara otomatis.
  7. Kemudian Anda bisa pilih opsi “bagaimana cara menghapus akun saya?”. Pilih nomor 1 dari semua pilihan yang ada,
  8. Klik halaman "menghapus akun anda”
  9. Anda akan diminta untuk memberikan alasan, mengapa anda menghapus akun tersebut. Masukkan alasan yang sesuai dengan keinginan.
  10. Masukkan password dan klik "Pemanently Delete My Account", dan akun Instagram Anda akan terhapus secara permanen.

Cara Menghapus Akun Instagram yang Lupa Password

Karena terlalu banyak akun sosial media yang dimiliki, tak jarang jika kita sering lupa dengan password atau kata sandi dari akun sosial media yang kita punya, tak terkecuali dengan password Instagram. Padahal saat hendak menghapus akun Instagram kita akan diminta untuk memasukkan kata sandi dari akun tersebut.

Jangan dulu panik, karena ternyata masih ada cara menghapus akun Instagram meskipun kita lupa password dari akun tersebut. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut:

Login ke Akun Instagram

Langkah pertama yang harus dilakukan saat hendak menghapus akun Instagram namun lupa dengan password yang dimiliki, Anda harus login terlebih dahulu. Cara untuk login atau masuk ke akun tersebut juga sedikit berbeda dari cara login pada umumnya. Berikut ini cara untuk login ke akun Instagram saat lupa kata sandi:

  1. Buka Instagram web dengan menggunakan laptop atau hp di aplikasi browser yang terpasang pada perangkat tersebut.
  2. Klik "Get Help Logging".
  3. Masukkan username atau alamat email yang digunakan pada akun yang hendak Anda akses
  4. Berikutnya Anda akan mendapatkan verifikasi melalui email atau SMS.
  5. Tunggu sebentar sampai Anda mendapatkan kode yang bisa digunakan untuk masuk ke akun tersebut.
  6. Jika kode verifikasi sudah diterima, Anda bisa login menggunakan kode tersebut.

Mengatur Password Baru

Tahapan berikutnya, anda harus mengatur ulang password dari akun Instagram tersebut. Caranya sebagai berikut:

  1. Klik menu "Setting".
  2. Kemudian pilih menu "Security".
  3. Masukkan Password yang mudah Anda ingat.
  4. Setelah itu, buka email dan klik link yang dikirimkan untuk mengganti password Instagram anda.
  5. Atur ulang password akun tersebut kemudian login menggunakan password yang baru.

Hapus Akun

Setelah password baru sudah dibuat, anda kini bisa langsung menghapus akun Instagram yang anda gunakan dengan cara berikut ini;

  1. Jika ingin menghapus secara permanen Anda bisa mengakses laman Instagram.com/accounts/remove/request/permanen. Sebelum mengakses laman ini, pastikan Anda sudah login ke akun yang hendak anda hapus.
  2. Pilih alasan Anda menghapus akun tersebut.
  3. Masukkan password dari akun yang akan dihapus.
  4. Klik "Hapus Akun Saya Secara Permanen" dan akun Instagram Anda akan secara otomatis hilang atau terhapus.

Cara Mengaktifkan Akun Instagram yang Sudah Di Hapus Sementara

Sebelumnya telah dijelaskan cara menghapus akun Instagram sementara. Pada bagian ini, kami akan informasikan cara untuk mengaktifkan kembali akun Instagram yang sudah terlanjut di nonaktifkan. Cara untuk mengaktifkan ternyata tidaklah sulit, Anda hanya perlu login seperti biasa dengan menggunakan username atau email dan password akun tersebut di aplikasi Instagram ataupun di Instagram web.

Akan tetapi setelah mengaktifkan kembali akun yang pernah di hapus sementara, Anda tidak dapat menonaktifkan kembali akun tersebut dalam waktu dekat. Anda harus menunggu waktu minimal satu minggu dari waktu pengaktifan kembali, jika ingin kembali menonaktifkan akun tersebut.

Untuk itu, sebelum mengaktifkan kembali akun tersebut, pastikan Anda sudah benar-benar yakin dengan keputusan tersebut. Karena untuk mengahapusnya kembali harus menunggu beberapa hari kemudian.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait