11 Rekomendasi Film Kartun Terbaik, Bisa Nonton di Netflix

Berikut deretan film kartun terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Mana yang belum Anda tonton?
Image title
6 September 2021, 17:23
Salah satu film kartun terbaik adalah sekuel Dispicable Me yang bercerita tentang Gru dan para Minions.
Universal Pictures
Salah satu film kartun terbaik adalah sekuel Dispicable Me yang bercerita tentang Gru dan para Minions

Salah satu jenis film yang digemari banyak kalangan adalah film kartun. Genre film animasi menjangkau banyak kelas usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Film kartun yang dikemas dengan visualisasi yang penuh warna sehingga memanjakan mata dan menyenangkan untuk ditonton. Selain itu, film kartun atau animasi juga memiliki beragam cerita seru dan menarik yang ikut menjadi nilai tambah.

Beberapa film kartun bahkan tak jarang merajai peringkat box office movie dengan catatan jumlah penonton terbanyak. Banyak juga yang mendapatkan rating tinggi serta pujian, baik dari penonton maupun kritikus film, seperti Toy Story, Dispicable Me, atau Spirited Away.

Manfaat Menonton Kartun

1. Manfaat Menonton Kartun bagi Anak

Menonton film kartun atau animasi tak hanya menghibur, namun juga memberi dampak positif lainnya.

Advertisement

Ada berbagai manfaat secara psikologis ketika Anda menonton film animasi, khususnya bagi anak-anak.

  • Media Belajar Berkomunikasi bagi Anak

Tidak hanya menghibur, saat menyaksikan film kartun anak-anak juga bisa belajar berkomunikasi dengan orangtua. Saat mendampingi anak menonton, orang tua juga bisa mengenalkan gambar-gambar menarik yang ada dalam tayangan film kartun.

  • Belajar Nilai Positif dari Sebuah Film

Tidak sedikit film kartun yang mengajarkan nasehat atau tolong menolong antar sesama. Hal ini dapat dijelaskan kepada anak-anak dan diaplikasikan di kesehariannya.

  • Belajar Bahasa

Menonton film kartun juga dapat menjadi media belajar bahasa. Orang tua bisa mulai mengenalkan bahasa lain selain bahasa sehari-hari yang digunakan di rumah, misalnya bahasa inggris. Banyak film kartun yang menggunakan bahasa Inggris dengan tayangan yang positif, tidak ada salahnya mengajak anak menyaksikan film kartun berbahasa lain untuk mengenalkannya dengan bahasa asing.

2. Manfaat Menonton Kartun bagi Orang Dewasa

Tak hanya untuk anak-anak, ada pula film kartun yang dapat ditonton orang dewasa.

  • Banyak Pelajaran Berharga

Ada banyak film kartun yang menyampaikan pesan moral dan pelajaran berharga. Sebut saja The Lion King, Toy Story, Inside Out dan banyak lagi. Film-film tersebut mengajarkan bahwa setiap permasalahan selalu memiliki jalan keluar yang baik dengan melihatnya secara lebih sederhana.

  • Mengontrol Emosi

Permasalahan dalam film animasi seringkali terselesaikan dengan sentuhan humor dan pemikiran yang sederhana. Hal tersebut sebenarnya bisa kamu coba dalam kehidupan nyata. Film animasi secara tidak sadar dapat membantu kamu lebih tenang ketika menghadapi permasalahan dengan cara sederhana yang ada pada film.

  • Memperbaiki Mood

Ketika menonton film kartun, penonton diajak untuk menyaksikan berbagai cerita ringan penuh imajinasi. Tingkah laku karakter animasi yang menggemaskan bukan hanya mengundang senyum namun juga gelak tawa. Belum lagi dengan warna warni menarik yang umumnya ditampilkan pada film kartun.

  • Meningkatkan Jiwa Sosial

Orang dewasa yang menyukai animasi cenderung memiliki jiwa sosial yang lebih baik. Alasannya, karena film kartun memiliki nilai kejujuran, kepolosan, pelajaran saling berbagi, juga kasih sayang. Dengan cara ini setiap orang diingatkan bahwa mereka hidup bersama orang lain yang menuntut adanya toleransi antar sesama.

  • Ada Nilai Moral

Film kartun mempunyai nilai sosial yang tinggi, mengenai norma dan moral. Kadang kala, menjadi orang dewasa membuat hal-hal mendasar justru terlupakan. Dengan nonton film kartun, Anda akan ingat kembali mengenai dasar-dasar kemanusiaan, bagaimana bersosialisasi, mengejar mimpi, hingga mengalahkan ego.

Berikut Katadata berikan rekomendasi film kartun terbaik yang dapat menjadi referensi tontonan Anda.

Poster film Coco (2017)
Poster film Coco (2017) (Walt Disney Pictures)


1. Coco (2017)

Coco merupakan salah satu film animasi terbaik yang mampu membuat para penontonnya berlinang air mata.

Film ini bercerita tentang petualangan seorang anak bernama Miguel yang berpetualang ke dunia roh untuk mencari kebenaran silsilah keluarganya.

Meski menguras air mata, film ini penuh dengan nyanyian yang sangat menghibur. Bahkan film ini mendapatkan penghargaan Piala Oscar untuk kategori Best Original Song. Film ini mendapatkan rating 97% di Rotten Tomatoes dan 8.4/10 di IMDb.

2. Stand by Me Doraemon 2 (2021)

Perilisan film Doraemon ini sempat menghebohkan warganet. Pasalnya, setelah perjalanan panjang akhirnya Nobita dan Shizuka menikah di Stand By Me Doraemon 2.

Film bioskop animasi terbaik ini dirilis pada tahun 2020. Tapi perilisannya ditunda hingga akhirnya tayang perdana pada 19 Februari 2021 di Indonesia.

Stand By Me Doraemon 2 disutradarai dan ditulis oleh Ryuichi Yagi dan Takashi Yamazaki. Ceritanya diangkat dari salah satu chapter komik Doraemon berjudul Grandma's Memories.

Film ini mendapatkan rating 69% di Rotten Tomatoes dan 7,5/10 di IMDb.

3. Raya and the Last Dragon (2021)

Film animasi dari Disney yang dirilis di bioskop tanah air sejak 3 Maret 2021 ini mengangkat cerita dari Asia Tenggara.

Raya and the Last Dragon menceritakan saat naga dan manusia tidak lagi hidup bersama. Sebab, naga mengorbankan diri untuk menyelamatkan manusia 500 tahun yang lalu.

Kejadian ini membuat Raya (Kelly Marie Tran) harus melacak sisa naga terakhir. Ia juga harus bisa mengalahkan monster jahat yang kembali untuk meneror Kumandra.

Film ini mendapatkan rating 94% di Rotten Tomatoes dan 7,5/10 di IMDb.

4. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Film Spider-Man: Into the Spider-Verse menjadi kejutan besar dari Marvel untuk para penggemarnya.

“Spider-Verse” diadaptasi langsung dari komik sebagai bentuk penyegaran untuk karakter Spider-Man.

Berbeda dengan film Spider-Man versi live action, film ini tidak menceritakan tentang Peter Parker. Spider-Man: Into the Spider-Verse bercerita tentang Spider-Man bernama Miles Morales yang harus berhadapan dengan berbagai masalah ketika ada keretakan dimensi di kota New York.

Keberhasilan film ini terbukti dengan mampu menyabet sejumlah penghargaan bergengsi, salah satunya kategori Film Animasi Terbaik dalam gelaran Piala Oscar 2019.

5. Up (2009)

Film ini banyak membat penontonnya menangis, bahkan di 15 menit pertama film dimulai. Up sukses membuat setiap penontonnya terenyuh.

Alhasil, film ini masuk dalam deretan film animasi terbaik Disney sepanjang masa. Bukan hanya dinilai dari depan, tapi secara keseluruhan film.

Up menceritakan perjalanan seorang kakek bernama Carl Fredricksen yang bekerja sebagai tukang balon. Ia memiliki impian untuk pergi ke satu tempat di Amerika Selatan.

Kisah perjalanannya memiliki makna yang dalam dan mampu masuk ke emosi penonton. Nggak heran jika banyak penonton yang nangis bombay saat menontonnya.

Film ini mendapatkan rating tinggi di situs Rotten Tomatoes dengan 98%, dan 8.2/10 di IMDb.

6. Inside Out (2015)

Inside Out bercerita tentang seroang gadis dengan kelima sifatnya. Setiap karakter yang diceritakan memiliki kelima sifat ini dan saling bekerja sama untuk membangun pribadi sang gadis.

Cukup unik, bukan? Oleh karena itu, film Inside Out menjadi salah satu tontonan terbaik yang sayang untuk Anda lewatkan.

Film ini juga mendapatkan rating 98% di situs Rotten Tomatoes dan 8.2/10 di IMDb.

7. Zootopia (2016)

Dari gajah terbesar hingga tikus terkecil, kota Zootopia adalah kota metropolitan mamalia tempat berbagai hewan hidup dan berkembang biak.

Ketika Judy Hopps (Ginnifer Goodwin) menjadi kelinci pertama yang bergabung dengan kepolisian, dia dengan cepat menyadari betapa sulitnya menegakkan hukum. Namun, ia bertekad membuktikannya. Judy mengambil kesempatan untuk memecahkan kasus misterius. Sayangnya, itu berarti bekerja dengan Nick Wilde (Jason Bateman), seekor rubah cerdik yang membuat pekerjaannya semakin sulit.

Film produksi Disney ini mendapatkan rating 98% di situs Rotten Tomatoes dan 8.0/10 di IMDb.

8. Sekuel Toy Story

Apa jadinya jika mainan Anda bisa bergerak, berbicara, dan memiliki perasaan? Imajinasi itulah yang disajikan dalam film Toy Story.

Film ini berkisah tentang mainan-mainan milik Andy yang bisa bergerak jika tidak terlihat manusia. Toy Story dapat menjadi media untuk memberi tahu anak-anak tentang siakp menghargai dan menyayangi barang yang mereka miliki.

Film garapan Pixar ini memiliki empat sekuel. Film pertamanya berhasil meraih dua penghargaan di Golden Globe Award. Lalu, film ini juga disebut sebagai film animasi terbaik sepanjang masa oleh majalah Empire.

Hal ini terbukti karena Toy Story memang sempat menjadi film box office dan tetap menarik meski ditonton berulang kali.

9. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba (2019)

Bagi para pencinta anime, Anda wajib menonton serial Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Serial anime ini diangkat dari komik dengan judul yang sama. Komiknya berhasil tembus menjadi peringkat pertama dalam penjualan komik tahunan Orico tahun 2019 dan mengalahkan One Piece. Di samping itu, animenya sendiri berhasil meraih berbagai penghargaan dan masih terus menarik penonton hingga kini.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba menceritakan seorang anak laki-laki pembasmi iblis. Setelah keluarganya dibunuh dan adiknya berubah menjadi iblis, Tanjiro kemudian memulai perjalanannya menjadi pembasmi iblis. Film ini ditayangkan sebanyak 26 episode dan bisa Anda tonton di Netflix atau Viu.

Serial ini memuat durasi sekitar 24 menit di setiap episode.

Dispicable Me 2 (2013)
Dispicable Me 2 (2013) (Universal Pictures)

 10. Sekuel Despicable Me 

Despicable Me juga merupakan salah satu film animasi ikonik dengan karakter-karakternya yang nyentrik.

Film pertamanya bercerita tentang petualangan Gru, seorang pencuri kelas kakap, yang memiliki misi mencuri bulan. Namun, dalam misinya tersebut, ternyata juga ada pencuri lain yang juga mengincar hal yang sama. Meski terdengar aneh, film ini juga mengangkat kisah kekeluargaan yang seru dan hangat.

11. Spirited Away (2001)

Bercerita tentang Chihiro Ogino, gadis kecil berusia 10 tahun yang keras kepala dan manja. Suatu ketika, ia dan orangtuanya menemukan taman hiburan yang terbengkalai.

Semakin ia menjelajahi taman tersebut, ia menyadari bahwa banyak hal yang aneh terjadi di sana. Tanpa disadari, ia telah memasuki dunia roh, geng.

Bahkan, orangtua Chihiro pun berubah menjadi babi. Ogino pun harus mengumpulkan keberanian untuk bekerja bersama para roh agar bisa keluar dari sana sekaligus menyelamatkan kedua orangtuanya.

Spirited Away adalah film tersukses dari Ghibli dengan pemasukan sekitar $300 juta. Film ini juga meraih Piala Oscar sebagai Best Animated Movie tahun 2003 dan menjadi salah satu dari dua film animasi yang pernah menerima Japan Academy Prize untuk kategori picture of the year.

Film ini begitu menarik banyak perhatian. Spirited Away adalah film pertama yang menghasilkan US$200 juta dalam pendapatan kotor sebelum ditayangkan di AS.

 

Itulah rekomendasi film kartun terbaik yang dapat menjadi referensi tontonanmu. Film-film tersebut dapat ditonton di berbagai platform streaming digital seperti Netflix dan Disney+.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait