Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Image title
3 September 2021, 16:45
Film Disney Terbaik, Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Rekomendasi Film Disney
Disney Pictures
Walt Disney Studios

Sejak 1937, Walt Disney Company telah memproduksi banyak tontonan yang menjadi hiburan. Ada sederet film animasi, pertunjukan langsung yang spektakuler, petualangan animasi komputer yang ajaib, dan lain-lain.

Pertama kali, Disney merilis "Snow White and the Seven Dwarfs". Sudah ada sekitar 420 film hingga saat ini. Berikut ini sederet film Disney terbaik sepanjang masa.

1. Ratatouille (2007)

Film konyol yang manis ini bercerita tentang hewan pengerat ambisius yang naif bernama Remy (disuarakan dengan apik oleh Patton Oswalt). Dia menjadi koki hebat yang jenaka, cerdas, bermoral lembut, dan secara dramatis meyakinkan.

Remy pindah ke Paris untuk mengikuti mimpinya. Sementara ada pula Linguini (disuarakan oleh Lou Romano), seorang manusia yang putus asa yang dikendalikan oleh Remy yang sangat berbakat.

Tikus itu memanfaatkan bocah malang Linguini untuk menguji keterampilan kulinernya di dapur, meski dia harus tetap bersembunyi di kepalanya saat bersamaan, sehingga menghasilkan adegan  lucu. Remy akhirnya mendapat kesempatan untuk membuktikan kemampuan kulinernya kepada kritikus makanan yang hebat, tetapi apakah makanannya enak?

2. Beauty and the Beast (1991)

Seorang pangeran muda yang arogan (Robby Benson) dan pelayan istananya jatuh di bawah mantra penyihir jahat, yang mengubahnya menjadi binatang yang mengerikan. Kutukan tersebut hanya akan hilang jika dia belajar untuk mencintai dan dicintai oleh orang lain. Gadis desa yang bersemangat dan keras kepala Belle (Paige O'Hara) memasuki kastil Beast setelah dia memenjarakan ayahnya Maurice (Rex Everhart).

Dengan bantuan para pelayannya yang terpesona, termasuk Nyonya Potts (Angela Lansbury) yang keibuan, Belle mulai menarik Binatang berhati dingin itu keluar dari keterasingannya.
Film ini merupakan animasi pertama yang pernah dinominasikan untuk Academy Award.

3. Snow White and the Seven Dwarfs (1937)

Film animasi Disney pertama, Snow White and the Seven Dwarfs mengisahkan seorang putri cantik yang diasingkan oleh ibu tirinya yang jahat ke hutan, Ia bertemu sekelompok kurcaci penambang yang mengundangnya untuk tinggal di tempat tinggal mereka.

Keselamatan Putri Salju terancam oleh kekuatan jahat yang dimiliki oleh sang ibu tiri yang kemudian mengirimkannya buah beracun untuk melenyapkan nyawa sang putri. Mampukah ia bertahan dari racun itu?

4. 101 Dalmatians (1991)

Film ini menceritakan kisah dua dalmatians London dan pemiliknya - yang mereka sebut sebagai "hewan peliharaan" - dan seorang penjahat bernama Cruella De Vil, yang ingin membeli semua anak anjing dalmatian yang dia temukan untuk mengubahnya menjadi mantel bulu.

Film ini dikemas dengan komedi dan petualangan yang menghibur.

5. Coco (2017)

Terlepas dari larangan musik selama beberapa generasi, Miguel muda bermimpi menjadi musisi yang berprestasi seperti idolanya Ernesto de la Cruz. Setelah sempat hampir putus asa meyakinkan keluarganya atas bakat musiknya, Miguel menemukan dirinya di Land of the Dead yang menakjubkan dan penuh warna. Di sana lah perjalanan luar biasa untuk membuka kisah nyata di balik sejarah keluarga Miguel duimulai.

6. Zootopia (2016)

Dari gajah terbesar hingga tikus terkecil, kota Zootopia adalah kota metropolitan mamalia tempat berbagai hewan hidup dan berkembang biak. Ketika Judy Hopps (Ginnifer Goodwin) menjadi kelinci pertama yang bergabung dengan kepolisian, dia dengan cepat menyadari betapa sulitnya menegakkan hukum.

Namun ia bertekad untuk membuktikannya, Judy mengambil kesempatan untuk memecahkan kasus misterius. Sayangnya, itu berarti bekerja dengan Nick Wilde (Jason Bateman), seekor rubah cerdik yang membuat pekerjaannya semakin sulit.

7. The Lady and the Tramp (1955)

Animasi klasik Disney ini mengangkat kisah anjing cocker spaniel yang dimanja bernama Lady (Barbara Luddy) yang kehidupan nyamannya hilang begitu pemiliknya memiliki bayi. Berkeliaran di jalanan, Lady berteman dan dilindungi oleh Tramp, anjing mutt liar yang tangguh (Larry Roberts).

Sebuah romansa mulai berkembang di antara kedua anjing itu, tetapi ada banyak perbedaan di antara mereka, bersamaan dengan drama di rumah tangga Lady yang ikut menjadi ancaman untuk memisahkan mereka.

8. Wall-E (2008)

WALL-E, kependekan dari Waste Allocation Load Lifter Earth-class, adalah robot terakhir yang tersisa di bumi. Dia menghabiskan hari-harinya merapikan planet ini, sepotong sampah pada suatu waktu. Tapi selama 700 tahun, WALL-E telah mengembangkan kepribadian, dan dia lebih dari sedikit kesepian. Kemudian dia melihat EVE (Elissa Knight), sebuah probe ramping dan indah yang dikirim kembali ke bumi dalam misi pemindaian. Smitten WALL-E memulai petualangan terbesarnya saat dia mengikuti EVE melintasi galaksi.

9. The Lion King (1994)

Film animasi Disney ini mengikuti petualangan singa muda bernama Simba (Jonathan Taylor Thomas) yang menjadi pewaris tahta ayahnya, Mufasa (James Earl Jones). Paman jahat Simba, Scar (Jeremy Irons), berencana untuk merebut tahta Mufasa dengan memikat ayah dan anak ke dalam penyerbuan rusa kutub. Tapi Simba lolos, dan hanya Mufasa yang terbunuh.

Simba kembali sebagai orang dewasa (Matthew Broderick) untuk mengambil kembali tanah kelahirannya dari Scar dengan bantuan teman-temannya Timon (Nathan Lane) dan Pumbaa (Ernie Sabella).

10. The Lion King (2019)

The Lion King yang dirilis pada 2019 merupakan versi animasi terbaru The Lion King 1994. Mengisahkan cerita Simba yang mengidolakan ayahnya, Raja Mufasa, dan mengambil hati takdir kerajaannya sendiri di dataran Afrika. Tapi tidak semua orang merayakan kedatangan anak baru. Scar, saudara laki-laki Mufasa punya rencana sendiri. Pertempuran untuk Pride Rock segera dirusak dengan pengkhianatan, tragedi dan drama, yang akhirnya mengakibatkan pengasingan Simba.

Di kemudian hari, dengan bantuan dari sepasang teman baru yang penasaran, Simba harus mencari cara untuk tumbuh dewasa dan mengambil kembali apa yang menjadi haknya.

11. The Hunchback of Notre Dame (1996)

Adaptasi dari novel klasik Victor Hugo Notre Dame de Paris ini mrngisahkan Quasimodo (disuarakan oleh Tom Hulce), seorang pemuda aneh yang cacat tetapi baik hati yang ditinggalkan oleh orang tuanya dan diselamatkan oleh para imam Notre Dame, katedral besar di jantung dari Paris. Ia tinggal di sana, mendapatkan penghasilannya sebagai pendering lonceng.

Quasimodo telah menjadi tawanan Frollo (disuarakan oleh Tony Jay), seorang pria yang saleh tetapi sangat pembenci. Frollo berharap untuk membersihkan Gipsi dari Paris dengan bantuan Phoebus (disuarakan oleh Kevin Kline), pemimpin pasukan di bawah komando Frollo. Namun, Phoebus tidak memiliki niat buruk terhadap para Gipsi—khususnya Esmerelda (disuarakan oleh Demi Moore), seorang gadis gipsi yang berdarah panas namun penuh kasih sayang. Akankah cinta menang?

12. Mulan (1998)

Khawatir ayahnya yang sakit akan direkrut menjadi militer Tiongkok, Mulan (Ming-Na Wen) mengambil tempatnya - meskipun, sebagai seorang gadis yang hidup di bawah rezim patriarki, dia secara teknis tidak memenuhi syarat untuk melayani. Dia dengan cerdik menyamar sebagai seorang pria dan pergi berlatih dengan sesama rekrutan.

Ditemani oleh naganya, Mushu (Eddie Murphy), dia menggunakan kecerdasannya untuk membantu menangkal invasi Hun, jatuh cinta dengan kapten gagah di sepanjang jalan.

13. Frozen (2013)

Ketika kerajaan mereka terjebak dalam musim dingin yang abadi, Anna (Kristen Bell) yang tak kenal takut bergabung dengan pendaki gunung Kristoff (Jonathan Groff) sahabat karib rusa kutubnya. Mereka pergi dengan misi menemukan saudara perempuan Anna, Ratu Salju Elsa (Idina Menzel), dan mematahkan mantra esnya. Meskipun perjalanan epik mereka membawa mereka untuk bertemu dengan troll mistis, manusia salju komedi (Josh Gad), dan sihir di setiap kesempatan. Anna dan Kristoff dengan berani maju dalam perlombaan untuk menyelamatkan kerajaan mereka dari cengkeraman dingin musim dingin.

14. Moana (2016)

Seorang remaja petualang berlayar dalam misi yang berani untuk menyelamatkan rakyatnya. Selama perjalanannya, Moana bertemu dengan setengah dewa Maui yang dulu perkasa, yang membimbingnya dalam usahanya untuk menjadi pencari jalan utama.

Bersama-sama mereka berlayar melintasi lautan terbuka dalam perjalanan penuh aksi, menghadapi monster besar dan peluang yang mustahil. Sepanjang jalan, mereka bertempur melawan semua yang tersembunyi di lautan dan Moana menemukan satu hal yang selalu dia cari: identitasnya sendiri.

15. Inside Out (2015)

Riley (Kaitlyn Dias) adalah gadis Midwestern berusia 11 tahun yang bahagia dan menyukai hoki, tetapi dunianya terbalik ketika dia dan orang tuanya pindah ke San Francisco. Emosi Riley -- dipimpin oleh Joy (Amy Poehler) -- mencoba membimbingnya melalui peristiwa sulit dan mengubah hidup ini. Namun, tekanan pindah membawa Sadness (Phyllis Smith) ke garis depan. Ketika Sukacita dan Kesedihan secara tidak sengaja tersapu jauh ke dalam pikiran Riley, satu-satunya emosi yang tersisa di Markas Besar adalah Marah, Takut, dan Jijik.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement