Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Disney telah merilis sekitar 420 film hingga saat ini. Berikut sederet film disney terbaik sepanjang masa.
Image title
3 September 2021, 16:45
Film Disney Terbaik, Film Disney Terbaik Sepanjang Masa, Rekomendasi Film Disney
Disney Pictures
Walt Disney Studios

Sejak 1937, Walt Disney Company telah memproduksi banyak tontonan yang menjadi hiburan. Ada sederet film animasi, pertunjukan langsung yang spektakuler, petualangan animasi komputer yang ajaib, dan lain-lain.

Pertama kali, Disney merilis "Snow White and the Seven Dwarfs". Sudah ada sekitar 420 film hingga saat ini. Berikut ini sederet film Disney terbaik sepanjang masa.

1. Ratatouille (2007)

Film konyol yang manis ini bercerita tentang hewan pengerat ambisius yang naif bernama Remy (disuarakan dengan apik oleh Patton Oswalt). Dia menjadi koki hebat yang jenaka, cerdas, bermoral lembut, dan secara dramatis meyakinkan.

Remy pindah ke Paris untuk mengikuti mimpinya. Sementara ada pula Linguini (disuarakan oleh Lou Romano), seorang manusia yang putus asa yang dikendalikan oleh Remy yang sangat berbakat.

Advertisement

Tikus itu memanfaatkan bocah malang Linguini untuk menguji keterampilan kulinernya di dapur, meski dia harus tetap bersembunyi di kepalanya saat bersamaan, sehingga menghasilkan adegan  lucu. Remy akhirnya mendapat kesempatan untuk membuktikan kemampuan kulinernya kepada kritikus makanan yang hebat, tetapi apakah makanannya enak?

2. Beauty and the Beast (1991)

Seorang pangeran muda yang arogan (Robby Benson) dan pelayan istananya jatuh di bawah mantra penyihir jahat, yang mengubahnya menjadi binatang yang mengerikan. Kutukan tersebut hanya akan hilang jika dia belajar untuk mencintai dan dicintai oleh orang lain. Gadis desa yang bersemangat dan keras kepala Belle (Paige O'Hara) memasuki kastil Beast setelah dia memenjarakan ayahnya Maurice (Rex Everhart).

Dengan bantuan para pelayannya yang terpesona, termasuk Nyonya Potts (Angela Lansbury) yang keibuan, Belle mulai menarik Binatang berhati dingin itu keluar dari keterasingannya.
Film ini merupakan animasi pertama yang pernah dinominasikan untuk Academy Award.

3. Snow White and the Seven Dwarfs (1937)

Film animasi Disney pertama, Snow White and the Seven Dwarfs mengisahkan seorang putri cantik yang diasingkan oleh ibu tirinya yang jahat ke hutan, Ia bertemu sekelompok kurcaci penambang yang mengundangnya untuk tinggal di tempat tinggal mereka.

Keselamatan Putri Salju terancam oleh kekuatan jahat yang dimiliki oleh sang ibu tiri yang kemudian mengirimkannya buah beracun untuk melenyapkan nyawa sang putri. Mampukah ia bertahan dari racun itu?

4. 101 Dalmatians (1991)

Film ini menceritakan kisah dua dalmatians London dan pemiliknya - yang mereka sebut sebagai "hewan peliharaan" - dan seorang penjahat bernama Cruella De Vil, yang ingin membeli semua anak anjing dalmatian yang dia temukan untuk mengubahnya menjadi mantel bulu.

Film ini dikemas dengan komedi dan petualangan yang menghibur.

5. Coco (2017)

Terlepas dari larangan musik selama beberapa generasi, Miguel muda bermimpi menjadi musisi yang berprestasi seperti idolanya Ernesto de la Cruz. Setelah sempat hampir putus asa meyakinkan keluarganya atas bakat musiknya, Miguel menemukan dirinya di Land of the Dead yang menakjubkan dan penuh warna. Di sana lah perjalanan luar biasa untuk membuka kisah nyata di balik sejarah keluarga Miguel duimulai.

6. Zootopia (2016)

Dari gajah terbesar hingga tikus terkecil, kota Zootopia adalah kota metropolitan mamalia tempat berbagai hewan hidup dan berkembang biak. Ketika Judy Hopps (Ginnifer Goodwin) menjadi kelinci pertama yang bergabung dengan kepolisian, dia dengan cepat menyadari betapa sulitnya menegakkan hukum.

Namun ia bertekad untuk membuktikannya, Judy mengambil kesempatan untuk memecahkan kasus misterius. Sayangnya, itu berarti bekerja dengan Nick Wilde (Jason Bateman), seekor rubah cerdik yang membuat pekerjaannya semakin sulit.

7. The Lady and the Tramp (1955)

Animasi klasik Disney ini mengangkat kisah anjing cocker spaniel yang dimanja bernama Lady (Barbara Luddy) yang kehidupan nyamannya hilang begitu pemiliknya memiliki bayi. Berkeliaran di jalanan, Lady berteman dan dilindungi oleh Tramp, anjing mutt liar yang tangguh (Larry Roberts).

Sebuah romansa mulai berkembang di antara kedua anjing itu, tetapi ada banyak perbedaan di antara mereka, bersamaan dengan drama di rumah tangga Lady yang ikut menjadi ancaman untuk memisahkan mereka.

8. Wall-E (2008)

WALL-E, kependekan dari Waste Allocation Load Lifter Earth-class, adalah robot terakhir yang tersisa di bumi. Dia menghabiskan hari-harinya merapikan planet ini, sepotong sampah pada suatu waktu. Tapi selama 700 tahun, WALL-E telah mengembangkan kepribadian, dan dia lebih dari sedikit kesepian. Kemudian dia melihat EVE (Elissa Knight), sebuah probe ramping dan indah yang dikirim kembali ke bumi dalam misi pemindaian. Smitten WALL-E memulai petualangan terbesarnya saat dia mengikuti EVE melintasi galaksi.

9. The Lion King (1994)

Film animasi Disney ini mengikuti petualangan singa muda bernama Simba (Jonathan Taylor Thomas) yang menjadi pewaris tahta ayahnya, Mufasa (James Earl Jones). Paman jahat Simba, Scar (Jeremy Irons), berencana untuk merebut tahta Mufasa dengan memikat ayah dan anak ke dalam penyerbuan rusa kutub. Tapi Simba lolos, dan hanya Mufasa yang terbunuh.

Simba kembali sebagai orang dewasa (Matthew Broderick) untuk mengambil kembali tanah kelahirannya dari Scar dengan bantuan teman-temannya Timon (Nathan Lane) dan Pumbaa (Ernie Sabella).

10. The Lion King (2019)

The Lion King yang dirilis pada 2019 merupakan versi animasi terbaru The Lion King 1994. Mengisahkan cerita Simba yang mengidolakan ayahnya, Raja Mufasa, dan mengambil hati takdir kerajaannya sendiri di dataran Afrika. Tapi tidak semua orang merayakan kedatangan anak baru. Scar, saudara laki-laki Mufasa punya rencana sendiri. Pertempuran untuk Pride Rock segera dirusak dengan pengkhianatan, tragedi dan drama, yang akhirnya mengakibatkan pengasingan Simba.

Di kemudian hari, dengan bantuan dari sepasang teman baru yang penasaran, Simba harus mencari cara untuk tumbuh dewasa dan mengambil kembali apa yang menjadi haknya.

11. The Hunchback of Notre Dame (1996)

Adaptasi dari novel klasik Victor Hugo Notre Dame de Paris ini mrngisahkan Quasimodo (disuarakan oleh Tom Hulce), seorang pemuda aneh yang cacat tetapi baik hati yang ditinggalkan oleh orang tuanya dan diselamatkan oleh para imam Notre Dame, katedral besar di jantung dari Paris. Ia tinggal di sana, mendapatkan penghasilannya sebagai pendering lonceng.

Quasimodo telah menjadi tawanan Frollo (disuarakan oleh Tony Jay), seorang pria yang saleh tetapi sangat pembenci. Frollo berharap untuk membersihkan Gipsi dari Paris dengan bantuan Phoebus (disuarakan oleh Kevin Kline), pemimpin pasukan di bawah komando Frollo. Namun, Phoebus tidak memiliki niat buruk terhadap para Gipsi—khususnya Esmerelda (disuarakan oleh Demi Moore), seorang gadis gipsi yang berdarah panas namun penuh kasih sayang. Akankah cinta menang?

12. Mulan (1998)

Khawatir ayahnya yang sakit akan direkrut menjadi militer Tiongkok, Mulan (Ming-Na Wen) mengambil tempatnya - meskipun, sebagai seorang gadis yang hidup di bawah rezim patriarki, dia secara teknis tidak memenuhi syarat untuk melayani. Dia dengan cerdik menyamar sebagai seorang pria dan pergi berlatih dengan sesama rekrutan.

Ditemani oleh naganya, Mushu (Eddie Murphy), dia menggunakan kecerdasannya untuk membantu menangkal invasi Hun, jatuh cinta dengan kapten gagah di sepanjang jalan.

13. Frozen (2013)

Ketika kerajaan mereka terjebak dalam musim dingin yang abadi, Anna (Kristen Bell) yang tak kenal takut bergabung dengan pendaki gunung Kristoff (Jonathan Groff) sahabat karib rusa kutubnya. Mereka pergi dengan misi menemukan saudara perempuan Anna, Ratu Salju Elsa (Idina Menzel), dan mematahkan mantra esnya. Meskipun perjalanan epik mereka membawa mereka untuk bertemu dengan troll mistis, manusia salju komedi (Josh Gad), dan sihir di setiap kesempatan. Anna dan Kristoff dengan berani maju dalam perlombaan untuk menyelamatkan kerajaan mereka dari cengkeraman dingin musim dingin.

14. Moana (2016)

Seorang remaja petualang berlayar dalam misi yang berani untuk menyelamatkan rakyatnya. Selama perjalanannya, Moana bertemu dengan setengah dewa Maui yang dulu perkasa, yang membimbingnya dalam usahanya untuk menjadi pencari jalan utama.

Bersama-sama mereka berlayar melintasi lautan terbuka dalam perjalanan penuh aksi, menghadapi monster besar dan peluang yang mustahil. Sepanjang jalan, mereka bertempur melawan semua yang tersembunyi di lautan dan Moana menemukan satu hal yang selalu dia cari: identitasnya sendiri.

15. Inside Out (2015)

Riley (Kaitlyn Dias) adalah gadis Midwestern berusia 11 tahun yang bahagia dan menyukai hoki, tetapi dunianya terbalik ketika dia dan orang tuanya pindah ke San Francisco. Emosi Riley -- dipimpin oleh Joy (Amy Poehler) -- mencoba membimbingnya melalui peristiwa sulit dan mengubah hidup ini. Namun, tekanan pindah membawa Sadness (Phyllis Smith) ke garis depan. Ketika Sukacita dan Kesedihan secara tidak sengaja tersapu jauh ke dalam pikiran Riley, satu-satunya emosi yang tersisa di Markas Besar adalah Marah, Takut, dan Jijik.

16. Pocahontas (1995)

Ini adalah kisah animasi Disney tentang romansa antara seorang wanita muda Indian Amerika bernama Pocahontas (Mike Gabriel) dan Kapten John Smith (Carl Binder), yang melakukan perjalanan ke Dunia Baru dengan pemukim lain untuk memulai kehidupan baru. Ayahnya yang kuat, Kepala Powhatan, tidak menyetujui hubungan mereka dan ingin dia menikah dengan seorang pejuang pribumi. Sementara itu, orang Inggris yang sama dengan Smith berharap untuk merampok penduduk asli Amerika dan emas mereka.

17. Up (2009)

Carl Fredricksen, seorang penjual balon berusia 78 tahun, akan mewujudkan impian seumur hidup. Mengikat ribuan balon ke rumahnya, dia terbang ke hutan belantara Amerika Selatan. Tapi mimpi buruk terburuk Carl menjadi kenyataan ketika dia menemukan seorang anak kecil bernama Russell adalah penumpang gelap di atas rumah bertenaga balon miliknya.

18. Aladdin (1992)

Ketika tikus jalanan Aladdin membebaskan jin dari lampu, dia menemukan keinginannya terkabul. Namun, dia segera menemukan bahwa kejahatan memiliki rencana lain untuk lampu - dan untuk Putri Jasmine. Tapi bisakah Aladdin menyelamatkan Putri Jasmine dan cintanya padanya setelah dia melihat bahwa dia tidak seperti yang terlihat?

19. The Aristocats (1970)

Ketika seorang pensiunan penyanyi opera meninggalkan warisannya kepada kucingnya, Duchess (Eva Gabor), dan tiga anak kucing, kepala pelayan wanita itu membius kucing-kucing itu dan meninggalkan mereka di pedesaan untuk mewarisi kekayaan itu seorang diri.

Tersesat di wilayah asing, Duchess dan anak-anak kucing bertemu Thomas O'Malley (Phil Harris), seekor kucing gang yang bersedia membantu mereka kembali ke rumah mereka di Paris. Mereka bertemu beberapa orang asing di sepanjang jalan, termasuk dua angsa Inggris dan band jazz kucing.

20. The Little Mermaid (1989)

Dalam kejar-kejaran animasi Disney yang memesona, putri duyung pemberontak berusia 16 tahun Ariel (Jodi Benson) terpesona dengan kehidupan di darat. Pada salah satu kunjungannya ke permukaan, yang dilarang oleh ayahnya, Raja Triton.

Dia jatuh cinta pada seorang pangeran manusia. Bertekad untuk bersama cinta barunya, Ariel membuat kesepakatan berbahaya dengan penyihir laut Ursula (Pat Carroll) untuk menjadi manusia selama tiga hari untuk mendapatkan sebelum waktu yang disepakati habis.

21. Raya and the Last Dragon (2020)

Dahulu kala, di dunia fantasi Kumandra, manusia dan naga hidup bersama dalam harmoni. Namun, ketika monster jahat yang dikenal sebagai Druun mengancam tanah, naga mengorbankan diri untuk menyelamatkan umat manusia. Sekarang, 500 tahun kemudian, monster-monster yang sama itu telah kembali, dan terserah pada seorang pejuang untuk melacak naga terakhir dan menghentikan Druun untuk selamanya.

22. Cars (2006)

Saat bepergian ke California untuk balapan melawan The King (Richard Petty) dan Chick Hicks (Michael Keaton) untuk Kejuaraan Piala Piston, Lightning McQueen (Owen Wilson) tersesat setelah jatuh dari trailernya di kota kumuh bernama Radiator Springs. Sementara di sana dia perlahan berteman dengan penduduk kota yang aneh, termasuk Sally (Bonnie Hunt), Doc Hudson (Paul Newman) dan Mater (Larry the Cable Guy). Lambat laun McQueen menyadari ada hal yang lebih berharga dibanding dengan kejuaraan.

23. Christopher Robin (2018)

Christopher Robin - sekarang seorang pria keluarga yang tinggal di London - menerima kunjungan kejutan dari teman masa kecilnya, Winnie-the-Pooh. Dengan bantuan Christopher, Pooh memulai perjalanan untuk menemukan teman-temannya -- Tigger, Eeyore, Owl, Piglet, Rabbit, Kanga, dan Roo. Setelah bersatu kembali, beruang yang dicintai dan geng melakukan perjalanan ke kota besar untuk membantu Christopher menemukan kembali kegembiraan hidup.

24. Peter Pan (1953)

Dalam film animasi Disney ini, Wendy (Wilfred Jackson) dan dua saudara laki-lakinya tercengang ketika seorang anak ajaib bernama Peter Pan (Clyde Geronimi) terbang ke kamar tidur mereka, konon mengejar bayangan pemberontaknya. Dia dan teman perinya, Tinkerbell, datang dari tempat yang jauh bernama Neverland, di mana anak-anak tetap awet muda. Terpesona, anak-anak mengikutinya kembali. Tapi ketika musuh Pan, bajak laut Kapten Hook (Hamilton Luske), menyebabkan masalah, anak-anak mulai merindukan kehidupan lama mereka.

25. The Nightmare Before Christmas (1993)

Film ini menyajikan petualangan Jack Skellington, raja labu kesayangan Halloweentown, yang bosan dengan rutinitas tahunan yang sama yang menakuti orang-orang di "dunia nyata." Ketika Jack secara tidak sengaja tersandung di Christmastown, semua warna cerah dan semangat hangat, dia mendapat kesempatan baru dalam hidup - dia berencana untuk membawa Natal di bawah kendalinya dengan menculik Sinterklas dan mengambil alih peran.

26. Pinocchio (1940)

Ketika tukang kayu Geppetto (Christian Rub) melihat bintang jatuh, dia berharap boneka yang baru saja dia selesaikan, Pinocchio (Dickie Jones), bisa menjadi anak laki-laki sejati. Di malam hari, Peri Biru (Evelyn Venable) mengabulkan keinginan Geppetto dan meminta Jiminy Cricket (Cliff Edwards) untuk menjadi hati nurani bocah kayu itu. Tetapi Pinokio yang naif dan percaya diri jatuh ke dalam cengkeraman Honest John (Walter Catlett) yang jahat, yang membawanya tersesat ke Pulau Kesenangan yang penuh dosa.


27. Bambi (1942)

Dalam film klasik Disney ini, seekor rusa muda bernama Bambi bergabung dengan teman barunya, seekor kelinci bernama Thumper dan seekor sigung bernama Flower, dalam menjelajahi rumah hutan. Sebagai seorang anak laki-laki, ia belajar dari ibu dan ayahnya yang penyayang, Pangeran Besar Hutan.

Ia diberi tahu bahwa ada bahaya di padang rumput terbuka di mana para pemburu dapat melihat binatang. Namun, ia justru bertemu dengan rusa betina muda yang cantik bernama Faline. Saat Bambi tumbuh dewasa, ia belajar bahwa ada tragedi serta keindahan dan kegembiraan di dunia hutannya dan di jalan menuju kedewasaan.

28. Tangled (2010)

Animasi Disney dari kisah klasik. Putri cantik Rapunzel telah dikurung di menara sejak dia ditangkap sebagai bayi oleh seorang nenek tua. Rambut pirang panjang ajaibnya memiliki kekuatan untuk memberikan awet muda, dan Gothel yang jahat menggunakan kekuatan ini untuk membuatnya awet muda. Pada usia 18 tahun, Rapunzel menjadi penasaran dengan dunia luar, dan ketika seorang pangeran menggunakan menaranya sebagai tempat perlindungan, dia memintanya untuk membantunya melarikan diri.

29. The Princess and the Frog (2009)

Pekerja keras dan ambisius, Tiana (Anika Noni Rose) bermimpi suatu hari membuka restoran terbaik di New Orleans. Mimpinya berubah sedikit saat dia bertemu Pangeran Naveen (Bruno Campos), yang telah diubah menjadi amfibi oleh Dr. Facilier yang jahat. Mengira dia sebagai seorang putri dan berharap untuk memecahkan mantra, Naveen menanamkan ciuman pada Tiana yang malang -- sehingga mengubahnya menjadi katak juga. Pasangan ini melakukan petualangan melalui bayous untuk mencari bantuan pendeta voodoo yang kuat.

30. Big Hero 6 (2014)

Keajaiban robotika Hiro (Ryan Potter) tinggal di kota San Fransokyo. Di sebelah kakak laki-lakinya, Tadashi, teman terdekat Hiro adalah Baymax (Scott Adsit), sebuah robot yang diprogram untuk merawat orang. Sebuah peristiwa yang menghancurkan melemparkan Hiro ke tengah plot berbahaya, ia mengubah Baymax dan teman-temannya yang lain, Go Go Tamago (Jamie Chung), Wasabi (Damon Wayans Jr.), Honey Lemon (Genesis Rodriguez) dan Fred (TJ). Miller) menjadi sekelompok pahlawan dengan teknologi tinggi.

31. Lilo & Stitch (2002)

Sebuah kisah pertemuan dekat seorang gadis muda dengan makhluk luar angkasa yang paling dicari di galaksi. Lilo adalah seorang gadis Hawaii kesepian yang mengadopsi "anjing" jelek kecil yang dia beri nama Stitch.

Stitch akan menjadi hewan peliharaan yang sempurna jika dia bukan eksperimen genetik yang melarikan diri dari planet asing dan mendarat di Bumi. Melalui cinta, keyakinan, dan keyakinannya yang tak tergoyahkan pada ohana, konsep keluarga Hawaii, Lilo membantu membuka hati Stitch dan memberinya kemampuan untuk merawat orang lain.

32. The Incredibles (2004)

Dalam film animasi Pixar yang dipuji ini, pahlawan super yang sudah menikah, Mr. Incredible (Craig T. Nelson) dan Elastigirl (Holly Hunter) dipaksa untuk menjalani kehidupan biasa sebagai Bob dan Helen Parr setelah semua aktivitas bertenaga super dilarang oleh pemerintah. Sementara Mr. Incredible mencintai istri dan anak-anaknya, dia rindu untuk kembali ke kehidupan petualangan, dan dia mendapat kesempatan ketika dipanggil ke sebuah pulau untuk melawan robot yang tidak terkendali. Segera, Mr. Incredible berada dalam masalah, dan keluarganya harus menyelamatkannya.

33. Toy Story (1995)

Woody (Tom Hanks), boneka koboi baik hati milik seorang anak laki-laki bernama Andy (John Morris). Ia melihat posisinya sebagai mainan favorit Andy terancam ketika orang tuanya membelikannya action figure Buzz Lightyear (Tim Allen). Lebih buruk lagi, Buzz yang arogan mengira dia adalah seorang angkasawan sejati dalam misi untuk kembali ke planet asalnya.

Ketika keluarga Andy pindah ke rumah baru, Woody dan Buzz harus melarikan diri dari cengkeraman tetangga yang tidak dapat menyesuaikan diri, Sid Phillips (Erik von Detten) dan bersatu kembali dengan Andy.

34. Toy Story 3 (2010)

Andy telah beranjak dewasa dan akan memulai kehidupan barunya sebagai mahasiswa. Woody (Kim Seung-jun), Buzz Lightyear (Park Il), Jessie (Ham Soo-jeong), dan mainan lainnya mendapati diri mereka menuju loteng tetapi secara keliru berakhir di tepi jalan dengan sampah.

Pemikiran cepat Woody menyelamatkan geng, tetapi semua kecuali Woody akhirnya disumbangkan ke pusat penitipan anak. Sayangnya, anak-anak yang tidak terkendali tidak bermain dengan baik, jadi Woody dan gengnya membuat rencana untuk melarikan diri.

35. Finding Nemo (2003)

Marlin (Albert Brooks), seekor ikan badut, terlalu berhati-hati dengan putranya, Nemo (Alexander Gould), yang memiliki sirip pendek. Ketika Nemo berenang terlalu dekat ke permukaan untuk membuktikan dirinya, dia ditangkap oleh seorang penyelam, dan Marlin yang ketakutan harus berangkat untuk menemukannya.

Seekor ikan karang biru bernama Dory (Ellen DeGeneres) -- yang memiliki ingatan sangat pendek -- bergabung dengan Marlin dan memperumit pertemuannya dengan hiu, ubur-ubur, dan bahaya laut lainnya. Sementara itu, Nemo merencanakan pelariannya dari tangki ikan dokter gigi.

36. Mary Poppins (1964)

Ketika Jane (Karen Dotrice) dan Michael (Matthew Garber), anak-anak dari keluarga Banks yang kaya dan tegang, dihadapkan dengan prospek pengasuh baru. Mereka sangat terkejut dengan kedatangan Mary Poppins (Julie Andrews) yang ajaib. Memulai serangkaian petualangan fantastis dengan Mary dan teman pemain Cockney-nya, Bert (Dick Van Dyke), saudara-saudara mencoba untuk menyampaikan beberapa sikap ceria pengasuh mereka kepada orang tua mereka yang sibuk (David Tomlinson, Glynis Johns).

Itulah sederet film Disney terbaik sepanjang masa yang dapat menjadi rekomendasi tontonan Anda. Mana yang menjadi favoritmu?

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait