Ini Daftar Orang Terkaya di Dunia 2021

Di masa pandemi, sejumlah pengusaha justru meraup untung dan menempatkan nama mereka dalam daftar orang terkaya di dunia. Berikut daftar orang terkaya di dunia versi Forbes Real Time Billionaires List
Image title
1 September 2021, 20:09
Jeff Bezos menempati posisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes Real Time Billionaires List.
NASA Robotics Competitions Sheyene Gerardi
Jeff Bezos menempati posisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes Real Time Billionaires List.

Nama Jeff Bezos mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat global. Pria 57 tahun ini bertengger di posisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes Real Time Billionaires List. Di masa pandemi, kekayaan bos Amazon ini bertambah 1,28% menjadi US$ 199,7 miliar.

Pada 2020 lalu, e-commerce rintisannya berkembang pesat dengan pendapatan sekitar US$ 386 miliar. Beberapa orang berasumsi hal tersebut terjadi lantaran masyarakat banyak melakukan aktivitas dari rumah, salah satunya pembelian online.

Seolah tak memedulikan kondisi pandemi saat ini, bisnis maupun kekayaan sejumlah taipan lainnya juga tak terusik. Beberapa di antaranya malah meraup keuntungan lebih besar dari sebelumnya. Mengutip Forbes Real Time Billionaires List, berikut daftar orang terkaya di dunia per 1 September 2021.

Elon Musk

Menduduki posisi kedua di bawah Jeff Bezos, Chief Executive Officer (CEO) Tesla ini menyimpan kekayaan hingga US$ 191,0 miliar. Di masa Covid-19 dengan berbagai kebijakan pembatasannya, pendapatan pria lulusan University of Pennsylvania ini melonjak 0,56%.

Otak di balik roket SpaceX ini memegang sebesar 21% saham Tesla. Namun begitu, Musk telah menjaminkan lebih dari setengah sahamnya sebagai jaminan untuk pinjaman.

Sementara itu, usai putaran pendanaan terakhirnya pada Februari 2021, SpaceX kini bernilai US$ 74 miliar.

Bernard Arnault dan Keluarga

Jika sebelumnya, 10 besar daftar orang terkaya di dunia didominasi oleh konglomerat asal Amerika Serikat (AS), kini terselip nama satu pengusaha sukses asal Prancis, Bernard Arnault. Investor, pebisnis, kolektor seni, dan chief executive perusahaan mode Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH) ini memiliki kekayaan senilai US$ 181,5 miliar.

Pada Januari 2021, Arnault menyelesaikan kesepakatan akuisisi perhiasan Amerika Tifanny & Co senilai US$ 15,8 miliar. Seolah belum cukup, mengutip Bursa Efek Indonesia (BEI), baru-baru ini Arnault kembali menambah pundi-pundi kekayaannya usai melepas 5,7% sisa saham Grup Carrefour yang dimilikinya. Penjualan saham tersebut membuat Arnault mengantongi Rp 12,2 triliun.

Mark Zuckerberg

Total kekayaan pemilik media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp ini mengalami penurunan sebesar 0,33% menjadi US$ 136,4 miliar. Kendati demikian, produk media sosial miliknya hingga kini masih menjadi favorit masyarakat global.

Meneruskan Databoks KataData, Per 25 Januari 2021, Facebook memiliki jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU) sebanyak 2,7 miliar. Jumlah itu menempatkan platform buatan Mark Zuckerberg ini sebagai media sosial yang paling banyak digunakan di dunia.

Bill Gates

Pada Maret 2020 lalu, setelah tiga bulan terpilih kembali sebagai sebagai anggota dewan Microsoft, Gates mengundurkan diri dari jabatannya tersebut dan memiliki sekitar 1,37% saham perangkat lunak itu atau senilai US$ 26 miliar.

Meskipun begitu, Gates telah berinvestasi di banyak perusahaan, termasuk AutoNation dan Canadian National Railway. Selain itu, pria 65 tahun ini menjadi salah satu pemilik lahan pertanian terbesar di AS.

Hal tersebut, menjadi salah satu faktor harta mantan suami Melinda French ini mengalamia peningkatan sebesar 0,25% menjadi US$ 132,9 miliar.

Larry Page

Pebisnis, ilmuan komputer, internet enterpreneur, dan salah satu pendiri Google ini menduduki posisi ke enam dalam daftar orang terkaya di dunia dengan total kekayaan senilai US$ 123,8 miliar.

Larry Page bersama temannya, Sergey Brin, merupakan otak di balik suksesnya Google. Pertemuan Larry Page dan Sergey Brin di tahun 1995 menjadi cikal bakal bedirinya mesin pencari ini. Di tahun berikutnya, Page dan Brin sepakat untuk membangun sebuah mesin pencari yang awalnya diberi nama BackRub.

Sergey Brin

Menduduki posisi di bawah temannya, pendapatan mahasiswa Pascasarjana Doktoral di Stanford University California, AS ini mengalami peningkatan sebesar 0,03% menjadi US$ 119,4 miliar.

Larry Page dan Sergey Brin melepaskan jabatan mereka sebagai CEO dan presiden di perusahaan induk Google, Alphabet. Page dan Brin dikenal sebagai duo pendiri Google lebih dari 20 tahun lalu. Kini, kursi pimpinan Google telah dipercayakan ke Sundar Pichai yang menjabat sebagai CEO Google sekaligus Alphabet.

Larry Ellison

Salah satu pendiri Oracle, perusahaan software komputer, ini mengalami penurunan nilai kekayaan sebesar 0,23% menjadi US$ 116,4 miliar.

Warren Buffet

Di tahun 2021, investor gaek ini mengalami peningkatan harta kekayaan sebesar 0,04% menjadi US$ 103,7 miliar.

Kabar terkini menyebutkan investor ulung tersebut tengah mengambil langkah untuk memastikan perusahaan konglomerasinya, Berkshire Hathaway, dan suksesornya berada pada posisi yang baik dalam mengeruk untung dari unit bisnis baru yang digerakan teknologi.

Ini agak sedikit berbeda dengan bisnis perusahaan yang selama ini menjadi tempat investasi Buffett yang didominasi oleh perusahaan yang digerakkan ekonomi tradisional. Mulai dari perusahaan rel kereta api, asuransi, baterai, perabot rumah tangga, dan ritel.

Steve Ballmer

Pria yang pernah menjabat sebagai CEO Microsoft periode 2000-2014 serta pemilik dari tim basket Los Angeles Clippers ini menempati posisi ke-10 dalam daftar orang terkaya di dunia dengan total kekayaan senilai US$ 96,7 miliar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait