Alternatif Mengisi Waktu Sebelum Buka Puasa di Rumah

Muhammad Taufik
Oleh Muhammad Taufik - Tim Riset dan Publikasi
1 April 2022, 10:34
Guna lebih menjaga diri, tak ada salahnya buka puasa di rumah saja.
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/aww.

Ramadan 1443 H berlangsung dalam masa pandemi Covid-19. Ini merupakan kali ketiga bagi kaum muslim berpuasa di tengah pandemi. Meski pemerintah Indonesia telah membuka berbagai pembatasan, namun sikap waspada tetap wajib dilakukan.

Aktivitas di luar rumah pun harus lekat dengan ketaatan pada protokol kesehatan. Termasuk kegiatan yang jamak dilakukan pada saat Ramadan, yakni mengisi waktu menjelang buka puasa atau ngabuburit.

Untuk lebih menjaga diri, tak ada salahnya ngabuburit di rumah saja. Meski tak ke mana-mana, namun aktivitas ngabuburit tetap dapat diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan saat ngabuburit di rumah:

1. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran secara rutin adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas ibadah. Kegiatan ini bisa dilakukan di dalam rumah, jika masjid terdekat masih membatasi kerumunan saat bulan puasa.

Membaca Al-Quran sambil menunggu waktu berbuka bisa dilakukan seorang diri maupun bersama anggota keluarga. Kegiatan ini juga tidak harus dilakukan pada malam hari. Kegiatan membaca Al-Quran dapat diniatkan sebagai cara mencicil tadarus selama Ramadan.

2. Memasak

Kegiatan ngabuburit juga dapat diisi dengan mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa. Selain mengurangi mobilitas, aktivitas memasak juga dapat menjadi momen kebersamaan yang menyenangkan dengan anggota keluarga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...