Fungsi Ribosom Lengkap dengan Definisi, Struktur, dan Mekanismenya

Siti Nur Aeni
29 Desember 2021, 14:29
Fungsi Ribosom Lengkap dengan Definisi, Struktur, dan Mekanismenya
pixabay.com
Gambar ribosom dan organel sel lainnya

Tubuh makhluk hidup tersusun ada banyak sel dan jaringan dengan fungsinya masing-masing. Salah satu organel yang berperan penting bagi makhluk hidup yaitu ribosom. Fungsi ribosom yaitu membuat protein dan melakukan sintesis protein dalam sel.

Apa Itu Ribosom?

Berdasarkan penjelasan di buku “Biologi Jl. 1 Ed. 5”, ribosom adalah tempat untuk sel membuat protein. Sel yang mempunyai laju sintesis protein tinggi secara khusus memiliki jumlah ribosom yang banyak.

Misalnya sel hati pada manusia diketahui memiliki berjuta-juta ribosom. Sel yang aktif melakukan sintesis protein juga secara otomatis akan mempunyai nukleoli yang terlihat jelas.

Dalam buku “Cerdas Belajar Biologi untuk Kelas XI” diterangkan bahwa, ribosom memiliki ukuran yang kecil dan bentuknya bulat padat. Organel ini bisa ditemukan di sel eukariotik atau sel prokariuok. Pada sel eukariotik, ribosom ada yang bebas dan ada juga yang terikat di membran retikulum endoplasma.

Fungsi dari Ribosom

Mengutip dari sehatq.com, fungsi ribosom pada sel tumbuhan maupun makhluk hidup lain yaitu untuk membuat protein dan melakukan sintesis protein dalam sel. Sel perlu di produksi agar bisa mempercepat proses biologis.

Protein merupakan bagian penting bagi organ tubuh. Dalam tubuh manusia misalnya, fungsi protein diperlukan untuk memelihara jaringan, mempercepat reaksi kimia, menjaga daya tahan tubuh, hingga membentuk struktur tubuh.

Dalam buku “Biologi Jl. 1 Ed. 5”, juga dijelaskan bahwa ribosom membangun protein di dua lokasi sitoplasmik. Ribosom bebas tersuspensi dalam sitosol. Sedangkan ribosom terikat diletakan di luar jalinan membaran atau yang disebut dengan retikulum endoplasmik.

Sebagian besar protein yang dibuat oleh ribosom bebas nantinya akan berfungsi di sitosol. Misalnya, enzim yang mengkatalis proses metabolisme di dalam sitosol.

Sementara itu, untuk ribosom terikat umumnya akan membuat protein untuk dimasukkan ke dalam membran, untuk pembungkus dalam organel, atau untuk dikirim ke luar sel.

Struktur Organel Ribosom

Selain fungsi ribosom, kita juga perlu mengenal struktur dari organel ini. Menurut keterangan di sehatq.com, setiap ribosom tersusun dari RNA dan protein. Ribosom terdiri dari dua sub unit RNA-protein, yaitu sub unit besar dan kecil.

Kedua sub unit tersebut letaknya saling tindih dengan sub unik besar berada di bagian atas. Di tengah sub unit tersebut ada RNA. Maka dari itu, jika digambarkan, ribosom memiliki bentuk seperti makanan hamburger.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...