Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

Siti Nur Aeni
2 Juli 2021, 18:40
Olahraga sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Olahraga sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh

Agar tidak mudah sakit setiap orang perlu tahu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi di kala pandemi Covid-19 tak kunjung selesai.

Apabila daya tahan tubuh tidak dijaga, tubuh akan mudah sekali terkena penyakit. Karena itu, bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Lemah

Ada beberapa  untuk meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh, yaitu;

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Asupan makanan akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit. Makanlah makanan dengan gizi seimbang, jangan asal kenyang.

Gizi seimbang artinya mengonsumsi makanan sesuai  kebutuhan tubuh, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kebutuhan karbohidrat dapat diperoleh dari nasi, jagung, singkong, ubi, gandum, sagu, dan kentang. Untuk  protein bisa berasal dari hewani maupun nabati, seperti daging ayam, daging merah, telur, tempe, tahu, dan beberapa jenis protein lainnya.

Lemak  berasal dari nabati ataupun hewani seperti keju, mentega, margarin, dan kacang-kacangan. Sedangkan vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah dan sayur yang kandungannya tentu saja berbeda-beda.

2. Konsumsi Vitamin C dengan Rutin

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang dipercaya menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Sebenarnya, sudah banyak multivitamin yang dijual di apotek dan supermarket, tapi sumber alaminya dapat diperoleh dari buah dan sayur.

Beberapa buah dan sayur yang diketahui mengandung vitamin C adalah lemon, kiwi, stawberry, jeruk, pepaya, jambu biji, paprika, brokoli, dan sayur kale. Pastikan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang seimbang dan cukup.

3. Rutin Berolahraga

Cara meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jasmani adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Aktivitas fisik dapat merangsang kerja antibodi dan sel darah putih yang memiliki fungsi untuk melawan berbagai penyebab penyakit yang masuk dalam tubuh.

Berolahraga di pagi hari lebih banyak dipilih karena udara yang masih segar ditambah dengan sinar mataharinya yang bagus untuk tulang.  Durasi olahraga dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Idealnya  minimal 30 menit setiap harinya.

4. Menjaga Pola Istirahat

Istirahat atau tidur yang cukup menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah berikutnya. Aktivitas tidur yang berkualitas akan menjaga tubuh  tetap prima. Tidur yang berkualitas setidaknya memiliki durasi tujuh jam.

Jika kurang tidur, maka tubuh akan mudah lesuh, lelah, dan sakit kepala. Kebutuhan tidur akan berbeda tergantung pada rentang usianya. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur yang lebih sedikit dibandingkan dengan anak-anak.

5. Menghindari Rokok

Untuk yang masih merokok sebaiknya berhenti dari kebiasaan buruk tersebut. Anda juga harus menghindari asap rokok untuk menjaga kesehatan.

6. Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Cara menjaga imunitas tubuh selanjutnya adalah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS. Caranya dengan rajin membersihkan diri,  mencuci tangan, dan membersihkan lingkungan sekitar.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...