9 Negara Teraman di Dunia, Siapa yang Nomor Satu?

Siti Nur Aeni
25 Februari 2022, 13:13
Singapura sebagai salah satu negara teraman di dunia
Pixabay/Graham Hobster
Singapura sebagai salah satu negara teraman di dunia

Serangan militer Rusia ke Ukraina membuat banyak diantara kita bertanya-tanya dimanakah negara termana di dunia? Gejolak keamanan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Tak hanya serangan militer, tindak kejahatan seperti pencurian, pembunuhan, hingga terorisme juga bisa terjadi dimana saja. Hal itulah membuat banyak orang ingin tinggal di tempat yang paling aman.

Daftar Negara Teraman di Dunia

World Population Review, Institute for Economics and Peace memberikan laporan tentang negara paling aman di dunia. Berikut daftarnya:

1. Islandia

Di posisi pertama ada Islandia yang menajadi negara teraman dari krimininal. Negara yang memiliki populasi sekitar 430 ribu orang ini mempunyai tingkat kejahatan rendah. Namun sebaliknya tingkat kepercayaan kepada polisi dan tingkat pendidikan di negara ini tinggi.

Tentara dan polisi di negara ini tidak membawa senjata api. Petugas keamanan di Islandia diketahui hanya membawa tongkat dan semprotan merica. Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa Islandia menjadi negara yang aman.

2. Selandia Baru

Negara dengan tingkat kejahatan rendah selanjutnya yaitu Selandia Baru. Sama halnya dengan Islandia, pihak kepolisian di Selandia Baru juga tidak memiliki senjata api. Tak hanya aman, Selandia Baru juga termasuk dalam kelompok negara terindah di dunia.

Negara ini mempunyai pemandangan indah dari bukit hingga pegunungan. Selandia Baru juga mempunyai gletser sebanyak 5000 km di setiap 100.000 km2. Keindahan alam yang dimiliki negara ini bahkan bisa dilihat dalam adegan film, salah satunya dalam film The Lord of the Rings.

3. Portugal

Negara paling aman di dunia nomor tiga yaitu Portugal. Sedikit berbeda dengan Islandia dan Selandia Baru, di negara Portugal polisi masih diberi senajata. Hanya saja, tingkat kejahatannya tetap rendah.

Selain memiliki keamanan yang baik, Portugal juga sangat memperhatikan fasilitas publik salah satunya ketersediaan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Pada tahun 2020, Bank Dunia melaporkan bahwa di Portugal ada 165,27 unit mesin ATM. Kondisi tersebut membuat Portugal sebagai negara dengan mesin ATM terbanyak nomor empat di tahun itu.

4. Austria

Di posisi keempat, ada Austria sebagai negara teraman di dunia. Kejahatan serius di negara ini jarang terjadi. Selain itu, Austria juga diketahui menjadi negara yang terhindar dari tindakan terorisme besar.

Sama seperti Portugal, Austria juga masuk dalam daftar negara dengan mesin ATM terbanyak di tahun 2020. Peringkat Austria bahkan di atas Portugal. Bank Dunia mencatat, pada tahun 2020 di Austria ada sekitar 167,95 unit mesin ATM. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa Austria sangat memperhatikan kebutuhan masyarakatnya terutama dalam hal transaksi keuangan.

5. Denmark

Denmark juga termasuk negara yang aman. Di negara ini tingkat kesetaraannya cukup tinggi. Tanggung jawab masyarakatnya juga sangat kuat. Dua hal tersebut yang mendukung tingkat keselamatan dan kebahagiaan di Denmark menjadi tinggi,

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...