7 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Jumlah penduduk di setiap negara berbeda-beda. Bahkan ada beberapa negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Berikut daftar tujuh negara yang jumlah penduduknya paling banyak di dunia.
Image title
4 Februari 2022, 10:42
7 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor 4
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins/foc/cf
Carlos Garcia Rawlins Warga mengunjungi bagian Mutianyu di Tembok Besar China saat liburan Hari Buruh, menyusul penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Beijing, China, Minggu (2/5/2021).

Jumlah penduduk di sebuah negara pasti akan terus berubah. Ada negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, namun ada juga negara dengan jumlah penduduk sedikit.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perubahan jumlah penduduk disetiap negara, antara lain; kelahiran, kematian, dan migrasi. Ketiganya saling berhubungan sehingga menyebabkan dinamika penduduk dalam suatu wilayah.

Pada tahun 2020 lalu, Worldmaters melaporkan bahwa negara dengan penduduk terbanyak di dunia yaitu Tiongkok. Adapun daftar tujuh negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia sebagai berikut:

Advertisement

Urutan Penduduk Terbanyak di Dunia

1. Tiongkok

Negara pertama yang memiliki jumlah penduduk terbanyak yaitu Tiongkok. Negeri Tirai Bambu ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1,4 miliar. Pada negara tersebut terdapat banyak entis yang mendiami negara tersebut.

Setidaknya ada 56 etnisitas yang diakui dengan mayoritas etnis Han mendominasi dengan jumlah populasi hampir 93%. Sementara itu, penduduk Han juga snagat heterogen dan dianggap sebagai kumpulan berbagai etnik yang memiliki budaya dan bahasa yang sama.

2. India

Jumlah penduduk terbanyak di dunia yang kedua yaitu India. Negara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1,38 miliar. Jumlah tersebut setara dengan 17,7% dari total penduduk dunia.

Penduduk di India tinggal di 28 negara bagian enam wilayah persatuan, dan wilayah ibu kota India. Mayoritas penduduk India memeluk agama Hindu. Negara ini memiliki hierarki sosial yang relatif ketat.

Sejak kecil, anak-anak di Indonesia sudah diajarkan tentang peran dan kedudukan dalam masyarakat. Tradisi ini diperkuat dengan kepercayaan kepada dewa-dewa dan roh yang dianggap penting dan tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat India.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat menduduki posisi ke tiga sebagai negara dengan jumlah penduduk di dunia. Pada tahun 2020 lalu, jumlah penduduk Amerika Serikat mencapai 331,9 juta. Amerika Serikat merupakan negara republik konstitusional federal yang terdiri atas 50 negara bagian dan sebuah distrik federal.

Amerika Seikat juga termasuk dalam kelompok negara terbesar di dunia. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 9,8 juta km2. Negara ini termasuk negara maju dengan sumber daya alam yang melimpah mulai dari emas, batu bara, minyak, dan tanah yang luas serta subur.

Negara ini juga memiliki sumber daya manusia yang unggul. Sehingga bsia mengelola kekayaannya sendiri. Dalam dunia internasional, Amerika banyak mengambil peran dan posisi yang strategis.

4. Indonesia

Negara dengan penduduk terbanyak selanjutnya yaitu Indonesia. Dalam laporan Worldmaters jumlah penduduk Indonesia di tahun 2020 sebanyak 274,9 juta. Kementerian Dalam Negeri Indonesia, menyebutkan bahwa pada 2021 lalu, provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu Jawa Barat.

Indonesia merupakan negara yang majemuk dengan berbagai suku yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Secara legalitas, status kewarganegaraan sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006.

Seseorang yang menjadi warga negara Indonesia akan mendapatkan kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang telah terdaftar di wilayah administratif tertentu. Status kewarganegaraan tersebut bisa didapatkan melalui kelahiran, adopsi, perkawinan, atau perwarganegaraan.

5. Pakistan

Pakistan merupakan negara nomor lima dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Jumlah penduduk Pakistan pada tahun 2020 sebanyak 222,9 juta jiwa. Negara ini berada di Asia Selatan dan berbatasan langsung dengan negara Afghanistan, Iran, India, dan Tiongkok.

Populasi penduduk Pakistan didominasi empat kelompok etnik yaitu Punjab, Pashtun, Sindh, dan Baloch. Suku terbesar yang mendiami negara ini yaitu Punjab dengan jumlah populasi sekitar 78 juta jiwa.

Mayoritas penduduk Pakistan memeluk agama Islam. Hal tersebut membuat Pakistan menjadi negara dengan penduduk Muslim terbanyak ke dua setelah Indonesia. Selain Islam, agama lain yang juga dipeluk penduduk Pakistan yaitu Kristen, Hindu, Budha, Jainisme, Zoroastrianisme, dan Baha’i.

6. Brasil

Negara dengan jumlah penduduk terbanyak selanjutnya yaitu Brasil. Negara ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 213,3 juta jiwa. Brasil juga termasuk negara yang memiliki luas wilayah terluas. Negara ini berbatasan langsung dengan sepuluh negara, seperti; Argentina, Uruguay, Paraguay, Peru, Kolombia, Bolivia, Guyana, Venezuela, Gutanam Prancis, dan Suiname.

Brasil menggunakan Bahasa Protugis sebagai bahasa resminya. Sebagian besar wilayahnya termasuk dalam iklim tropis dan iklim sedang. Selain terkenal sebagai negara terbesar, Brasil juga terkenal sebagai produsen kopi terbesar.

7. Nigeria

Di posisi ke tujuh, negara yang mempunyai penduduk terbanyak yaitu Nigeria. Jumlah penduduk di Nigeria sebanyak 208,6 juta jiwa. Nigeria merupakan negara berdaulat di Afrika Barat dan berbatasan langsung dengan Benin, Chad, Kamerun, dan Niger.

Nigeria memiliki 36 negara bagian dan satu teritorial ibu kota federal. Tak hanya itu, Nigeria juga memiliki 774 wilayah pemerintahan darat. Dari segi kepercayaan, penduduk Nigeria sebagian besar memeluk Kristen dengan persentasi 51,5%, sedangkan sisanya beragama Islam.

Itulah tujuh negara dengan penduduk terbanyak di dunia yang penting untuk diketahui. Negara dengan jumlah penduduk yang banyak, maka negara-negara tersebut juga memiliki keberagaman dan keunikan tersendiri.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait