7 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Siti Nur Aeni
4 Februari 2022, 10:42
7 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor 4
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins/foc/cf
Carlos Garcia Rawlins Warga mengunjungi bagian Mutianyu di Tembok Besar China saat liburan Hari Buruh, menyusul penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Beijing, China, Minggu (2/5/2021).

Jumlah penduduk di sebuah negara pasti akan terus berubah. Ada negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, namun ada juga negara dengan jumlah penduduk sedikit.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perubahan jumlah penduduk disetiap negara, antara lain; kelahiran, kematian, dan migrasi. Ketiganya saling berhubungan sehingga menyebabkan dinamika penduduk dalam suatu wilayah.

Pada tahun 2020 lalu, Worldmaters melaporkan bahwa negara dengan penduduk terbanyak di dunia yaitu Tiongkok. Adapun daftar tujuh negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia sebagai berikut:

Urutan Penduduk Terbanyak di Dunia

1. Tiongkok

Negara pertama yang memiliki jumlah penduduk terbanyak yaitu Tiongkok. Negeri Tirai Bambu ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1,4 miliar. Pada negara tersebut terdapat banyak entis yang mendiami negara tersebut.

Setidaknya ada 56 etnisitas yang diakui dengan mayoritas etnis Han mendominasi dengan jumlah populasi hampir 93%. Sementara itu, penduduk Han juga snagat heterogen dan dianggap sebagai kumpulan berbagai etnik yang memiliki budaya dan bahasa yang sama.

2. India

Jumlah penduduk terbanyak di dunia yang kedua yaitu India. Negara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1,38 miliar. Jumlah tersebut setara dengan 17,7% dari total penduduk dunia.

Penduduk di India tinggal di 28 negara bagian enam wilayah persatuan, dan wilayah ibu kota India. Mayoritas penduduk India memeluk agama Hindu. Negara ini memiliki hierarki sosial yang relatif ketat.

Sejak kecil, anak-anak di Indonesia sudah diajarkan tentang peran dan kedudukan dalam masyarakat. Tradisi ini diperkuat dengan kepercayaan kepada dewa-dewa dan roh yang dianggap penting dan tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat India.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat menduduki posisi ke tiga sebagai negara dengan jumlah penduduk di dunia. Pada tahun 2020 lalu, jumlah penduduk Amerika Serikat mencapai 331,9 juta. Amerika Serikat merupakan negara republik konstitusional federal yang terdiri atas 50 negara bagian dan sebuah distrik federal.

Amerika Seikat juga termasuk dalam kelompok negara terbesar di dunia. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 9,8 juta km2. Negara ini termasuk negara maju dengan sumber daya alam yang melimpah mulai dari emas, batu bara, minyak, dan tanah yang luas serta subur.

Negara ini juga memiliki sumber daya manusia yang unggul. Sehingga bsia mengelola kekayaannya sendiri. Dalam dunia internasional, Amerika banyak mengambil peran dan posisi yang strategis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...