8 Kota Teraman di Dunia Ini Bisa Menjadi Pilihan Tempat Tinggal

Siti Nur Aeni
1 Maret 2022, 07:47
8 Kota Teraman di Dunia Ini Bisa Menjadi Pilihan Tempat Tinggal
ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/rwa/cf
Loren Elliott Super Flower Moon terlihat di belakang Sydney Opera House pada malam gerhana bulan, di Sydney, Australia, Rabu (26/5/2021).

Tinggal di kota teraman di dunia mungkin menjadi impian banyak orang. Pasalnya ketika kita tinggal di tempat yang aman, maka hidup akan lebih nyaman dan damai. Ada beberapa faktor yang mendukung keamanan sebuah tempat, antara lain: infrastruktur, sarana dan prasarana, kondisi lingkungan, aparat yang bertugas, hingga kondisi masyarakatnya.

Kota Paling Aman di Dunia

Berdasarkan laporan dari Economist Intelligence Unit (EUI) pada tahun 2021 ada beberapa kota yang masuk dalam kategori kota teraman di dunia. Berikut daftarnya:

Advertisement

1. Kopenhagen

Kopenhagen merupakan salah satu kota yang ada di Denmark. Safe cities index yang dimiliki kota ini yaitu 82,4 sehingga Kopenhagen menjadi kota paling aman di dunia. Salah satu faktor yang membuat kota ini aman yaitu karena kriminalitas yang rendah. Pemerintah kota fokus untuk intervensi dini dengan memberikan berbagai inisiatif pencegahan.

Pemerintah Kota Kopenhagen menjamin keamanan seluruh masyarakatnya. Mulai dari anak-anak, lansia, wanita, laki-laki, bahkan LGBT yang merupakan kelompok minoritas.

Tak hanya Kopenhagen, namun Denmark juga masuk dalam daftar negara teraman di dunia. Denmark diketahui memiliki tingkat kesetaraannya yang tinggi. Tanggung jawab masyarakatnya juga sangat kuat. Kedua hal tersebut yang menjadi faktor pendukung keselamatan dan kebahagiaan masyarakat yang tinggal di Denmark.

2. Toronto

Toronto merupakan kota terbesar di Kanada. Kota ini berada di posisi kedua sebagai kota paling aman di dunia. Pemerintah Toronto menyebutkan bahwa keamanan di kota tersebut tercipta karena rasa saling menghormati dan kebersamaan antar elemen yang ada dalam wilayah tersebut. Tidak hanya itu, Toronto juga memiliki sistem yang mendukung kesejahteraan masyarakat.

Tingkat keamanan sejatinya tidak hanya terlihat di Toronto, namun di hampir seluruh Kanada. Sebab negara Kanada menjadi salah satu negara yang paling aman di dunia. Negara ini memiliki nilai sangat baik untuk kategori konflik internal, tingkat kejahatan, hingga stabilitas politiknya.

Keamanan negara juga sangat mempengaruhi sistem pendidikan di Kanada. Maka dari itu, Kanada menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik.

3. Singapura

Kota paling aman selajutnya yaitu Singapura. Kota ini berada paling dekat dengan Indonesia. Singapura disebut sebagai kota paling aman karena memiliki aparatur kepolisian yang profesional dan terlatih. Tak hanya itu, Singapura juga memiliki sarana dan prasarana yang mendukung keamanan kota tersebut.

Selain kotanya, negara Singapura juga termasuk negara yang paling aman di Asia Tenggara. Tingkat keamanan yang tinggi membuat banyak orang bisa leluasa berjalan kaki sendirian tanpa merasa takut.

Halaman:
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Advertisement