8 Cara Menghemat Bensin, Solusi saat BBM Naik

Siti Nur Aeni
6 April 2022, 12:29
8 Cara Menghemat Bensin, Solusi saat BBM Naik
Ilustrasi, pengisian bahan bakar bensin pada mobil di SPBU

Mulai 1 April 2022, PT. Pertamina resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax. Kenaikan harga ini, membuat pengeluaran para pengguna Pertamax menjadi meningkat. Sebagai solusi, para pengguna kendaraan bermotor harus menerapkan cara menghemat bensin.

Dengan melakukan penghematan penggunaan BBM, harapannya pengeluaran rumah tangga tetap stabil. Nah, bagaimana cara untuk menghemat penggunaan bensin? Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Menghemat Bensin Motor

Motor merupakan kendaraan roda dua yang kini banyak digunakan masyarakat Indonesia. Kendaraan ini dinilai praktis dan cocok untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi. Kenaikan harga Pertamax turut mempengaruhi pengguna motor.

Maka dari itu, pengguna motor juga harus melakukan penghematan penggunaan bensin agar pengeluarannya tidak bengkak. Beriku ini beberapa cara menghemat bensin untuk pengendara motor.

1. Perhatikan kondisi motor

Kondisi motor yang baik merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang penghematan penggunaan bahan bakar. Maka dari itu, sebelum mengendarainya pastikan Anda telah mengecek seluruh bagian motor.

Pastikan tekanan ban dalam keadaan normal. Pasalnya, jika ban kekurangan angin, maka tarikan motor menjadi lebih berat. Hal ini bisa meningkatkan penggunaan bensin.

Tak hanya itu, rutin melakukan perawatan seperti mengganti oli dan membersihkan filter udara juga bisa membantu menghemat bensin. Karena saat motor terawat, tarikan motor menjadi optimal dan konsumsi bensin tidak terlalu banyak.

2. Berkendara dengan baik

Selain memperhatikan kondisi motor, cara menghemat bensin motor juga dengan menerapkan tata cara berkendara yang baik. Apabila Anda berkendara secara agresif dengan bukaan gas dan pengereman tidak teratur, maka akan membuat bensin motor menjadi sangat boros.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah kendaraan anda dengan cara halus. Misalnya dengan membuka gas perlahan dan menjaga kecepatan agar tetap konstan. Jika tidak diperlukan, sebaiknya hindari pengereman mendadak karena hal ini bisa memicu penggunaan bensin yang semakin boros.

3. Tidak membawa barang melebihi kapasitas kendaraan

Penghematan bensin juga perlu dilakukan oleh pengguna motor matic. Pasalnya, motor jenis ini terkenal lebih boros bensin dibandingkan motor manual. Salah satu cara menghemat bensin motor matic yaitu dengan menggunakan kendaraan sesuai kapasitasnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement