Tips Berkendara Saat Hujan untuk Motor dan Mobil dengan Aman

Berkendara saat hujan tentu sangat berbahaya. Jarak pandang menjadi lebih pendek dan jalanan menjadi licin. Berikut ini beberapa tips berkendara saat hujan dengan aman.
Image title
24 Agustus 2021, 18:10
Tips Berkendara Saat Hujan dengan Aman
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/hp.
Sejumlah pengendara motor mengenakan jas hujan.

Dalam perjalanan mungkin kita akan menjumpai beberapa situasi yang tidak terduga, seperti kondisi kendaraan yang tiba-tiba bermasalah hingga cuaca tidak menentu. Prihal kendaraan, kita bisa melakukan serangkaian pencegahan mulai dari memeriksa kondisi kendaraan sebelum perjalanan hingga service secara berkala.

Sayangnya, jika urusan cuaca, kita agak susah menebaknya. Namun bisa mengantisipasi berbagai dampak yang ditimbulkan saat cuaca kurang baik seperti saat hujan. Berikut ini beberapa tips berkendara saat hujan.

Tips Berkendara Motor Saat Hujan

Berkendara saat tengah hujan tentu akan berbahaya. Jarak pandang menjadi lebih pendek dan jalanan menjadi licin. Untuk itu, berkendara saat musim hujan harus ekstra hati-hati. Astramotor.co.id memberikan beberapa tips aman.

1. Menggunakan Jas Hujan Mode Single

Saat hujan, gunakan jas hutan mode single agar tetap aman. Penggunaan jas hutan tandem atau kalong seringkali menyulitkan pengendara motor. Maka dari itu, lebih baik gunakan jas hujan celana sehingga lebih praktis dan nyaman. Jas hujan ini harus selalu ada di dalam bagasi motor agar ketika hujan datang Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan tanpa risau akan basah kuyup.

2. Jangan Rem Mendadak

Jalan raya di tanah air tidak semua mulus. Masih banyak jalanan bergelombang dan belubang yang tentu akan menggangu perjalanan anda. Ketika hujan, jarak pandang menjadi semakin pendek dan jalanan berlubang akan tertutup air sehingga berbahaya untuk pengendara. Tak jarang kita sering mendapati kasus kecelakaan saat musim hujan karena jalanan yang berlubang.

Saat berkendara di musim hujan, sangat disarankan untuk tidak rem mendadak. Karena mengerem mendadak bisa menyebabkan kecelakaan. Lebih baik berkendara dengan kecepatan yang minim dan menjaga jarak dengan pengendara lain agar tidak terjadi kecelakaan.

3. Nyalakan Lampu Kendaraan

Tips berkendara motor saat hujan selanjutnya yakni pastikan bahwa lampu kendaraan anda nyala. Tips ini sangat disarankan untuk dilakukan saat berkendara di kala hujan lebat. Lampu kendaraan akan mempermudah anda melihat pengendara lain dengan jelas, dan bagi pengendara lain juga akan lebih mudah melihat anda. Dengan demikian, risiko kecelakaan bisa dihindari.

4. Menepi Saat Ada Masalah

Saat bekendara di tengah hujan dan merasa ada masalah dengan motor Anda maka lebih baik menepi sejenak. Terlebih jika motor Anda sudah tua, sebaiknya saat hujan lebat atau bahkan banjir sebaiknya tidak dipaksakan untuk berkendara.

Selain masalah kendaraan, kondisi tubuh juga harus diperhatikan. Jika merasa kurang fit, sebaiknya menepi dan istirahat sejenak. Karena kondisi tubuh yang kurang sehat akan sangat berbahaya jika dipaksakan mengendari kendaraan bermotor.

5. Waspada Saat Kerkendara

Kondisi jalanan yang kurang baik ditambah jarak pandang yang pendek mengharuskan anda untuk tetap waspada saat berkendara. Pastikan anda memperhatikan rambu lalu lintas dan mobilitas dari pengendara lain.

Tips Berkendara Mobil Saat Hujan

Saat hujan tiba, kewaspadaan di jalan raya tidak hanya dimiliki oleh pengendara motor namun juga harus dimiliki oleh pengendara mobil. Melansir dari suzuki.co.id, ada beberapa tips berkendara mobil saat hujan yang bisa anda terapkan.

1. Utamakan Kenyamanan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat berkendara di kala hujan yaitu utamakan kenyaman. Pastikan Anda dalam kondisi fit. Jika kurang sehat, lebih baik hentikan atau tunda perjalanan.

2. Cek Kondisi Mobil

Tips berkendara saat hujan selanjutnya yaitu cek kondisi mobil dan pastikan bahwa semua bagian dari mobil berfungsi dengan baik. Bagian-bagian dari mobil selain mesin yang juga harus diperhatikan yaitu lampu dan wiper kaca. Perhatikan juga ban mobil, untuk berjaga-jaga anda bisa membawa ban serep.

3. Berkendara Secara Pelahan

Saat hujan sebaiknya untuk berkendara secara perlahan. Gunakan kecepatan standar agar tidak berbahaya untuk anda maupun pengendara lainnya.

4. Jaga Jarak dengan Pengendara Lain

Hal yang juga penting untuk diperhatikan yaitu menjaga jarak dari pengguna jalan lain. Hal ini sangat penting untuk mencegah kecelakaan. Terlebih lagi saat hujan jarak pandang menjadi lebih pendek maka menjaga jarak merupakan cara aman.

5. Nyalakan Lampu

Lampu kendaraan berfungsi untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lain serta berfungsi agar anda bisa melihat kondisi jalan dengan baik. Namun saat hujan deras tidak disarankan untuk menggunakan lampu hazard karena lampu tersebut hanya digunakan untuk keadaan darurat.

Demikain beberapa tips berkendara saat hujan. Jika tidak darurat sebaiknya menghindari aktivitas berkendara saat hujan terlebih lagi jika memang jalanan yang anda lalui seringkali banjir. Kondisi tersebut tidak hanya berbahaya untuk keselamatan Anda, juga bisa merusak kendaraan.

Sebagai tambahan tips, setelah berkendara di saat hujan sebaiknya kendaraan segera dicuci bersih. Hal ini untuk menghindari kerusakan dan membersihkan kotoran yang menempel di ban atau bagian kendaraan lainnya.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait