Tips Berkendara Saat Hujan untuk Motor dan Mobil dengan Aman

Siti Nur Aeni
24 Agustus 2021, 18:10
Tips Berkendara Saat Hujan dengan Aman
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/hp.
Sejumlah pengendara motor mengenakan jas hujan.

Dalam perjalanan mungkin kita akan menjumpai beberapa situasi yang tidak terduga, seperti kondisi kendaraan yang tiba-tiba bermasalah hingga cuaca tidak menentu. Prihal kendaraan, kita bisa melakukan serangkaian pencegahan mulai dari memeriksa kondisi kendaraan sebelum perjalanan hingga service secara berkala.

Sayangnya, jika urusan cuaca, kita agak susah menebaknya. Namun bisa mengantisipasi berbagai dampak yang ditimbulkan saat cuaca kurang baik seperti saat hujan. Berikut ini beberapa tips berkendara saat hujan.

Tips Berkendara Motor Saat Hujan

Berkendara saat tengah hujan tentu akan berbahaya. Jarak pandang menjadi lebih pendek dan jalanan menjadi licin. Untuk itu, berkendara saat musim hujan harus ekstra hati-hati. Astramotor.co.id memberikan beberapa tips aman.

1. Menggunakan Jas Hujan Mode Single

Saat hujan, gunakan jas hutan mode single agar tetap aman. Penggunaan jas hutan tandem atau kalong seringkali menyulitkan pengendara motor. Maka dari itu, lebih baik gunakan jas hujan celana sehingga lebih praktis dan nyaman. Jas hujan ini harus selalu ada di dalam bagasi motor agar ketika hujan datang Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan tanpa risau akan basah kuyup.

2. Jangan Rem Mendadak

Jalan raya di tanah air tidak semua mulus. Masih banyak jalanan bergelombang dan belubang yang tentu akan menggangu perjalanan anda. Ketika hujan, jarak pandang menjadi semakin pendek dan jalanan berlubang akan tertutup air sehingga berbahaya untuk pengendara. Tak jarang kita sering mendapati kasus kecelakaan saat musim hujan karena jalanan yang berlubang.

Saat berkendara di musim hujan, sangat disarankan untuk tidak rem mendadak. Karena mengerem mendadak bisa menyebabkan kecelakaan. Lebih baik berkendara dengan kecepatan yang minim dan menjaga jarak dengan pengendara lain agar tidak terjadi kecelakaan.

3. Nyalakan Lampu Kendaraan

Tips berkendara motor saat hujan selanjutnya yakni pastikan bahwa lampu kendaraan anda nyala. Tips ini sangat disarankan untuk dilakukan saat berkendara di kala hujan lebat. Lampu kendaraan akan mempermudah anda melihat pengendara lain dengan jelas, dan bagi pengendara lain juga akan lebih mudah melihat anda. Dengan demikian, risiko kecelakaan bisa dihindari.

4. Menepi Saat Ada Masalah

Saat bekendara di tengah hujan dan merasa ada masalah dengan motor Anda maka lebih baik menepi sejenak. Terlebih jika motor Anda sudah tua, sebaiknya saat hujan lebat atau bahkan banjir sebaiknya tidak dipaksakan untuk berkendara.

Selain masalah kendaraan, kondisi tubuh juga harus diperhatikan. Jika merasa kurang fit, sebaiknya menepi dan istirahat sejenak. Karena kondisi tubuh yang kurang sehat akan sangat berbahaya jika dipaksakan mengendari kendaraan bermotor.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...