Catat, Ini 12 Barang yang Dibawa Saat Mudik Agar Nyaman dan Aman

Siti Nur Aeni
26 April 2022, 08:18
Catat, Ini 12 Barang yang Dibawa Saat Mudik Agar Nyaman dan Aman
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang membawa barang bawaannya ke dalam bus di Terminal Bayangan Pondok Pinang, Jakarta, Senin (25/4/2022). Memasuki minggu terakhir bulan Ramadhan, Terminal Bayangan Pondok Pinang terpantau ramai oleh pemudik dengan berbagai tujuan yang diprediksi pada 26 April 2022 menjadi puncak arus mudik di terminal tersebut.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, beberapa di antara kita mulai disibukkan dengan persiapan mudik ke kampung halaman. Salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan menjelang mudik yaitu mempersiapkan barang yang dibawa saat mudik. Apa sajakah barang-barang yang perlu dibawa ketika mudik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Barang yang Dibawa saat Mudik Menggunakan Mobil

Izin mudik yang dikeluarkan pemerintah nampaknya disambut gembira oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang kini sudah mengantongi tiket untuk pulang kampung, namun ada juga yang memilih untuk menggunakan mobil pribadi.

Agar aman dan nyaman saat berkendara, maka kita perlu memerhatikan barang bawaan. Selain pakaian, berikut ini beberapa barang-barang yang penting dibawa ketika mudik menggunakan mobil.

1. Dokumen Penting

Mudik di tahun ini, ada beberapa dokumen yang penting untuk disiapkan, antara lain hasil negatif rapid antigen atau PCR sesuai ketentuan, sertifikat vaksin, surat-surat kendaraan, dan dokumen penting lainnya. Dokumen tersebut diperlukan karena saat musim mudik Lebaran, terdapat beberapa pos mudik yang melakukan pemeriksaan. Pastikan juga untuk mengisi e-HAC di aplikasi PeduliLindungi.

2. Obat-obatan dan kotak P3K

Perjalanan jauh membuat tubuh lebih mudah lelah. Oleh sebab itu, pemudik sebaiknya membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga jikalau di perjalanan terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain obat yang diminum, pemudik juga sebaiknya membawa kotak P3K berisi obat luka, pembersih lupa, kasa steril, kapas, dan plaster.

3. Bantal Leher

Barang dibawa saat mudik lainnya yaitu bantal leher. Bantal ini perguna untuk menopang kepala saat tertidur dengan posisi tidur. Dengan menggunakan bantal leher, maka Anda bisa lebih nyaman saat tidur di mobil.

4. Power Bank

Gadget khususnya handphone menjadi benda yang tidak bisa jauh dari keseharian kita, termasuk saat mudik. Agar tidak kehabisan baterai selama perjalanan, maka sebaiknya Anda membawa power bank. Dengan demikian handphone tetap bisa digunakan untuk melihat maps atau berkomunikasi jika terjadi hal yang penting.

5. Perlengkapan reparasi mobil

Peralatan reparasi menjadi barang yang penting untuk dibawa saat mudik. Contoh peralatan reparasi yaitu kunci roda, kunci pas, kunci busi, obeng, dan perkakas lainnya. Perlengkapan ini dibutuhkan jikalau, tiba-tiba mobil mengalami kerusakan di jalan, maka pemudik bisa langsung memperbaikinya sendiri.

6. Alat pemadang api ringan

Membawa alat pemadam api ringan atau APAR juga menjadi tips mudik dengan mobil yang penting Anda perhatikan. Perjalanan mudik yang jauh membuat mesin mobil menjadi panas. Maka dari itu, pemudik disarankan membawa APAR dalam mobil.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...