Tips Mudik Bersama Anak Agar Tetap Nyaman dan Aman

Siti Nur Aeni
26 April 2022, 18:33
Tips Mudik Bersama Anak Agar Tetap Nyaman dan Aman
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Ilustrasi, mudik bersama anak

Lebaran sebentar lagi, para perantau sudah mulai mempersiapkan keperluan mudik ke kampung halaman. Walaupun melelahkan, namun perjalanan mudik banyak dinanti mereka yang tinggal jauh dari keluarga.

Namun, bagaimana dengan orang tua yang memiliki anak yang masih kecil? Tentu saja perjalanan mudik butuh persiapan lebih saat kita membawa anak-anak. Lantas, bagaimana tips mudik bersama anak agar tetap nyaman dan aman? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Advertisement

Tips Mudik dengan Mobil Bersama Anak

Mobil menjadi moda transportasi yang sering digunakan untuk mudik. Mobil termasuk transportasi yang ramah anak. Pasalnya, dengan menggunakan mobil pribadi kita bisa melakukan perjalanan dengan lebih fleksibel. Tak hanya itu, perjalanan jauh dengan mobil pribadi juga lebih aman karena dalam kendaraan tersebut hanya berisi keluarga sendiri.

Mengutip dari sehatq.com, berikut ini beberapa tips mudik dengan mobil bersama anak-anak yang dapat Anda terapkan.

1. Siapkan kursi khusus anak

Jika Anda bepergian bersama anak menggunakan mobil, pastikan Anda menyiapkan kursi khusus anak atau car seat. Kursi khusus ini berguna untuk memasikan keamanan anak selama perjalanan. Jangan lupa untuk cek kondisi kursi dan pastikan car seat telah terpasang dengan benar.

2. Cek kondisi mobil sebelum berangkat

Sebelum berangkat mudik Lebaran, pastikan cek kondisi mobil Anda. cek bagian mesin, tangki bensin, ban, lampu, hingga bagian lainnya. Pengecekan ini bertujuan agar perjalanan tetap lancar dan mobil tidak mogok di tengah jalan.

3. Istirahat di tengah perjalanan

Tips mudik lainnya yang perlu Anda perhatikan yaitu luangkan waktu untuk istirahat di tengah perjalanan. Jangan paksakan diri ketika mudik, jika lelah segeralah beristirahat di rest area terdekat.

Selain istirahat, Anda juga bisa mengajak anak untuk stretching. Hal ini berguna untuk menghilangkan lelah pada anak selama perjalanan. Biarkan anak bergerak aktif sebelum memulai perjalanan lagi.

4. Bawa barang yang dibutuhkan

Mudik bersama anak membuat para orang tua harus menyiapkan beberapa perlengkapan khusus. Anda perlu membawa buku atau mainan kesayangan anak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement