10 Oleh Oleh Khas Medan yang Menjadi Incaran Wisatawan

Siti Nur Aeni
27 April 2022, 15:33
Pancake Durian salah satu oleh oleh khas Medan yang banyak dicari wisatawan
instagram.com/pancakedurian.aromamedan/
Pancake Durian salah satu oleh oleh khas Medan yang banyak dicari wisatawan

Medan menjadi salah satu tujuan wisata yang ada di Pulau Sumatra. Jika datang ke kota ini, Anda bisa mengunjungi wisata Medan seperti Istana Maimun peninggalan Kerajaan Deli, Merdeka Walk, Gedung London Sumatra, dan beragam tempat wisata menarik lainnya.

Selain memiliki tempat wisata yang mangagumkan, Medan juga memiliki kekayaan kuliner yang rasanya enak dan unik. Beberapa diantaranya bahkan sering menjadi oleh oleh khas Medan. Saat datang ke Medan, jangan lupa untuk membeli beberapa makanan berikut ini sebagai buah tangan.

Oleh-oleh Khas Medan yang Populer

1. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang merupakan kopi khas dari Sumatra Utara yang sudah populer hingga ke luar negeri. Sidikalang merupakan sebuah daerah yang menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik.

Rasa kopi Sidikalang enak dan unik, wajar jika kopi ini mampu bersaing dengan kopi Brazil. Dari segi harga, kopi ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kopi Brazil. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah, Anda bisa membeli kopi ini di pasar tradisional, swalayan, hingga warung kopi di Medan dan sekitarnya.

2. Pancake Durian

Oleh oleh khas Medan lainnya yang juga banyak digemari yaitu pancake durian. Makanan ini merupakan inovasi olahan durian Medan. Sebagai pengetahuan, buah durian khas Medan ini memiliki daging buah yang rasanya manis dan aroma tajam.

Pancake durian mempunyai bentuk yang berbeda dengan pancake biasa. Pancake durian merupakan makanan dengan lapisan kulit tipis yang isinya daging buah durian. Saat dimakan, Anda bisa merasakan daging buah durian yang legit dan enak.

Jika ingin membeli pancake durian sebagai oleh-oleh, Anda bisa membelinya di Durian House yang ada di Jl. Sekip No. 67.

3. Bolu Meranti

Bolu meranti juga termasuk makanan yang menjadi oleh-oleh khas Medan yang populer. Makanan ini memiliki rasa yang enak dengan berbagai varian rasa, seperti; keju, blueberry, cokelat, nanas, moka, dan kacang. Harganya juga cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkan satu kotak Bolu Meranti dengan harga mulai dari Rp60.000.

4. Bika Ambon

Oleh oleh khas Medan lainnya yang juga banyak menjadi incaran wisatawan yaitu bika ambon. Makanan yang satu ini memiliki tekstur lembuh dan rasa yang lezat. Di Medan, bika ambon tersedia berbagai pilihan rasa mulai dari original, keju, moka, pandang, dan pandan keju. Jika ingin mencicipinya, Anda bisa membeli kue bika ambon ini di pusat oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp35.000.

5. Kacang Sihobuk

Saat mencari oleh-oleh mungkin kita akan mempertimbangkan daya tahan dari makanan tersebut. Makanan kering sering menjadi pilihan karena lebih tahan lama, sehingga aman saat dibawa ke luar daerah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...