Makanan Khas Medan, dari Bika Ambon sampai Lemang

Image title
21 Desember 2021, 11:48
Bika ambon, makanan khas Medan.
Resepedia
Bika ambon, makanan khas Medan.

Indonesia memiliki beragam kuliner yang tersebar di masing-masing wilayahnya. Tiap makanan memiliki ciri khas daerahnya sendiri, tak terkecuali kuliner Medan, Sumatra Utara.

Sekilas tentang Medan

Sebagai ibu kota, Medan merupakan pusat pemerintahan Provinsi Sumatra Utara. Secara administratif, Kota Medan dibagi menjadi 21 kecamatan dengan luas total sekitar 26.510 hektare (ha) berdasarkan data Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Sebagian besar wilayah Kota Medan merupakan dataran rendah yang merupakan tempat pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Babura dan Sungai Deli. Pada awalnya, Kota Medan adalah sebuah kampung kecil bernama Medan Putri yang didirikan pada tahun 1590 menurut Arsip Nasional Republik Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Kota Medan berkembang menjadi kebun tembakau yang terkenal pada tahun 1863 sehingga menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian Sumatera Utara. Kondisi Kota Medan yang dikelilingi banyak sungai memiliki pengaruh yang cukup besar pada perkembangan Kota Medan.

Makanan Khas Medan

Mengutip berbagai sumber, berikut deretan makanan khas Kota Medan, Sumatra Utara:

1. Soto Medan

Hampir setiap wilayah di Nusantara memiliki soto dengan ciri khasnya masing-masing, begitupun Medan.

Soto Medan memiliki ciri khas kuah santan berwarna kuning pucat agak kehijauan dengan rasa bumbu rempah dan jintan yang menendang lidah. Soto ini dilengkapi dengan berbagai isian seperti ayam, daging, dan udang.

Soto khas Medan ini cocok disantap bersama perkedel kentang serta rempeyek udang yang gurih yang siap menambah cita rasa soto Medan.

2. Bika Ambon

Bika ambon merupakan jajanan populer di Kota Medan. Makanan yang diambil dari nama Jalan Ambon ini adalah kue berbahan tapioka atau sagu yang memiliki rongga dan serat kue.

Kue ini berwarna kuning dengan rongga menyerupai sarang semut. Kue dengan rasa legit ini merupakan salah satu panganan tradisional yang dibuat menggunakan fermentasi air nira atau tuak enau untuk menciptakan rongga yang menjadi ciri khas kue ini.

Berdasarkan penelitian, nira aren mengandung 91,1 % air, 0,28 % kadar abu, 0,41 % protein, 8,21 % karbohidrat, serta 0,67 % gula. Air ini juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula semut, tuak, dan cuka.

Namun, untuk masyarakat yang menghindari konsumsi alkohol, bika ambon biasa dibuat dengan menggunakan ragi instan biasa dan air kelapa.

3. Lontong Medan

Makanan khas Medan yang satu ini terdiri dari lontong dan sayuran kuah santan dengan warna kuning kemerahan. Selain itu, ada pula tambahan mi, kacang goreng, sambal teri, dan tauco.

Untuk sayurnya, lontong Medan menawarkan pilihan yang bervariasi, di antaranya sayur nangka kuah kuning, labu, sayur labu siam, kacang panjang, wortel, dilengkapi dengan telur balado hingga rendang daging.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...