7 Tempat Wisata di Medan yang Mengagumkan

Image title
8 Oktober 2021, 18:36
Bangunan Istana Maimun sebagai tempat wisata di Medan
foto.data.kemdikbud.go.id
Bangunan Istana Maimun sebagai tempat wisata di Medan

Sebagai ibu kota, Medan merupakan pusat pemerintahan Provinsi Sumatera Utara. Secara administratif, Kota Medan dibagi menjadi 21 kecamatan dengan luas total sekitar 26.510 Ha berdasarkan data Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Sebagian besar wilayah Kota Medan merupakan dataran rendah yang merupakan tempat pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Babura dan Sungai Deli. Pada awalnya, Kota Medan adalah sebuah kampung kecil bernama Medan Putri yang didirikan pada tahun 1590 menurut Arsip Nasional Republik Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Kota Medan berkembang menjadi kebun tembakau yang terkenal pada tahun 1863 sehingga menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian Sumatera Utara. Kondisi Kota Medan yang dikelilingi banyak sungai memiliki pengaruh yang cukup besar pada perkembangan Kota Medan.

Sungai-sungai tersebut digunakan sebagai sumber air untuk masyarakat di sekitar sungai, mengatasi banjir, tempat pembuangan air hujan, dan objek wisata. Selain objek wisata sungai, Kota Medan memiliki destinasi wisata lain yang cocok dikunjungi.

Jika Anda berencana berkunjung, simak rekomendasi tempat wisata di Medan berikut ini.

1. Istana Maimun

Istana Maimun, juga dikenal sebagai Istana Putri Hijau, merupakan istana peninggalan Kerajaan Deli. Arsitektur istana didominasi dengan warna kuning yang menandai kerajaan Melayu.

Pembangunan istana selesai pada 25 Agustus 1888 selama era pemerintahan Sultan Makmun Al- Rasyid Perkasa Alamsyah. Sejak 1946, Istana Maimun ditempati oleh ahli waris Deli Kerajaan.

Letak Istana Maimun berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Medan. Dalam waktu-waktu tertentu, tempat wisata di Medan ini mengadakan pertunjukan musik tradisional Melayu.

Bangunan Istana Maimun yang megah dapat dijadikan latar foto yang menarik. Wisatawan dapat berkeliling istana seraya melihat berbagai koleksi benda antik yang bersejarah. Kunjungan ke Istana Maimun merupakan sarana wisata sekaligus edukasi yang menarik.

2. Tjong A Fie Mansion

Bangunan tempat tinggal Tjong A Fie merupakan tempat wisata di Medan yang dibangun pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Letaknya di Jalan Ahmad Yani, No. 105, Kesawan, Medan.

Merujuk pada publikasi Balai Arkeologi Medan, gerbang Tjong A Fie Mansion memiliki ciri khas bangunan Cina dengan ornamen pada puncak atap dan penempatan dua patung singa di depan pintu gerbang, masing-masing disebelah kanan dan kiri.

Tjong A Fie adalah pengusaha etnis Cina yang berasal dari Mei Hsien, Guangdong. Bersama dengan kakaknya, Tjong Yong Hian, mereka berperan penting dalam mengisi kebutuhan pekerja perkebunan yang sangat besar di Medan.

Tjong A Fie Mansion berusia sekitar 125 tahun dan berdiri di atas tanah seluas 2.200 m. Bangunannya terdiri dari dua lantai dan memiliki 35 kamar. Keindahan tempat wisata ini terlihat dari dekorasi lampion dan porselen serta pilar-pilar yang megah.

Berkunjung ke tempat wisata di Medan ini serasa kembali ke masa lampau. Walau sudah tua, bangunan Tjong A Fie masih terawat rapi dan bersih. Detail bangunannya dapat dijadikan objek foto yang indah. Pengunjung dapat berkeliling rumah dengan pemandu yang akan menjelaskan lebih lanjut mengenai tokoh Tjong A Fie.

3. Merdeka Walk

Merdeka Walk terletak di Jalan Balai Kota, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. Wisata ini digagas pada zaman Bapak H. abdillah, SE. MBA sebagai Walikota Medan saat itu dan diresmikan pada tanggal 14 April 2005.

Lokasi Medan Walk didirikan di area bekas tempat parkir dan direnovasi sehingga menjadi tempat kuliner. Pengunjung dapat menikmati beragam sajian kuliner yang ditawarkan atau berjalan-jalan di sekitar.

Terdapat banyak gerai yang menawarkan berbagai hidangan, mulai dari makanan tradisional seperti soto Medan, sup buntut, pecal, gado-gado, hingga western food seperti pizza, hamburger, dan lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...